Para Yonko dalam cerita One Piece selalu menjadi hal yang menarik. Dengan kekuatan yang mereka miliki, kekuasaan yang mereka miliki, Yonko bisa dibilang adalah kumpulan karakter terkuat di bawah sang raja bajak laut Gol D. Roger. Berbicara mengenai Yonko, ada hal menarik di arc Wano Country yang sedang berlangsung saat ini dimana dua Yonko membentuk aliansi untuk menghadapi Luffy.

Mereka adalah Kaido dan Big Mom. Keduanya dulu sama-sama pernah menjadi rekan satu kapal di kelompok bajak laut Rocks, bersama dengan Whitebeards, Shiki, dan masih banyak lainnya. Sekarang, baik Big Mom ataupun Kaido, sudah memiliki pasukan yang sangat besar dan jabatan yang sama yaitu sebagai penguasa lautan. Meskipun sama-sama Yonko, tentu ada perbedaan dari keduanya terutama dari bagaimana mereka memimpin.

Sebagian fans mungkin beranggapan bahwa Big Mom adalah pemimpin yang sangat buruk, dengan sering menyiksa anak buahnya – yang notabene adalah anaknya sendiri. Namun, bagaimana dengan Kaido? Sebenarnya, Kaido jauh lebih mengerikan dibandingkan Big Mom jika berbicara mengenai kepemimpinan. Ada beberapa “bukti” dari hal tersebut.

Pertama, Kaido akan mengacau dan tidak terkendali ketika dia mabuk. Salah satu hobi Kaido adalah mabuk-mabukan, dan ketika dia sudah dalam keadaan mabuk dia menjadi sosok yang tidak terkendali. Dia pernah datang ke Wano dalam keadaan mabuk dan sedang dalam form naganya. Kaido hendak mengacau di Wano, yang mana hal ini sempat membuat Jack khawatir. Beruntung Hawkins berhasil menyalamatkan situasi pada saat itu.

Kedua, Kaido adalah sosok yang sangat mengerikan di mana dia tidak segan menghajar dan menghancurkan anak buahnya ketika situasi atau suasana hatinya (mood) sedang tidak baik. Big Mom sendiri tidak pernah menghajar anak buahnya seperti itu. Selalu ada alasan yang dia anggap fatal, sehingga Big Mom menghajarnya.

Ketiga, Kaido dengan sengaja memaksa krunya untuk memakan buah iblis buatan SMILE, yang mana peluang keberhasilannya hanya 10%. Dia kemudian mengejek mereka yang gagal mendapatkan kekuatan SMILE dengan menyebut mereka sebagai Pleasures. Benar-benar sangat gila. Keempat, Kaido bahkan tidak memberikan kesempatan penduduk Wano kehidupan yang layak.

Wano berubah dari sebuah wilayah yang asri dan sejuk, menjadi sebuah tempat yang menyeramkan, penuh polusi, dan bahkan menjadikan para penduduk Wano sebagai budak. Bisa kita lihat bagaimana Tottoland, meskipun para penduduknya berada di bawah ancaman atau tekanan namun mereka hidup lebih baik dibandingkan mereka yang berada di Wano.

Kelima, meskipun anak buah Big Mom sangat takut terhadap Big Mom, namun kelompok bajak laut Beasts jauh lebih takut terhadap Kaido. Jack benar-benar bergetar ketika melihat Kaido turun dari langit. Hal tersebut menandakan bahwa para anak buah Kaido benar-benar ketakutan jika harus menghadapi sang kapten. Benar-benar mengerikan.

Keenam, Big Mom memang meminta presentase pajak dari mereka yang tinggal di Tottoland dengan menyumbangkan sebagian jiwa mereka. Namun, mereka senang melakukannya. Mengapa? Karena mereka lebih memilih hidup dengan damai dan bahagian tanpa kelaparan, kemiskinan, perbudakan, dan masalah dari Pemerintah Dunia atau bajak laut lainnya. Mereka bahkan tidak perlu juga membayar kepada kaum naga langit.

Selain itu, Big Mom juga menciptakan berbagai Homies yang terbuat dari para jiwa-jiwa tersebut yang digunakan untuk melindungi mereka. Hal ini tentu lebih baik dibandingkan membayar “pajak” terhadap Pemerintah Dunia atau kaum naga langit yang tidak memiliki timbal balik. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa Big Mom adalah pemimpin yang lebih baik dibandingkan Kaido. Apakah kalian setuju Geeks?