Geeks semua tentu mengenal sosok Superman sebagai sosok yang paling kuat dari DC Comics. Hal ini dikarenakan Superman mampu menahan serangan hampir apa pun. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh Superman – selain Kryptonite – adalah kemampuan sihir atau sihir. Berdasarkan hal ini, apakah artinya Superman juga lemah terhadap makhluk-makhluk magis seperti halnya vampir?

Superman sudah sering muncul dalam cerita komik, dan dia juga sudah sering bertarung menghadapi berbagai karakter termasuk para vampir. Dan salah satu pertarungan klasik Superman melawan para vampir adalah ketika dia bertarung melawan pemimpin dari para vampir, Dracula. Dracula merupakan salah satu karakter magis yang cukup kuat, namun ternyata dia tidak bisa mengalahkan Superman.

Mengapa kemudian Dracula tidak bisa menang dari Superman? Ternyata ada sebuah rahasia yang tersimpan dari dalam tubuh seorang Kryptonian. Dalam komik Superman #108 karya Jeph Loeb dan Geoff Johns yang dirilis pada 2002, tiga karakter utama ceritanya yaitu Clark Kent, Lois Lane, dan Jimmy Olsen dikirim ke Eropa atas tugas yang diberikan oleh Daily Planet.

DC Histories: Superman vs. VampiresCount Dracula (yang menggunakan nama alias Count Rominoff) ingin Lois Lane melakukan wawancara dengannya demi meyakinkan para penduduk di seluruh dunia bahwa orang-orangnya – yaitu para vampir – bukanlah sosok yang brutal dan mengerikan. Namun, Dracula tetaplah Dracula. Dia berhasil menghipnotis Lois Lane untuk kemudian masuk ke sebuah hutan yang berkabut.

Beruntung, Superman kemudian muncul dan berhasil menyelamatkan Lois ketika dia diserang oleh para manusia serigala ganas dan juga Dracula. Keesokan harinya, ketika Clark menyangka bahwa semuanya baik-baik saja, dia menemukan botol anggur di area penyimpanan penuh dengan darah manusia. Dracula pun akhirnya mengakui tentang tujuan utamanya.

Tujuan utamanya bukanlah untuk diwawancara mengenai para vampir, melainkan dia memang mengincark nyawa dari Clark Kent. Dracula sadar bahwa Superman akan selalu ada ketika Lois Lane dalam bahaya. Karena itulah, Dracula kemudian berpura-pura mengundang Lois demi memancing Superman pergi menemuinya. Sehingga dia bisa mengambil kekuatan Superman dan memberikannya kepada para vampir.

Berkat kemampuan sihirnya, Lois dan Clark memang berhasil terhipnotis oleh Dracula. Namun, momen mengejutkan terjadi ketika Dracula hendak menggigit pundak Superman. Dracula sepertinya lupa bahwa salah satu sumber kekuatan Superman adalah matahari dan di dalam selnya mengandung banyak sekali energi matahari – yang mana merupakan kelemahan dari drakula dan vampir.

Pada akhirnya, ketika Dracula mencoba membunuh Superman, dia seolah sedang menggigit matahari. Pada akhirnya, pemimpin para vampir tersebut pun tewas dan berubah menjadi debu. Komik ini mengkonfirmasi bahwa Superman merupakan sosok yang bisa dikendalikan dan dilukai oleh para vampir, selama mereka tidak mencoba untuk menggigitnya. Dalam cerita lainnya, Superman pernah berhasil dikendalikan oleh Dracula dengan menggunakan tembakan laser miliknya. Dan Superman pun menjadi salah satu pasukan vampir.