Dalam cerita One Piece, devil fruit atau buah iblis memang menjadi salah satu sumber kekuatan bagi karakter yang menggunakannya. Dengan kekuatan buah iblis, pengguna dapat menembus batas dan membangkitkan kekuatan mereka. Ada beberapa pengguna buah iblis yang telah diperlihatkan di One Piece, tetapi di masa depan, tentunya jumlah penggunanya akan semakin bertambah.

Sayangnya hingga kini, kita masih belum mengetahui sejauh mana batas kekuatan buah iblis dalam memberikan kekuatan bagi penggunanya. Pengguna buah iblis harus terus mempelajari potensi maksimal yang bisa didapat setelah menggunakan buah iblis, sehingga mereka dapat mencapai tahap maksimalnya alias Awakening. Kita sudah melihat berbagai karakter yang berhasil membangkitkan buah iblis milik mereka.

Salah satu contohnya adalah Donquixote Doflamingo. Dalam arc Dressrosa, kita bisa melihat bagaimana Dofy mampu memberikan kesulitan yang sangat luar biasa kepada Luffy dan juga Law karena memang dia sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya. Bagaimana dengan karakter lainnya? Salah satu karakter yang berpotensi membangkitkan kemampuan buah iblisnya adalah Brook.

Buah iblis Yomi Yomi merupakan buah iblis Paramecia yang membuat jiwa si pengguna akan kembali ke tubuh asalnya setelah dia tewas. Dengan kata lain, buah iblis ini yang menjadi faktor mengapa Brook bisa hidup abadi – sampai sejauh ini. Namun, tentunya kemampuan buah iblis Yomi Yomi bukan hanya itu. Brook juga mampu mempengaruhi jiwa-jiwa yang lemah seperti para Homies milik Big Mom.

Energi jiwa dari buah iblis ini pun mampu menghadirkan hawa dingin yang sangat luar biasa. Itulah mengapa Brook mampu mengubah sekitarnya menjadi es. Berkaitan dengan buah iblis Brook ini, terdapat sebuah spekulasi menarik mengenai kemampuan awakening buah iblisnya. Dipercaya bahwa buah iblis Brook akan memiliki teknik yang disebut “Master Exploder” atau teknik yang mampu meledakan sesuatu.

Ketika Brook menggunakan “form” di mana dia berubah menjadi jiwa yang melayang, dia masih terhubung dengan tubuh aslinya. Dan menurut spekulasinya, ketika Brook sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya, dia akan mampu secara penuh keluar dari tubuhnya. Selain itu, ada kemungkinan juga bahwa Brook akan memiliki kemampuan untuk bisa merasuki orang lain, makhluk lainnya atau bahkan benda dengan memaksa jiwa mereka – seperti halnya para Homies.

Jika semua itu memang benar terjadi, maka Brook akan memiliki sebuah peningkatan kekuatan yang dahsyat yaitu The Devil Implosion. Jika Brook mampu sepenuhnya keluar dari tubuhnya dan merasuki atau mempengaruhi orang lain atau benda, maka ada potensi Brook akan “membunuh” targetnya, terutama jika targetnya sendiri adalah pengguna buah iblis.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pengguna buah iblis dalam cerita One Piece tidak bisa memiliki lebih dari satu kekuatan. Jika hal itu terjadi, maka tubuhnya akan meledak. Brook sendiri adalah karakter yang unik dan memiliki kekuatan yang juga tidak kalah unik. Kekuatan buah iblis inilah yang membuat Big Mom tertarik pada sosok Brook.

Selama dua tahun, Brook juga sepertinya berhasil meningkatkan kemampuan Yomi Yomi sampai pada level yang tidak terduga. Siapa yang kemudian melatih Brook melakukan hal tersebut masih menjadi misteri. Namun, tentu akan sangat menarik jika kita melihat bagaimana kemampuan dahsyat Yomi Yomi ketika buah iblisnya mengalami awakening. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.