Seri Loki sepertinya tidak main-main untuk menghadirkan skala cerita yang sangat luar biasa di Marvel Cinematic Universe. Meskipun di awal serinya dibuka dengan cerita tentang apa yang terjadi di Marvel Cinematic Multiverse, namun perlahan skalanya semakin membesar setiap episodenya. Bahkan, salah satu elemen cerita yang dianggap ambisius yang muncul di awal cerita adalah bagaimna perang Multiversal (Multiversal War) merupakan awal mula terciptanya Time Variance Authority.

Namun, seperti yang kita ketahui, fakta yang sebenarnya terjadi tidaklah seperti dari apa yang diperlihatkan. Dengan diperkenalkannya sosok He Who Remains, yang diperankan oleh aktor Jonathan Majors, serinya bukan hanya akan menjanjikan kemunculan Kang the Conqueror ke MCU, melainkan juga ada kemungkinan bahwa Kang akan menjadi sosok villain besar terbaru yang akan menjadi penyebab di balik perang besar yang terjadi di MCU.

Di episode awal serinya, penangkapan variant Loki – yang menjadi karakter utama di serinya – membuat TVA, khususnya Mobius, menjadikannya salah satu cara untuk menangkap variant Loki lainnya. Loki mencoba mempelajari tentang TVA dan bagaimana sistem kerja mereka. Sampai akhirnya pada satu titik, Loki menyadari bahwa ada sesuatu yang salah dengan organisasi ini.

Salah satu misteri terbesar yang muncul adalah bagaimana Multiversal War atau perang antar multiverse yang terjadi pada zaman dahulu benar-benar sangat kacau, sehingga membuat semuanya menjadi berantakan. Hal itu yang kemudian menjadi awal mula kemunculan TVA, yang disebutkan menjadi penjaga timeline suci (sacred timeline) yang ada selama ini.

ADVERTISING
amp-fx-flying-carpet height="300px">
ADVERTISING

TVA mencoba menjaga semuanya agar tetap sesuai dengan jalurnya dan tidak ada peristiwa Nexus yang bisa membahayakan timeline. Namun, Loki sendiri tidak yakin dengan semua hal yang ada. Dia meyakini bahwa ada seseorang yang sangat kuat yang bergerak di balik bayang-bayang TVA. Loki dan Sylvie akhirnya berhasil memecahkan misteri tersebut, di mana mereka bertemu dengan sosok He Who Remains dan mengetahui fakta sebenarnya.

Meskipun pada awalnya Loki dan Sylvie tidak percaya dengan sosoknya, setelah dia memperlihatkan kemampuan dahsyatnya tentang pengendalian waktu dan bagaimana dia bisa melihat ke masa depan, akhirnya mereka berdua pun tidak memiliki pilihan selain mendengarkan ceritanya. Jutaan tahun yang lalu, He Who Remains bukan hanya menemukan variant lain dari versinya tinggal di realita lain, namun juga bekerja sama dengan para variant tersebut.

Mereka saling bekerja sama untuk membuat masing-masing timeline mereka menjadi lebih baik. Sayangnya, ada salah satu versi dari dirinmya yang justru tidak menginginkan hal tersebut. Sosok jahat tersebut justru menginginkan semua kekuatan tersebut untuk dirinya sendiri, yang mana pada akhirnya perang antar Multiverse pun tidak terhindarkan, yang mana perang ini hampir saja menghancurkan seluruh alam raya.

He Who Remains sendiri masih merasa paranoid tentang kemunculan perang besar yang bisa saja terjadi kapan pun, dan memberikan semua keputusannya di tangan Sylvie dan Loki. Meskipun begitu, pada akhirnya keputusan pun dibuat. He Who Remains pada akhirnya dieksekusi oleh Sylvie, yang artinya sosoknya sekarang sudah tiada. Namun, ada hal yang menarik sebelum dia tewas.

Dia mengatakan bahwa meskipun Sylvie sudah membunuhnya, ini bukan menjadi kali terakhir dia melihatnya. Ketika Loki kembali tiba di TVA, dia kemudian melihat wajah yang sangat familiar sedang mengatur ulang waktu dan mengambil alih TVA. Sosok tersebut tidak lain adalah Kang the Conqueror. Seperti yang diperlihatkan di komiknya, Kang adalah sosok villain yang memang haus akan kekuatan dan kekuasaan.

Seperti yang banyak diprediksi oleh para fans, Kang bisa menjadi sosok villain utama baru di MCU, menggantikan posisi Thanos yang menghilang pasca Avengers: Endgame. Dengan adanya proyek film layar lebar seperti Doctor Strange 2 dan Spider-Man: No Way Home yang dijanjikan akan menghadirkan elemen multiverse, sepertinya ancaman besar tersebut akan mulai masuk ke jangkauan yang lebih luas lagi.

Namun, tentunya semua itu tergantung terhadap seberapa jujur atau benar dari apa yang diungkapkan oleh He Who Remains kepada Loki dan Sylvie. Bahkan, dalam pertemuan singkat mereka itu pun He Who Remains “berbohong,” dengan mengatakan bahwa dia sudah mengetahui bagaimana akhir dari semua itu. Satu hal penting yang dicatat untuk sekarang adalah Kang saat ini memegang kendali.

Kang sudah berhasil mengambil alih TVA dan bahkan mengakses data-data yang ada. Pemenang dalam setiap perang berhak menentukan apa pun yang dia inginkan, dan artinya siapa pun yang menang dalam perang multiverse ini sudah berhasil menulis sejarah yang sangat luar biasa.