Batman adalah salah satu karakter superhero yang paling dikenal sepanjang masa. Sudah tidak terhitung berapa banyak dia muncul di bagian sampul komik atau muncul dalam berbagai cerita selama 80 tahun ini. Selain muncul di komik, Batmanjuga sering diadaptasi dalam berbagai cerita live-action. Mulai dari Michael Keaton, Christian Bale, sampai Ben Affleck, pernah memerankan Batman dalam versi live-action.

Dalam dunia komik, kita tentu mengenal realita alternatif yang mana dalam masing-masing realita semuanya berbeda. Semuanya berbeda dari timeline utamanya, mulai dari karakter, bahkan sampai nasib dari karakternya. Hal ini juga berlaku terhadap Batman, yang memiliki berbagai versi di multiverse DC Comics. Berikut adalah berbagai Batman dari realita alternatif.

Grim Reaper Batman

Dalam cerita Dark Knight: Death Metal, Multiverse diperlihatkan hancur oleh Perpetua dan Batman Who Laughs. Dalam ceritanya, Wonder Woman diperlihatkan menjadi penguasa negarak, dan Superman dipaksa untuk terus menghidupi bumi. Sedangkan Batman menjadi sosok yang ditakuti, dengan menjadi malaikat pencabut nyawa alias Grim Reaper Batman.

Batman Grim ReaperBatman dipersenjatau dengan sebuah sabit, yang merupakan senjata yang biasa digunakan oleh malaikat pencabut nyawa dalam berbagai cerita. Dia juga mengenakan setelan yang sangat mengerikan, ditambah dengan Batman yang mengendarai motor. Sosok Grim Reaper Batman ini bisa dibilang sangat jauh dari konsep awal Batman, dan benar-benar mengerikan.

Batman Clone

Dalam cerita Batman: Last Knight on Earth, Alfred menciptakan kloning dari Bruce Wayne untuk menghadapi Omega, sosok Bruce Wayne dari masa depan. Batman dari Elseworld tersebut mendapatkan kekuatan super dan menjadi Omega, berkat menggunakan kepala dari Darkseid yang kemudian disambungkan dengan tubuhnya. Menjadikan Bruce Wayne tersebut sangat kuat.

Kloning tersebut memiliki ingatan Bruce Wayne sebelumnya. Meskipun begitu, dia harus tinggal d Arkham Asylum, terkunci dan sendirian. Namun, dia kemudian dilatih oleh Alfred melalui hologram. Saat kloning tersebut siap menghadapi Omega, Gotham sudah berubah menjadi sebuah wilayah antah berantah. Kekuatan Batsuit sang kloning berasal dari sampah dan berbagai sisa-sia material yang ada di Arkham.

Pirate Batman

Batman menjadi bajak laut? Mungkin tidak akan ada yang menyangka jika Batman pernah menjadi seorang bajak laut. Hal ini terjadi di Earth -494, dan kapten Leatherwing adalah sosok di balik nama Batman tersebut. Dia beroperasi di wilayah Karibia pada abad ke 18 dan merupakan kapten dari Flying Fox. Jubah dan topengnya sengaja dia pakai untuk menghindari memberikan nama buruk Inggris dan Raja James II.

Tidak terlalu banyak informasi yang disampaikan mengenai Pirate Batman ini. Namun, Leatherwing memiliki satu tujuan. Dia berusaha mendapatkan banyak sekali emas untuk bisa membeli kembali tanah atau wilayah milik orang tuanya yang direbut secara paksa. Nama-namanya sendiri disesuaikan, misalnya Alfred yang menjadi Alfredo, di mana dia adalah wakil kapten dari Leatherwing. Joker sendiri diberi nama Laughing Man of the Pescador serta Capitana Felina of the Catspaw.

Batmanhattan

Salah satu hal gila yang muncul dalam Dark Nights: Death Metal adalah kombinasi antara Batman dan Dr. Manhattan. Setelah tombol The Comedian muncul secara misterius di Batcave, Wayne tertarik dengan energi yang dimunculkan. Penelitian yang dilakukan oleh Bruce Wayne tersebut gagal, yang membuatnya kemudian menginvestigasi lebih lanjt. Batman Who Laughs, yang melihat hal ini, kemudian mengunci Wayne di dalam mesin tersebut dan menyalakannya.

Batman Grim ReaperSeperti cerita Dr. Manhattan, tubuh dan atom dari Bruce Wayne pun terlepas dan pecah untuk kemudian menyatu kembali dan Bruce Wayne pun kemudian berubah menjadi Batmanhattan. Semua kekuatan yang dimiliki oleh Dr. Manhattan juga dimiliki oleh Batmanhattan. Batman Who Laughs sendiri diperlihatkan berhasil memindahkan otaknya ke tubuh Batmanhattan, menjadikannya sosok yang sangat berbahaya dengan kekuatan dahsyat.

Retired Batman

Dalam cerita Kingdom Come, Batman dari Earth-22 diceritakan sudah tua. Dia memutuskan untuk pensiun sebagai Batman, namun dia tetap menjadi pengawas dan pelindung kota Gotham. Tidak lagi menggunakan tenaganya, dia mengandalkan teknologi untuk hal tersebut. Bahkan, seluruh tubuhnya pun diselimuti oleh teknologi, di mana dia ditopang oleh exoskeleton.

Batman Grim ReaperSetelah identitas rahasianya terbongkar dan dia harus terusir dari Wayne Manor, Bruce tinggal di Batcave yang menjadi rumah barunya. Dari sinilah Bruce kemudian menjalankan tugasnya sebagai pengawas kota Gotham. Dengan bantuan dari Lex Luthor, Bruce melindungi Gotham dengan pasukan android dan berbagai teknologi lainnya.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2