Meskipun dalam sejarah DC Comics, kekuatan fisik selalu menjadi daya tarik utama yang meripakan kemampuan utam dari pahlawan super, namun pada kenyataannya kekuatan sihir juga memiliki sejarah panjang. Kekuatan sihir banyak dipakai oleh karakter-karakter yang ada, baik itu jahat atau baik. Bahkan, sihir adalah salah satu kelemahan dari Superman, yang mungkin tidak banyak orang ketahui.

Namun, tentunya masing-masing penyihir atau ahli sihir memiliki keunggulannya masing-masing. Sebagian diantaranya bahkan memiliki kekuatan dahsyat yang mana, kekuatan mantranya bisa mempengaruhi seluruh alam raya. Lalu, siapa saja karakter di DC Comics yang memiliki kekuatan sihir terhebat? Berikut adalah beberapa diantaranya.

The Wizard Shazam

Meskipun Wizard Shazam adalah salah satu karakter yang underrated di DC Universe, dia memiliki kekuatan sihir yang luar biasa dahsyat. Kita bisa melihat bagaimana kekuatan yang dimiliki oleh Black Adam dan juga Shazam. Kedua karakter tersebut memiliki kemampuan sihir yang dahsyat berkat sang penyihir yang menunjuk mereka menjadi orang terpilih (champion).

Wizard Shazam juga adalah sosok yang tidak pernah terlibat langsung dalam berbagai peristiwa. Dia lebih senang bergerak dari balik bayang-bayang dan menjadi penentu semuanya. Dia bisa menjadi sosok yang merubah situasi bila saja mau ikut turun langsung dalam menangani situasi yang ada. Mungkin suatu saat kita akan melihat sosoknya ikut bertarung di medan perang.

The Spectre

Identitas Spectre sendiri sudah digunakan oleh beberapa karakter dalam beberapa tahun belakangan, namun karakter yang populer menggunakan identitas Spectre adalah Jim Corrigan. Dia merupakan seorang detektif yang tewas setelah diserang oleh kriminal. Namun, dia berhasil kembali hidup dan menghukum siapa saja yang berbuat kejahatan dengan kekuatan sihirnya.

Namun, yang perlu dicatat adalah kemampuan sihir The Spectre tidaklah sembarangan. Dengan kekuatan tersebut, The Spectre sudah menjadi nigh-omnipotent, yang artinya dia memiliki kekuatan dahsyat untuk bisa melakukan apa pun yang dia inginkan. Karena itulah, The Spectre adalah sosok pahlawan yang lebih sering bertarung di dimensi atau realita lainnya – sesuatu yang mungkin pahlawan kebanyakan tidak akan ketahui.

Doctor Fate

Sama seperti kebanyakan karakter lainnya, Doctor Fate sempat mengalami beberapa kali reboot sejak pertama muncul pada Mei 1940. Namun, Kent Nelson adalah sosok yang paling populer yang memiliki koneksi mendalam dengan Helmet of Fate. Kent sendiri mendapatkan Helmet of Nabu/Helmet of Fate setelah dia dan keluarganya, melakukan eksplorasi dan membuka makam Nabu.

Selain memberikan petunjuk dan juga arahan kepada Kent, helm ajaib Nabu tersebut juga bisa menggunakan tubuh Kent sebagai wadahnya. Doctor Fate sendiri sudah sejak lama membuktikan bahwa dirinya merupakan sosok yang tepat untuk menjaga kedamaian dari berbagai kejahatan yang ada. Nabu juga kemudian memberikan Kent Cloak of Destiny dan Amulet of Anubis, yang mana jika digabungkan dengan Helmet of Nabu, maka Kent akan menjadi sebuah kekuatan yang tidak terkalahkan.

Eclipso

Eclipso mungkin adalah sosok yang kurang familiar di telinga Geeks semua. Dia adalah seorang penyihir dan memiliki beragam kekuatan magis yang kuat. Eclipso sering menjadi musuh dari Justice Society of America. Eclipso juga adalah sosok yang kejam, yang selalu menghadirkan teror dan rasa takut. Kekuatan terbesar dari Eclipso adalah telepati dan juga telekinetik. Ketika kekuatan ini digunakan, maka dia bisa mengendalikan orang lain. Selain itu, Eclipso juga tahan terhadap hampir semua serangan. Satu-satunya kelemahan Eclipso adalah cahaya matahari.

Zatanna

Zatanna Zatara adalah putri dari Giovanni Zatara, seorang ahli sihir yang pertama kali diperkenalkan dalam Action Comics #1 yang dirilis pada 1938. Giovanni memiliki kemampuan untuk membaca mantra dengan pelafalan terbalik, yang juga sekarang dimiliki oleh sang putri. Zatanna juga mampu mengembangkan kekuatan sihirnya dengan sangat baik, seperti ayahnya.

Yang membuat Zatanna berbeda dari sang ayah adalah Zatanna menggunakan kekuatannya secara terang-terangan untuk menyelamatkan dunia. Zatanna bukan hanya bergabung dengan Justice League, tapi dia juga bergabung dengan Justice League Dark, divisi khusus yang menangani berbagai kasus magis. Namun, sering kali orang-orang menganggap remeh Zatanna karena dia juga merupakan seorang pesulap di dunia aslinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.