Kru Topi Jerami saat ini sudah menjadi salah satu kru bajak laut terkuat dalam cerita One Piece. Perkembangan kekuatan yang terjadi dengan kru bajak laut tersebut bisa dibilang sangat pesat. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana mereka mampu menghadapi musuh-musuh dahsyat yang ada di New World. Seperti yang kita ketahui, New World merupakan tempat terakhir sebelum menuju Laugh Tale.

Artinya tantangan yang harus dihadapi pun semakin berat. Dan sampai sejauh ini, kru Topi Jerami mampu bertahan. Seri One Piece sendiri saat ini masih menghadirkan arc Wano Country. Dan di arc ini pula kru Topi Jerami mengalami peningkatan kekuatan yang sangat epik. Bahkan, jauh lebih pesat dibandingkan ketika time-skip atau sebelum time-skip yang digabungkan.

Contoh pertama adalah Luffy. Di arc Whole Cake Island, dia benar-benar harus berjuang keras untuk menghadapi komandan dari kelompok bajak laut Big Mom. Dia bahkan membutuhkan bantuan dalam pertarungannya. Jika tidak adalah plot armor, bukan hal mustahil dia akan kalah. Namun, di arc Wano ini Luffy benar-benar berbeda. Dia memiliki kemampuan untuk melihat ke masa depan.

Selain itu, dia juga sekarang memiliki Haki Penguasa dan Haki Persenjataan tingkat lanjut. Berkat peningkatan ini Luffy mampu untuk bisa melukai Kaido. Kita memang sudah sering melihat bagaimana Luffy bertarung, dan juga bagaimana kekuatan Luffy bisa meningkat dalam waktu singkat. Namun, dalam arc Wano, semuanya terasa begitu cepat.

Kemudian Zoro, yang sudah berhasil mengalahkan berbagai musuh yang levelnya jauh di bawahnya namun belum pernah menghadapi lawan yang selevel komandan Yonko. Di arc Wano, saat menghadapi Kaido, Zoro diperlihatkan ternyata memiliki kemampuan Haki Penguasa juga. Teknik Asura miliknya bahkan diperkuat oleh Haki Penguasa dan juga Senjata, yang mana hal ini mampu melukai Kaido.

Sanji juga mengalami peningkatan yang sama. Sanji sebelumnya dianggap tidak mampu untuk menghadapi karakter yang levelnya sama dengannya, seperti misalnya Flying Six. Meskipun mereka dianggap di level yang sama, Sanji tidak mampu mengalahkan mereka dalam pertarungan 1 lawan 1. Sanji juga jarang diperlihatkan bertarung dan memperlihatkan kemampuan sebenarnya, seperti di arc Enies Lobby.

Tetapi, saat ini Sanji bertarung melawan salah satu komandan Yonko dalam pertarungan 1 lawan 1. Yang lebih epik lagi adalah Sanji melakukannya tanpa ada bantuan dari Raid Suit. Jika kita melihat apa yang terjadi sebelumnya, ini tentu menjadi peningkatan yang luar biasa drastis. Nami juga merupakan salah satu karakter yang mengalami peningkatan drastis di arc Wano.

Sebelumnya, Nami merupakan sosok yang bisa dibilang tidak diandalkan dalam pertempuran. Namun, di arc Wano ini Nami mampu bangkit dan berani menghadapi anggota Flying Six yang jauh di atas dia level kekuatannya. Dalam hal ini, Nami mampu menghadapi sosok Ulti. Nami bahkan mendapatkan peningkatan kekuatan lainnya yaitu Zeus, yang sekarang sudah menyatu dengan Clima Tact miliknya.

Nico Robin adalah satu-satunya karakter yang jarang sekali diperlihatkan bertarung secara 1 lawan 1. Sering kali Robin diperlihatkan bertarung bersama kru Topi Jerami lainnya, seperti Franky dan Brook. Bahkan, Usopp sendiri pernah memiliki momen pertarungan solonya. Namun, di arc Wano, kita melihat bagaimana Robin dan Brook menjadi “pahlawan” bagi Sanji.

Mereka mau menggantikan Sanji bertarung menghadapi Black Maria dan anak buahnya. Black Maria sendiri merupakan salah satu anggota Flying Six, dan banyak fans meyakini bahwa mereka berdua akan mampu menghadapi Black Maria dengan hasil yang positif. Terakhir adalah Franky. Franky sebenarnya berada di level yang sama dengan Brook dan Robin. Level kekuatannya satu tingkat di bawah trio monster.

Franky sempat diperlihatkan harus bergantian dengan Nami dan Usopp saat menghadapi para komandan level bawah dari kru Doflamingo. Namun, di chapter 1019 kemarin kita melihat bagaimana Franky mampu mengalahkan Sasaki yang merupakan anggota dari Flying Six. Lalu, melihat semua penjelasan di atas apa kesimpulan yang bisa diambil?

Dengan perkembangan kekuatan yang sangat drastis ini ada kemungkinan bahwa Oda Sensei sebenarnya sedari awal sudah menahan atau menyimpan kekuatan/kemampuan sebenarnya dari kru Topi Jerami. Lawan-lawan yang dihadapi oleh para kru Topi Jerami – di luar Luffy – sebenarnya memiliki level yang sama yang pernah dihadapi oleh Luffy sebelum time-skip. Bagaimana menurut kalian Geeks? Apakah peningkatan kekuatan dengan sangat cepat di arc Wano ini terlalu terburu-buru? Atau semuanya memang terasa natural?