Platform streaming raksasa Netflix kembali merilis sebuah film anime terbaru dari franchise Mobile Suite Gundam yaitu Mobile Suit Gundam Hathaway. Cerita akhir dari filmnya menghadirkan sebuah twist yang mengejutkan dan juga pertarungan mecha yang sangat epik. Dan tentunya, cerita akhir tersebut pun membuka peluang besar untuk membangun cerita selanjutnya pada masa yang akan datang.

Hathaway sendiri merupakan sebuah film yang diadaptasi dari sebuah seri novel yang ditulis olej kreator Mobile Suit Gundam, Yoshiyuki Tomino, pada era 1990an dengan judul Hathaway’s Flash. Film ini juga menjadi bagian dari proyek “UC NexT 0100”, yang merupakan seri dari berbagai judul yang saling terhubung di timeline Universal Century, yang menjadi timeline utama bagi seri orisinal Mobile Suit Gundam.

Filmnya sendiri dimulai dengan sosok Hathaway Noa, anak dari Bright Noa dalam seri orisinal dan Zeta Gundam, serta Mirai Noa. Hathaway kemudian bertemu dengan Gigi Andalucia di sebuah  kapal luar angkasa. Gigi sendiri merupakan sosok wanita misterius dengan kemampuan luar biasa, yang mana dia bisa melihat kebohongan. Hathaway kemudian bergabung dengan kolonel dari Earth Federation Forces, Kenneth Sleg, untuk mencegah upaya pembajakan yang dilakukan oleh seseorang yang mengaku sebagai anak buah dari sosok penjahat bernama Mafty Nayve Erin.

Setelah kapalnya mendarat, Gigi kemudian bertemu dengan Noa. Kepada Noa, Gigi mengatakan bahwa dialah Mafty sebenarnya, sosok bertopeng seperti Char Aznable.  Hathaway merencanakan sebuah serangan di hotelnya demi menghindari kecurigaan. Namun, Kenneth kemudian mengetahui faktanya dan mulai mengejar Noa dan organisasi Mafty.

Identitas Asli Mafty

Serinya memang bisa dibilang sangat cepat memberi tahukan siapa sebenarnya sosok Hathaway Noa. Dia ternyata memiliki koneksi dengan Mafty. Namun, cerita lengkap mengenai organisasinya sendiri perlahan mulai muncul di sepanjang cerita. Hathaway merupakan pemimpin dari kelompok pemberontak, yang mana menurutnya dia memiliki jumlah pasukan 30.000 orang, yang terkonsentrasi di wilayah Oenbelli, Australia Utara.

Sosok dari Mafty Nauve Erin sebenarnya bukanlah sosok asli alias fiktif. Sosoknya sengaja diciptakan untuk menjadi “pengalih perhatian” dari kelompok tersebut. Namun, dengan kesamaan peran dan tanggung jawab antara Hathaway dan Mafty, pada akhirnya membuat dia dikaitkan dengan sosok pemimpin pasukan pemberontak tersebut – dan pada akhirnya Hathaway sendiri mengakui.

Tujuan Mafty adalah untuk menghabisi para anggota kabinet pemerintah yang memang memiliki niat jahat untuk menghancurkan bumi. Filmnya juga mengungkapkan seberapa banyak “bawahan” dari Mafty, termasuk Emerelda Zubin, Gawman Nobil, dan Iram Masam. Konflik yang terjadi di bumi membuat Hathway sadar kesalahannya dalam asumsi bahwa dia bisa menjaga dua identitas yang berbeda.

Ketika Hathaway kembali ke markasnya, lokasi mereka ternyata diketahui oleh Kenneth, yang kemudian mengirimkan pasukan Circe Unit. Meskipun begitu, Kenneth sendiri yakin bahwa ada seseorang yang mengendalikan Hathaway. Momen tersebut menjadi kunci utama dari momen paling epik di filmnya: Xi Gundam.

Peran Penting Xi Gundam

Xi Gundam merupakan mecha pribadi milik Hathaway dan menjadi mobile suit utama di serinya. Bahkan, Xi Gundam juga sudah pernah dirilis dalam versi mainan dan juga muncul dalam video game Super Robot Wars bersama mecha dari seri Neon Genesis Evangelion dan juga mecha dari seri Gundam lainnya. Xi Gundam sendiri memiliki sebuah sistem Beam Barrier yang mampu menangkis serangan dari unit Penelope yang dipiloti oleh Lane Aim.

Momen puncak di film Hathaway sendiri memperlihatkan bagaimana sang protagonis utama berlomba untuk mendapatkan Xi Gundam yang menjauh dari orbit. Di sisi lain, Kenneth sendiri berusaha untuk menghancurkan mecha tersebut. Pada akhirnya, Hathaway mampu untuk menghidupkan Xi Gundam dan meluncur pergi meskipun di sekitar wilayah Cargo Pisa terbakar sangat hebat.

Pertarungan Xi Gundam dan Penelope pun terjadi. Terdapat sebuah momen unik di tengah-tengah pertarungan, di mana ketika Lane menjatuhkan Gawman dari Penelope, Xi Gundam kemudian menangkapnya. Hal ini seolah memperlihatkan rasa saling hormat dan menghargai sesama pilot mecha. Penelope sendiri berhasil dikalahkan, tetapi Lane salah mengira bahwa dia sudah berhasil mengalahkan Xi Gundam. Pada kenyataanya, Hathaway melemparkan senjata milik Xi Gundam ke udara di akhir pertarungan, yang membuatnya untuk bisa menyerap serangan, dan bukan mobile suitnya.

Bagaimana Hathaway Mempersiapkan Cerita Gundam Selanjutnya

Filmnya diakhiri dengan Hathaway dan para anggota inti dari organisasi Mafty berhasil kabur dari kejaran, dengan menggunakan kapal milik mereka yaitu the Valiant. Di momen akhirnya juga kita melihat sedikit adegan dari Gigi dan Kenneth yang ada di bumi, dengan Gigi memutuskan untuk bersama Kenneth. Meskipun begitu, Gigi sendiri bersimpati terhadap apa yang menjadi tujuan Mafty dan Hathaway, yang menjadi alasan utama konflik yang terjadi di filmnya.

Konflik antara Mafty dan EFF memang masih jauh dari kata selesai atau damai, dengan masalah yang menyebabkan Hathaway membentuk organisasi tersebut masih belum bisa diselesaikan. Film selanjutnya pada masa yang akan datang bisa menghadirkan kelanjutkan dari konflik ini. Di akhir filmnya juga kita melihat pertempuran besar yang terjadi di Oenbelli, yang bisa menjadi setting cerita selanjutnya. Kita nantikan saja ya Geeks kabar selanjutnya dari proyek film ini.