doffofdofArc Dressrosa dalam cerita One Piece merupakan salah satu arc terpanjang dalam serinya. Selama lebih dari 100 chapter, banyak yang terjadi di wilayah tersebut. Mulai dari perjuangan Luffy memenangkan turnamen di Colosseum demi merebut buah iblis Mera Mera, Luffy yang bertemu kembali dengan Sabo, dan juga tentunya petualangan Luffy dan kelompok Topi Jerami mengalahkan Donquxiote Doflamingo.

Doflamingo merupakan antagonis utama dalam arc tersebut. Dia merupakan salah satu mantan Shichibukai, yang juga merupakan penguasa di wilayah Dressrosa. Masa lalu dari seorang Doflamingo dipenuhi oleh kesedihan dan tragedi, kemiskinan, dan juga korupsi. Masa kecilnya sendiri sangat berat, dimana dia harus melihat ibunya tewas akibat berbagai siksaan, dan dia pun membunuh ayahnya sendiri.

Perlahan, Dofy mulai membangun namanya sampai kemudian dia berhasil menjadi penguasa di wilayah Dressrosa. Berbicara mengenai arc Dressrosa, terdapat sebuah hal yang menarik terutama mengenai hubungannya dengan salah satu bawahannya yaitu Viola atau Violet. Sosok Violet juga merupakan salah satu karakter yang penting dalam arc Dressrosa, namun koneksinya dengan Dofy merupakan yang paling menarik.

Di chapter 788, Violet dan Doflamingo menyebut nama masing-masing dengan nama panggilan yang terdengar akrab. Contohnya ketika Violet menyebut Doflamingo dengan sebutan “Dofy.” Hal ini memunculkan pertanyaan di kalangan fans apa yang sebenarnya pernah terjadi terhadap mereka berdua. Dan salah seorang fan kemudian bertanya kepada Oda Sensei melalui kolom SBS.

Dalam kolom SBS Volume 83, seorang fan bertanya kepada Oda mengapa Viola dan Doflamingo menyebut nama mereka masing-masing dengan “Violet” dan “Doffy.” Dan Oda pun kemudian memberikan jawabannya yang sangat menarik terkait hal ini. Seperti yang dispekulasikan para fans, ternyata memang terdapat koneksi diantara kedua karakter ini. Namun, hubungan mereka bukanlah hubungan biasa.

Menurut Oda Sensei koneksi yang terjadi diantara mereka berdua merupakan hubungan yang sangat dewasa. Karena ini adalah manga One Piece yang merupakan bacaan bagi anak-anak dan remaja, Oda menjelasakan bahwa dia mengatakan kepada editornya untuk tidak secara gamblang menjelaskan hal tersebut. Oda membiarkan para pembaca dewasa untuk menginterpretasikan atau menafsirkan maksudnya.

Hal ini bisa disimpulkan bahwa ada hubungan “dewasa” atau hubungan seksual yang terjadi diantara mereka berdua. Entah karena suka sama suka atau karena ada unsur pemaksaan dari pihak Doflamingo. Cerita One Piece memang merupakan manga bergenre Shounen atau remaja yang banyak juga dibaca anak-anak. Namun, terkadang Oda sensei juga memasukan elemen-elemen dewasa atau gelap dalam ceritanya.

Contohnya adalah cerita bagaimana Charlotte Linlin atau Big Mom memakan Mother Caramel dan juga teman-temannya, yang mana hal itu “memperkenalkan” atau memperlihatkan kepada para pembacanya tentang kanibalisme. Namun, semua itu dibungkus secara rapih oleh Oda Sensei. Artinya, jika Oda mau, Oda bisa saja memunculkan hubungan rahasia tersebut dengan cara yang tidak eksplisit tentunya, seperti yang diperlihatkan oleh Violet dan Doflamingo.

Tetapi, mengapa Violet mau melakukannya? Bukankah Dofy yang bertanggung jawab atas kematian keluarganya? Bukankah dia yang membuat hidupnya menderita? Ada dua alasan utama mengapa hal tersebut bisa terjadi. Pertama, karena kekuasaan. Doflamingo sangat berkuasa di Dressrosa, belum lagi dia sangat kuat dengan awakened Ito Ito no Mi miliknya. Violet rasanya tidak akan bisa menghadapinya.

Karena itulah tidak ada yang bisa dia lakukan selain menerima dan pasrah dengan situasinya. Kedua, itu merupakan bagian dari strategi Violet. Violet dipastikan dendam terhadap Doflamingo, dan dia tentunya rela melakukan apapun untuk membalas dendamnya, termasuk mendekati dan mengawasi Dofy dari dekat.

Hal ini sama dengan penyamaran yang dilakukan oleh Hiyori dan juga Robin terhadap Orochi, atau apa yang dilakukan oleh Denjiro dengan menyamar selama 20 tahun. Violet rela melakukannya sampai dia menemukan momen yang tepat untuk kemudian membunuh Dofy. Mungkin, itu adalah harga yang rela dibayarkan oleh Violet demi membalas kematian keluarganya. Yang pasti, Viola/Violet memang adalah wanita yang tangguh yang sangat menggambarkan wanita di Dressrosa.