Pemerintah Dunia merupakan organisasi paling berkuasa di dunia One Piece. Kelompok ini terdiri dari beberapa orang penting dan memiliki banyak organisasi lain di bawahnya. Sejauh ini hanya ada dua kelompok di Pemerintah Dunia yang terkenal memiliki kekuasaan absolut, yaitu Gorosei dan Tenryuubito. Kedua kelompok ini terdiri dari orang-orang pilihan dan juga memiliki tugas untuk “menjaga” perdamain dunia. Lantas dari keduanya mana yang lebih berkuasa?

Tenryuubito adalah golongan bangsawan yang konon kabarnya adalah keturunan langsung para pahlawan yang telah mendamaikan dunia salama Void Century. Karena merasa spesial, Tenryuubito terkenal dengan sifat mereka yang arogan dan selalu bertindak semaunya sendiri. Bahkan mereka tergolong kelompok yang masih memiliki budak di era merdeka seperti sekarang.

Banyak orang yang sangat takut pada para bangsawan karena mereka bagian dari Pemerintah Dunia. Jadi barang siapa yang melawan mereka akan mendapat hukuman yang sangat berat dari pihak Pemerintahan. Namun para Tenryuubito adalah orang-orang yang lemah dan sombong, jadi sebenarnya mereka tidak memiliki kekuatan tersembunyi seperti karakter lain dalam serial One Piece. Jika saja para Tenryubito bukanlah orang-orang penting dari Pemerintah Dunia, maka mereka mungkin telah lama tewas.

Sedangkan Gorosei adalah lima kakek tua yang hingga sekarang masih belum diketahui masing-masing namanya. Nampaknya, para Gorosei jauh lebih kuat dan berkuasa daripada Tenryuubito karena hingga sekarang masih sangat sedikit orang-orang yang mengetahui keberadaan para Gorosei. Selain itu, salah satu dari para Gorosei juga terlihat membawa pedang yang konon kabarnya adalah salah satu dari pedang terkuat di dunia. Sehingga bisa jadi tanpa Pemerintah Dunia sekalipun, para Gorosei adalah orang-orang yang kuat.

Para Gorosei adalah kelompok orang yang terlihat bisa berbicara langsung dengan Im Sama secara rahasia, sedangkan Tenryuubito masih belum terlihat bertemu dengan pemimpin tertinggi Pemerintahan Dunia tersebut. Oleh sebab itu nampaknya kekuasaan Gorosei jauh lebih besar dari para Tenryuubito. Secara bentuk muka, para Gorosei juga terlihat lebih garang daripada Tenryuubito yang terlihat konyol dengan baju mereka yang mirip seperti baju astronot.

Para Gorosei juga terlihat lebih cerdas dan lebih licik dari pada Tenryuubito yang hanya menurut hawa nafsunya dalam bertindak. Sehingga itulah alasannya kenapa Shanks bisa menemui para Gorosei secara diam-diam sebelum time skip. Bisa jadi para Gorosei memiliki sebuah rencana dan hingga sekarang masih belum terlihat. 

Kedua kelompok ini juga sama-sama telah memiliki umur yang cukup panjang, sehingga mungkin keduanya juga sama-sama memiliki banyak pengalaman. Namun melihat tindakan dan perilaku yang ditunjukan oleh keduanya, maka Gorosei telah hidup lebih lama dari para Tenryubito. Gorosei lebih lick dan lebih berpengalaman untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Dunia. Sedangkan para Tenryubito lebih sering bersenang-senang dengan menyiksa orang lain sebagai budak mereka.

Sifat Tenryuubito juga sempat membuat Luffy kesal dan sangat marah, dia bahkan berani memukul salah satu Tenryuubito di depan banyak orang. Tindakan inilah yang membuat Luffy menjadi semakin dicari oleh Pemerintah Dunia. Sedangkan hingga sekarang para Gorosei masih berdiam diri dibalik layar tanpa banyak orang yang mengetahui keberadaannya.

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.