Perjalanan karakter Kawaki dalam serial Boruto: Naruto Next Generation tampaknya menjadi semakin rumit. Sebab pihak Kara hingga sekarang nampaknya masih mengincarnya meskipun Isshiki dan Jigen telah tiada. Sebelumnya, Kawaki menjadi penyebab Jigen datang ke Konoha dan kemudian bertarung melawan Sasuke dan Naruto, bahkan karena pertarungan itu Naruto kehilangan Kurama karena menggunakan mode Baryon, dan Sasuke tidak bisa lagi menggunakan Rinnegannya karena telah diserang oleh karma Momoshiki yang menggunakan tubuh Boruto. Namun kasih sayang Naruto pada Kawaki sebagai ayah angkat tidak hilang meski kehadiran Kawaki membawa “petaka” di Konoha.

Di chapter terbarunya, nampak Kawaki yang dijemput pulang paksa oleh Naruto karena tidak mau pulang ke rumah. Kawaki berpendapat, bahwa kehadirannya disini telah membuat desa Konoha kacau dan merepotkan keluarga Uzumaki. Namun Naruto mengatakan bahwa tempat Kawaki adalah di desa Konoha dan semua anggota keluarga Uzumaki juga menganggap dia adalah bagian dari keluarga sekarang, namun jika Kawaki tidak merasakan hal yang sama maka Naruto merasa gagal menjadi Hokage.

 

Mendengar ucapan Naruto membuat Kawaki terkejut dan terharu, sebab dia merasa tidak pantas mendapat kebaikan yang sangat besar dari sang Hokage setelah apa yang telah dia perbuat di pertama kali pertemuan mereka berdua. Namun Naruto adalah salah satu orang yang paling baik dan bijak dalam serial ini, sehingga dia tidak pernah menaruh dendam kebencian sedikit pun kepada Kawaki.  

Kawaki merupakan anak yang dibeli oleh Jigen dari seorang pria dan menjadikannya salah satu dari wadah Karma milik Isshiki. Sehingga sejak kecil dia selalu mendapat perlakuan kurang baik dan mengalami kekerasan seumur hidupnya. Naruto yang saat itu mengetahui latar belakang Kawaki langsung paham apa yang harus dia lakukan. Sejak saat itulah Naruto bertekad untuk melindungi Kawaki dan menganggapnya bagian dari keluarga yang harus dia lindungi.

Chapter 60 dalam serial Boruto: Naruto Next Generation kembali menampilkan sisi Naruto yang bijak dan sangat baik. Meskipun saat ini dia telah kehilangan hampir 50 % kekuatannya sendiri, namun nampaknya dia masih sangat yakin untuk melindungi Konoha dan keluarga kecilnya beserta Kawaki. Sikap inilah yang tidak berubah dari Naruto sejak dulu hingga sekarang, oleh sebab itu nampaknya keadaan akan baik-baik saja meski tanpa Kurama di dalam tubuh Naruto.