Sosok Goku dari franchise Dragon Ball sudah membuktikan bahwa dia adalah sosok petarung terhebat sepanjang masa. Bahkan, dia membuktikan bahwa kekuatannya bisa disejajarkan dengan para dewa. Namun, bisakah Goku mengangkat palu ajaib milik Thor yaitu Mjolnir? Seperti yang kita ketahui, Mjolnir merupakan sebuah palu magis yang mana tidak semua orang bisa menggunakan atau sekedar mengangkatnya.

Odin sengaja membuat Mjolnir tidak bisa digunakan oleh sembarangan orang. Hanya mereka yang dianggap pantas yang bisa menggunakannya. Lalu, berdasarkan dari apa yang sudah terjadi selama ini, apakah Goku merupakan sosok yang pantas? Meskipun kecil kemungkinan Goku memiliki kesempatan untuk menggunakan Mjolnir – kecuali jika Marvel berkolaborasi dengan Dragon Ball – Goku adalah sosok yang bisa memenuhi standar untuk mengangkat Mjolnir.

Apa Yang Membuat Seseorang Dianggap Pantas?

MCU sendiri sudah memberikan petunjuk bahwa yang terpenting yang membuat seseorang pantas adalah sosok itu sendiri atau karakternya. Namun, hal ini sendiri bisa saja berubah, karena Thor sempat juga mengalami sebuah momen di mana Thor harus kehilangan kelayakan tersebut, yang akhirnya dia harus kehilangan kendali atas Mjolnir. Hal ini juga pernah terjadi di komiknya.

Dalam seri Original Sin, Thor kehilangan kemampuan untuk menggunakan Mjolnir, ketika Nick Fury meyakinkannya bahwa manusia akan jauh lebih baik tanpa para dewa. Yang mana hal itu membuat Thor kehilangan tujuan dalam hidupnya. Berdasarkan dari apa yang ada dalam ceritanya, mereka yang dianggap pantas atau layak adalah seseorang yang memang memiliki keinginan untuk melindungi atau menolong orang lain.

Di sisi lain, mereka yang ingin menggunakan palu tersebut harus juga menganggap dirinya sebagai sosok yang pantas untuk menggunakannya. Ketika ada orang lain selain Thor yang mampu untuk mengangkat Mjolnir, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Antara memang sosok tersebut memang pantas, atau situasinya yang membuat mereka bisa melakukan hal tersebut.

Sosok Yang Sudah Membuktikan Dirinya Pantas

Dalam sejarahnya, Mjolnir sudah sering digunakan oleh karakter lain selain Thor. Memang, dari sekian banyak karakter Thor merupakan yang paling populer dengan palu ini. Beta Ray Bill, Jane Foster, bahkan Eddie Brock juga pernah menggunakan Mjolnir. Namun, masing-masing mereka memiliki momennya sendiri bagaimana kemudian Mjolnir bisa digunakan.

Misalnya Eddie Brock yang bisa menggunakan Mjolnir karena dia berusaha melindungi bumi dari serangan Knull sang dewa symbiote. Jane Foster tidak memperdulikan kanker yang dia alami di tubuhnya untuk kemudian berubah menjadi Thor ketika Odinson tidak bisa atau sedang dalam posisi yang tidak layak untuk menggunakan Mjolnir. Momen epik sempat terjadi di Secret Wars.

Doctor Doom memanggil berbagai Thor dari berbagai realita yang ada. mereka semua kemudian disebut sebagai legion of Thors. Mereka diliputi rasa putus asa, sambil juga mereka memiliki rasa kelayakan/berhak (righteousness) untuk bisa menggunakan kekuatan yang besar. Artinya keyakinan dalam diri merekalah yang menentukan. Yang juga tidak kalah menarik, terdapat karakter di luar Marvel yang pernah menggunakan Mjolnir.

Sosok tersebut adalah Superman. Hal ini terjadi dalam seri crossover JLA/Avengers. Wonder Woman pun diperlihatkan bisa mengangkat Mjolnir, yang mana hal ini memberikan kita petunjuk bahwa untuk bisa mengangkat Mjolnir tidak melulu harus karakter dari Marvel.

Goku Adalah Sosok Yang Pantas

Sama seperti halnya Superman, Goku merupakan seorang alien dari planet lain yang kemudian dibesarkan di bumi. Dia menganggap bumi sebagai rumahnya dan dia rela melakukan apa pun demi melindungi bumi. Goku juga seperti sosok Thor, yang mana diadaptasi dari sebuah kisah atau legenda nyata. Goku terinspirasi dari raja kera dalam cerita rakyat Tiongkok.

Meskipun secara cerita Thor dan raja kera berbeda, dalam segi kekuatan keduanya sam-sama kuat. Bagaimana kemudian Goku bisa dianggap pantas? Buat Geeks yang mengikuti cerita dari franchise Dragon Ball tentu tahu bahwa Goku sering kali mengorbankan dirinya demi melindungi bumi dari ancaman yang ada. Misalnya, dahulu ketika kakaknya, Raditz, datang dan mengancam bumi.

Goku tidak ragu untuk melakukan hal tersebut. Dialah sang pelindung bumi dalam cerita Dragon Ball, bersama Z-Fighters lainnya. Hal ini sama seperti sosok Thor, yang juga merupakan pelindung Asgard dan Nine Realms. Salah satu bukti nyata lainnya bahwa Goku adalah sosok yang pantas untuk bisa menggunakan Mjolnir adalah dia memiliki sebuah kendaraan unik yaitu awan kinton.

Dalam ceritanya, kendaraan ini tidak bisa dinaiki sembarangan orang. Hanya mereka yang memiliki hati yang bersih. Artinya selama ini memang Goku adalah sosok yang memiliki hati yang bersih. Goku juga berbeda dengan nenek moyangnya yang merupakan Saiyan. Dia tidak pernah menginginkan perang atau menaklukan dunia. Goku hanya ingin semuanya bisa berjalan dengan damai.

Jadi, Goku merupakan sosok lainnyay ang bisa mengangkat dan menggunakan Mjolnir milik Thor. Namun, jika melihat bagaimana sosok Goku, dia sepertinya tidak akan menggunakan palu tersebut ketika bertarung. Dia lebih senang menggunakan kekuatannya sendiri, seperti yang biasa dia lakukan. Mendorong sampai batas maksimal kemampuannya adalah jalan kemenangan bagi Goku.