Buah iblis adalah salah satu bentuk luar biasa yang ada di dunia One Piece. Buah ini memberikan kekuatan dahsyat dan unik kepada siapapun mereka yang memakan buahnya. Namun, ada “efek samping” dari hal ini yaitu penggunanya akan kehilangan kemampuan untuk berenang. Zoan merupakan salah satu jenis yang buah iblis yang diperkenalkan di serinya.

Buah iblis tipe Zoan pada awalnya jarang sekali ditampilkan. Kebanyakan para karakter yang muncul di ceritanya memiliki kekuatan buah iblis Paramecia dan juga Logia. Namun, di arc Wano Country ini kita kemudian melihat banyak sekali pengguna buah iblis. Bahkan, kelompok bajak laut Beast semuanya adalah pengguna buah iblis tipe Zoan.

Meskipun Zoan adalah salah satu tipe buah iblis, sebenarnya Zoan memiliki beberapa sub-kelas. Salah satu yang paling epik adalah Mythical Zoan. Lalu, apa yang membuat Mythical Zoan menjadi epik? Apa yang membuat buah iblis Zoan ini spesial? Berikut adalah pembahasannya.

Menjadi Yang Paling Langka

Buah iblis Mythical Zoan adalah jenis buah iblis yang paling langka di dunia. Bahkan, kelangkaanya sendiri melebihi sub-kelas buah iblis Zoan lain, Ancient Zoan. Juga buah iblis jenis ini lebih langka dari Logia atau pun Paramecia. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Kaido marah terhadap Yamato, yang secara tidak sengaja memakan buah iblis yang sekarang menjadi kekuatannya.

One Piece Episode 912: Kaido's dragon form - PiunikaWebKaido mengatakan bahwa dia harus bersusah payah untuk bisa mendapatkan buah iblis tersebut. Masih belum diketahui memang apakah Kaido harus mengambilnya atau merebutnya dari seseorang atau dia harus mencuri dari Pemerintah Dunia. Sebenarnya, masih menjadi pertanyaan juga apa yang membuat Mythical Zoan menjadi sangat langka. Namun, ada kemungkinan hal ini berkaitan dengan kekuatan yang diberikan.

Bisa Berubah Menjadi Hewan Mitologi

Seperti namanya, mereka yang memakan buah iblis ini akan berubah menjadi makhluk mitologi. Pemilik buah iblis Mythical Zoan dipastikan akan memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan para pengguna Zoan atau pun Mythical Zoan. Misalnya buah iblis milik Sengoku, milik Marco, atau bahkan buah iblis yang dikonsumsi oleh Kaido. Yang menarik, Oda sering menghadirkan banyak referensi hewan mitologi dari berbagai belahan dunia dan juga Jepang

Contohnya adalah burung Phoenix yang dimiliki oleh buah iblis milik Marco. Burung Phoenix sendiri lebih banyak dikenal di Eropa. Dan Oda berhasil “memperkenalkan” burung mitologi ini ke para pembacanya di Jepang dan seluruh dunia. Kemudian buah iblis milik Catarina Devon yang diadaptasi dari hewan mitologi Jepang.

Memiliki Kekuatan “Magis”

Selain kekuatan fisik yang meningkat drastis, pemilik Mythical Zoan juga diberkahi dengan berbagai kekuatan yang luar biasa, yang berbeda dari pengguna Zoan biasa atau pun Ancient Zoan. Contohnya adalah Marco, yang mampu berubah menjadi seekor burung Phoenix dengan api biru di seluruh tubuhnya. Api biru tersebut mampu menyembuhkan luka apa pun yang diderita oleh Marco atau orang lain.

inilah alasan mengapa Marco bisa menjadi sosok yang abadi, selama kemampuannya tidak dihalangi oleh batu laut. Contoh lainnya adalah Kaido, yang memiliki kekuatan dahsyat di mana dia sulit untuk dilukai. Meskipun sudah diketahui bahwa Kaido menggunakan Haki Penguasa untuk mengeraskan tubuhnya, tetap saja efek yang dihadirkan dari bentuk naganya membuat dia sulit untuk tewas. Tidak lupa juga bagaimana Kaido mampu menggunakan berbagai elemen alam.

Lawan Logia dan Paramecia, Mana yang Lebih Kuat?

Semua jenis buah iblis tentunya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Namun, dibandingkan dengan kedua buah iblis lain, Zoan bisa dibilang kalah jauh dibandingkan pengguna buah iblis Paramecia dan Zoan. Para pengguna buah iblis Zoan memang memiliki kemampuan fisik yang sangat ekstrem dan karena hal itulah mereka kebal dari serangan apa pun.

One Piece: 10 Things About Devil Fruits In One Piece That Makes No SenseNamun, pengguna buah iblis Zoan biasa berbeda dengan pengguna buah iblis Mythical Zoan. Seperti disebutkan di atas, mereka memiliki kekuatan yang dahsyat dan luar biasa. Contohnya adalah ketika Sengoku berubah menjadi sosok Buddha raksasa, dia mampu menghancurkan panggung eksekusi meskipun pukulan tersebut sudah ditahan dengan Gear 3 milik Luffy dan Candle Wall milik Mr.3.

Contoh lainnya yang paling jelas adalah bagaimana lima Supernova sekaligus pun tidak mampu untuk menghadapi Kaido. Luffy bahkan harus kalah sampai tiga kali saat menghadapi Kaido. Ini menjadi bukti bahwa kekuatan Mythical Zoan jauh lebih kuat dibandingkan buah iblis Paramecia atau pun Logia. Mythical Zoan memiliki keunggulan lebih dibandingkan buah iblis lain.

Siapa Saja Pemilik Buah Iblis Mythical Zoan

Sampai sejauh ini, hanya ada lima orang yang memiliki kekuatan buah iblis Mythical Zoan secara canon. Mereka adalah Marco, Sengoku, Kaido, Orochi, dan Catarina Devon. Yamato adalah kandidat terkuat pemilik kekuatan Mythical Zoan, yang mana artinya pemilik buah iblis ini total berjumlah enam orang. Masih belum diketahui apakah masih akan dihadirkan lagi pemilik kekuatan buah iblis Mythical Zoan.

One Piece: 5 Mythical Zoan Devil Fruits (& 5 Powers They Grant)Namun, tentunya akan lebih baik jika pemilik dari Mythical Zoan tidak terlalu banyak. Sekitar 10 orang menjadi angka yang dirasa pantas. Hal ini tentunya demi membuat buah iblis tersebut tetap langka di ceritanya. Oda perlu berkaca pada pengguna Haki Penguasa, yang sudah mencapai 16 orang, yang mana hal tersebut rasanya terlalu banyak. Akan tetapi, semuanya memang kembali ke tangan Oda Sensei, sebagai kreator dari One Piece.