The Merciless

The Merciless merupakan salah satu versi Bruce Wayne jahat yang paling mengerikan dan paling kuat. Karakter The Merciless berasal dari Earth-12, dan versi dari Bruce Wayne disini tidak diawali dengan jahat. Justru dia dan Wonder Woman diceritakan memadu kasih di universenya, namun mereka harus terpisah setelah bertarung melawan sang dewa perang, Ares, selama dua tahun.

Setelah menganggap Ares sudah tewas dalam perang, Bruce kemudian mengambil helm milik Ares dan menggunakannya. Sayangnya, helm tersebut justru membuat Bruce menjadi jahat. Bahkan saking kuatnya pengaruh helm tersebut, Bruce akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hidupnya setelah menghabisi nyawa para superhero lainnya.

The Grim Knight

Dalam miniseri The Batman Who Laughs, Batman harus berhadapan dengan racun yang berbahaya yang dilepaskan oleh Joker. Batman Who Laughs memang tidak asing dalam sebuah pertarungan fisik, tapi untuk memastikan semua rencana berjalan dengan baik sang villain tersebut mengikutsertakan Grim Knight sebagai pasukannya.

The Grim Knight sendiri berbeda dengan versi Batman lain. Grim Knight tidak mengalami mutasi atau mengalami peningkatan kekuatan. Yang membedakan adalah ketergantungannya terhadap senjata api dan senjata yang menggunakan peluru. Tujuan Bruce bukan untuk membalas dendam atas berbagai kejahatan, tapi mengeksekusi mereka yang melanggar hukum.

Barbatos

Barbatos merupakan pemimpin dari Dark Knight, kelompok vigilante yang berisi Batman dari berbagai universe dalam versi jahat dalam cerita Dark Knight: Metal. Barbatos sering juga disebut sebagai Bat-God. Barbatos memiliki penampilan yang mirip seperti naga dan merupakan makhluk ciptaan dari Wold Forge. Dia bertugas untuk menghisap energi dari dunia yang dirasa sudah tidak bisa lagi dipertahankan. Energi tersebut nantikan akan digunakan oleh World Forge untuk membangun dunia yang lain.

Keinginan dan rasa haus akan kehancuran yang tinggi dari Barbatos justru membuat pikirannya rusak. Dia menghancurkan Forge of Worlds dan juga tuannya, yaitu World Forge. Dia kemudian mengumpulkan seluruh Batman jahat dari berbagai multiverse, dan kemudian dia menciptakan Court of Owls demi memanipulasi dan menjadi jalan bagi Batman dari Earth-0 untuk masuk ke universe utama DC. Mereka kemudian akan bertarung melawan para hero di universe utama, dan menghancurkan seluruh multiverse.

Nazi Batman

Dalam seri Countdown to Adventure, Batman yang berasal dari Earth-10 bernama Leatherwing, muncul di sebuah realita alternatif di mana di universe tersebut diperlihatkan Nazi Jerman berhasil memenangkan pertempuran perang dunia kedua. Dan akibat dari hal ini, Justice League of America berubah menjadi JLAxis, sebuah tim superhero yang berfokus untuk membantu Nazi mendominasi dunia.

Batman Grim ReaperTidak banyak informasi mengenai kekuatan tentang Leatherwing. Tapi, meskipun dia tidak memiliki kekuatan super, Nazi Batman digambarkan memiliki “kondisi fisik tertinggi manusia.” Hampir sebagian besar desain Batman tidak ada yang berubah, kecuali pada bagian logo di dadanya terdapat lambang Swastika merah yang terpampang dengan jelas.

The Drowned

Salah satu karakter unik dari versi jahat Bruce Wayne adalah Bryce Wayne alias The Drowned. Dia berasal dari Earth-11, dan dia menyatakan perang terhadap para meta humans setelah kekasihnya, Sylvester Kyle, terbunuh karena salah satu dari mereka. Setelah menghancurkan para meta humans di darat, dia kemudian bertemu dengan Aquawoman dan menawarkan perdamaian antara rakyatnya dan juga kaum daratan.

Namun, ketika negosiasi damai tersebut pecah dan justru deklarasi perang yang terjadi, Bryce ikut bertarung melawan Aquawoman dan seluruh penduduknya. Dia kemudian berhasil mengakhiri nyawa Aquawoman, dan akhirnya dia bergabung dengan Dark Knigts, kelompok vigilante yang dipimpin oleh Albatros.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.