Dracule Mihawk merupakan ahli pedang terkuat di dunia One Piece saat ini dan merupakan sosok legendaris yang sangat penting di serinya. Namun, meskipun begitu sampai saat ini masih belum banyak informasi mengenai Mihawk yang dibagikan kepada para fans. Sehingga, sama seperti karakter lainnya, Mihawk menjadi salah satu karakter yang misterius.

Seperti halnya karakter misterius lainnya, sosok Mihawk sangat jarang sekali muncul dalam cerita. Sampai sejauh ini, kemunculan Mihawk di ceritanya mungkin bisa dihitung dengan jari. Beberapa penampilan epik dari Mihawk adalah ketika dia pertama kali bertemu dengan Zoro di arc Baratie, dan juga ketika perang besar di Marineford di mana dia bergabung dengan pasukan angkatan laut.

Informasi mengenai Mihawk juga bisa ditemukan di kolom SBS Volume 63, di mana Eiichiro Oda menggambarkan para Shichibukai ketika mereka masih kecil. Mihawk digambarkan penuh dengan luka yang diduga adalah bekas latihan. Sekitar sembilan tahun lalu, sebuah perang besar pecah di Kuraigana Island yang mana membuat pulau tersebut hancur dan ditinggalkan penghuninya.

Beberapa tahun setelah peperangan, Mihawk kemudian tiba di pulau tersebut dan membuat kastil di pulau itu sebagai rumahnya. Kembali, kita tidak mengetahui alasan mengapa Mihawk memilih Kuraigana. Entah apakah Kuraigana adalah rumah masa kecilnya, atau memang Kuraigana memiliki koneksi dengan masa lalu atau keluarga dari Mihawk.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

Yang menarik adalah jauh sebelum era bajak laut berada di momen keemasannya, Mihawk sendiri sudah sangat terkenal dimana-mana. Dracule Mihawk dikenal sering sekali menantang musuh yang jauh lebih kuat darinya untuk bertarung, dan pada akhirnya berhasil mengalahkan mereka. Itulah alasan mengapa Mihawk mendapatkan julukan ahli pedang terkuat di dunia.

Mihawk kemudian tertarik kepada Shanks dan melihatnya sebagai rival terbesar. Sebagai sosok ahli pedang terbaik di dunia, tentunya banyak yang penasaran mengapa kemudian pada akhirnya dia mau melatih Zoro saat time-skip terjadi. Para fans sendiri banyak yang berspekulasi mengenai hal ini. Salah satu spekulasi yang menarik adalah karena Mihawk diperintah oleh Dragon. Dalam spekulasinya disebutkan bahwa Mihawk kemungkinan adalah bagian dari kelompok Pasukan Revolusi.

Sampai saat ini, banyak orang yang meragukan bahwa Mihawk adalah seorang bajak laut. Hal ini dikarenakan tidak ada petunjuk apa pun bahwa Mihawk adalah bajak laut. Contohnya dia lebih senang menyendiri dibandingkan memiliki kru seperti halnya para bajak laut lain. Bergabungnya Mihawk ke kelompok Shichibukai – sebelum dibubarkan – juga menjadi sebuah misteri.

Mengapa Pemerintah Dunia menginginkan Mihawk? Mengapa Mihawk setuju untuk bergabung dengan Shichibukai? Spekulasi lain pun muncul, di mana bisa jadi itu adalah cara baginya agar Pemerintah Dunia berhenti mengejarnya. Jika dia bukan seorang bajak laut, mengapa dia kemudian diburu oleh pihak Pemerintah Dunia?

Mungkin bukan Pemerintah Dunia yang mengincar nyawa Mihawk, tetapi seperti halnya Zoro, justru Mihawk yang menantang pihak Pemerintah. Mengapa harus bergabung dengan Shichibukai? Itulah yang memunculkan kemungkinan bahwa Mihawk merupakan bagian dari Pasukan Revolusi.

Ketika kelompok Topi Jerami benar-benar akan dihancurkan Kizaru di Sabaody, sosok yang tidak terduga pun muncul yaitu Bartholomew Kuma. Dengan menggunakan kemampuan Nikyu Nikyu no Mi, dia mengirimkan para anggota Topi Jerami ke berbagai lokasi. Namun, lokasi tersebut tidak sembarangan. Kuma menerbangkan mereka ke lokasi di mana mereka bisa berlatih dan meningkatkan kemampuan mereka.

Hal tersebut seolah sengaja dilakukan demi mempersiapkan diri untuk menghadapi situasi di New World. Kuma sendiri sepertinya bisa melihat kemampuan besar dalam kelompok Topi Jerami. Dia mengirim Luffy ke Amazon Lilly untuk berlatih Haki – meskipun kemudian hal tersebut tidak terlaksana karena Luffy buru-buru pergi ke Marineford.

Mihawk is a Secret Revolutionary? - One PieceSanji dikirim ke kerajaan Kamabakka dimana Ivankov berada. Robin dikirim ke Tequilla Wolf dimana dia bertemu dengan Dragon dan banyak mendapatkan informasi penting. Zoro sendiri dikirim ke pulau Kuraigana. Yang menarik adalah Mihawk nampak tidak terkejut melihat Zoro di pulaunya. Meskipun terkadang Mihawk memperlihatkan sikap yang tidak peduli, setidaknya Mihawk bertanya bagaimana dia bisa berada di pulau tersebut.

Mihawk seolah sudah tahu bahwa Zoro akan dikirim kesana. Bahkan, Mihawk mencoba menghentikan Zoro untuk keluar dari pulaunya akibat luka yang ada di tubuh Zoro. Kesimpulannya, Mihawk mungkin memang sudah sejak lama diberikan tugas untuk melatih Zoro oleh Dragon. Tindakan Kuma dan Mihawk sepertinya sudah dikoordinasikan sebelumnya, seperti halnya Kuma yang memberi tahu Rayleigh bahwa dia terkoneksi dengan Pasukan Revolusi. Apakah Oda Sensei akan membeberkan fakta sebenarnya mengenai Mihawk pada masa yang akan datang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!