Harus diakui bahwa Uzumaki Naruto adalah Hokage yang paling berpengaruh di franchise Naruto. Dengan kekuatan yang dia miliki, Naruto bukan hanya menjadi salah satu shinobi yang paling kuat, melainkan juga menjadi Hokage yang paling kuat. Namun, tentunya Naruto tidak bisa selamanya menjadi shinobi terkuat dan Hokage terkuat. Akan ada masanya bahwa dia harus mundur.

Contohnya adalah saat ini, di mana dia harus kehilangan Kurama setelah pertarungan melawan Isshiki. Dan hal tersebut membuat Naruto kehilangan sebagian besar kekuatan yang dia miliki. Belum lagi Naruto sekarang sakit. Artinya hanya tinggal menunggu waktu bagi shinobi kuat lainnya untuk menjadi pengganti Naruto. Lalu, siapa saja kandidat yang bisa menggantikan Naruto sebagai Hokage?

Nara Shikadai

Nara Shikadai merupakan anak dari Nara Shikamaru dan Temari. Dia merupakan anggota dari Tim 10 bersama Moegi dan juga generasi terbaru dari Ino-Shika-Cho. Sama seperti ayahnya, Shikadai juga sosok shinobi yang cerdas. Dia mampu membuat sebuah strategi dalam waktu yang sangat cepat. Kemampuan ini dia tunjukan saat ujian Chunin, di mana Shikadai ternyata mampu menangani kekuatan Boruto.

Sama seperti ayahnya juga, Shikadai menguasai jurus bayangan, sebuah jurus yang dikuasai oleh klan Nara dalam waktu yang relatif muda. Meski pun usia Shikadai masih sangat muda, dengan berbagai pengalaman yang akan dia hadapi bisa menjadi bekal baginya di kemudian hari. Dan bukan tidak mungkin, jika memang dia menginginkannya dia bisa menjadi Hokage selanjutnya

Boruto Uzumaki

Boruto adalah anak dari Hokage ketujuh desa Konoha yaitu Naruto, dan juga protagonis utama dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Dia sering digambarkan sebagai seorang anak muda yang punya talenta hebat sebagai seorang ninja. Bahkan, sebelum dia lulus akademi ninja, Boruto udah bisa mempraktekan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh para Chuunin.

Dengan kemampuan Jougan dan Karma yang dia miliki, dia ada di jalan yang benar untuk menjadi seorang ninja yang paling diandalkan dan ninja paling kuat. Meskipun dia tidak pernah bercita-cita buat menjadi seorang Hokage, ada banyak kesempatan dan peluang bagi Boruto untuk mengisi posisi itu. Mungkin, dengan perkembangan yang dialaminya, dia akan menjadi Hokage selanjutnya. Tidak ada salahnya juga menjadi Hokage di usia muda.

Sarada Uchiha

Sarada adalah putri dari Sakura dan Sasuke, juga sama seperti Boruto, dia adalah seorang shinobi yang penuh dengan potensi. Dengan memiliki kekuatan gabungan dari ayah dan ibunya, Sarada tentunya memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi pemimpin desa Konoha tersebut. Lagipula, Sarada adalah orang yang selalu bermimpi untuk menjadi seorang Hokage di desanya.

Bahkan, Boruto sendiri sudah siap untuk menjadi orang kepercayaan Sarada jika dia menjadi Hokage. Terpilihnya Sarada sebagai Hokage, akan menjadi sebuah sejarah baru bagi desa Konoha. Pasalnya, selama ini – sebelum era Naruto – Konoha selalu bertindak tidak adil terhadap klan Uchiha. Sarada bisa menjadi Uchiha pertama yang menjadi Hokage.

Konohamaru Sarutobi

Konohamaru adalah murid dari Uzumaki Naruto, dan juga cucu dari Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi. Dia juga memiliki mimpi untuk menjadi Hokage, dan dia juga sangat mengidolakan Naruto. Selama perkembangan cerita Naruto dan Boruto, Konohamaru sudah berubah dari seorang genin cilik menjadi salah satu Jonin terkuat Konoha.

Kemampuan Jutsu Konohamaru yang sangat kaya juga kemampuan Konohamaru dalam memutuskan sesuatu, menjadi modal yang cukup untuk menjadi seorang Hokage hebat. Meskipun dia bukan kandidat utama, tetapi dia punya peluang yang sama untuk menjadi Hokage selanjutnya di Konoha.

Nara Shikamaru

Shikamaru adalah penasihat langsung bagi Uzumaki Naruto, dan dia sebelumnya pernah menjabat menjadi penasihat buat Hokage keenam, yaitu Kakashi. Dengan kecerdasan yang tinggi, tidak banyak orang yang selalu memperhitungkan semuanya dan juga memiliki karakter setenang Shikamaru.

Menurut KaKashi, Shikamaru bahkan bisa aja menjadi Hokage. Meski pun dia tidak punya kekuatan seperti Naruto atau Sasuke, Shikamaru punya peluang menjadi Hokage buat menggantikan Naruto. Ada banyak bukti kecerdasan dari Shikamaru, mulai dari seri Naruto sampai seri Boruto. Shikamaru selalu diandalkan dalam membuat sebuah keputusan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.