Film Eternals menjadi salah satu film MCU yang dinantikan pada 2021 ini. Film ini digadang-gadang akan menjadi prekuel bagi seluruh cerita yang ada di MCU. Yang menarik adalah film ini mungkin akan menghadirkan koneksi dengan salah satu karakter yaitu Thanos. Meski pun mereka menolak untuk ikut campur dalam urusan yang berkaitan dengan manusia, para Eternals mungkin secara tidak langsung bertanggung jawab atas apa yang terjadi dan yang dilakukan oleh Thanos.

Dalam cerita komiknya, Thanos berasal dari ras Eternals. Dia lahir dari pasangan A’Lars dan Sui-San. Keduanya bertanggung jawab atas transformasi Thanos menjadi salah satu ancaman besar di alam raya ini. Dengan film Eternals yang akan memperkenalkan para karakter kosmik, kemunculan orang tua dari Thanos – A’Lars dan Sui-San – bisa membangun koneksi antara Thanos dan juga para Celestials. Lahir dari keluarga penguasa Eternals kuno yang muncul pasca perang saudara, A’Lars yang sangat membenci konflik, hingga pada akhirnya ia mengorbankan kekuasaanya kepada sang adik, Zuras.

Tanpa Kamu Sadari, Sebenarnya Thanos Memiliki 7 Kelemahan Ini Lho!A’Lars lebih memilih untuk pergi ke planet lain yang jauh, sampai kemudian dia menemukan planet Titan. Memiliki julukan “Mentor,” A’Lars mendedikasikan dirinya untuk pengembangan alam raya. Dalam petualangannya inilah kemudian A’Lars bertemu dengan Sui-San. Sui-San dan ayahnya sendiri merupakan beberapa Eternals yang selamat dari peperangan dan harus terusir dari bumi.

Bersama-sama, A’Lars dan Sui-San kemudian merubah planet Titan menjadi sebuah planet yang makmur, surga bagi para Eternals yang ada di sana. Mereka menggunakan teknologi maju untuk mengembangkan semua itu. Kebersamaan keduanya menghasilkan dua orang anak. Pertama adalah Thanos, dan yang kedua adalah Eros alias Star-Fox.

Berbeda dengan Eros, secara fisik, Thanos memiliki semacam “kelainan” yang membuat wajahnya lebih mirip bangsa Deviants dibandingkan Eternals. Meski pun A’Lars bisa menerima keadaan anaknya tersebut, berbeda dengan sang ibu yang justru frustasi dengan anaknya tersebut. Bahkan, Sui-San berusaha untuk membunuh Thanos beberapa saat setelah dia dilahirkan, karena dia yakin bahwa Thanos akan membawa kehancuran bagi alam raya.

Pengalaman mengerikan ini pada kenyataanya membuat Thanos trauma seumur hidupnya, dan momen tersebut pun mengubah persepsinya tentang hidup untuk selamanya. Sui-San bahkan sempat dirawat pasca kejadian tersebut, meski pun pada akhirnya dia kembali bersama-sama dengan Thanos. Namun, hubungan mereka pada kenyataanya tidak pernah baik.

Sikap dingin Sui-San pada akhirnya membuat Thanos melakukan hal yang di luar nalar. Hampir di setiap kontinuitas, Thanos selalu membunuh sang ibu, entah secara langsung dengan menyerangnya atau dengan cara “tidak langsung” dengan membuatnya tertekan dengan pertanyaan dari Thanos, “mengapa dia berbeda dari yang lainnya.” Dan inilah yang membuat Thanos pada akhirnya berubah menjadi jahat.

Melihat hal ini, A’Lars mencoba menghentikan anaknya. Dia sering kali membantu para pahlawan Marvel mengalahkan Thanos. Sama seperti sang ibu, pada akhirnya Thanos pun membunuh sang ayah dengan membuatnya terinfeksi dengan penyakit mengerikan. Peran dari orang Thanos di MCU dalam membentuk anaknya tersebut memang tidak pernah dieksplor. Red Skull pernah sekali mereferensikan hal tersebut.

Karena hal itulah film Eternals memiliki peluang untuk menghadirkan orang tua Thanos dan memperkenalkan kepada para fans tentang apa yang terjadi kepada Thanos dahulu, apa yang membuatnya seperti sekarang. Filmnya bisa menghadirkan salah satu atau kedua orang tua Thanos. Lagipula, seperti disebutkan di atas, Thanos memiliki penampilan dan DNA yang lebih mendekati ras Deviants dan ras Deviants sendiri akan muncul di filmnya melalui sosok Kro.

Mengingat kaum Deviants memang sangat tertarik untuk menghancurkan alam raya dan sebagainya, hal ini bisa menjadi jembatan antara mereka dan juga Thanos. Selain itu, hal ini juga bisa menjadi penjelasan mengenai pola pikir dari Thanos. Pada intinya, Eternals bisa menghadirkan kedua orang tua Thanos untuk mengeksplor lebih dalam dari karakter villain tersebut, dan koneksinya dengan ras Eternals dan Deviants.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.