Clima Tact merupakan tongkat panjang yang biasa digunakan oleh Nami saat bertarung melawan musuh. Dibandingkan dengan senjata lain, mungkin memang Clima Tact merupakan senjata yang kurang diperhitungkan, padahal Clima-Tact memiliki kekuatan yang sangat dashyat. Tongkat ini diciptakan oleh Usopp, setelah Nami memintanya. Dengan kemampuan cuacanya, Clima-Tact bisa menghadirkan apapun mulai dari hujan, badai, angin, petir dan dimanapun bahkan sampai ruangan kecil sekalipun.

Kemampuan Clima-Tact ini pernah dibuktikan oleh Nami saat dia melawan CP9 dan juga ketika membuat hujan di salah satu wilayah hutan di Sabaody, pasca time-skip. Juga Nami bisa menciptakan sebuah ledakan besar dari awan hitam. Namun, mungkin tidak banyak dari Geeks yang mengetahui fakta menarik tentang Clima Tact. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Memiliki Empat Versi

Sampai saat ini, Clima Tact sudah memiliki empat versi. Setiap versi terbaru, selalu berbeda dengan versi yang lama. Clima Tact pertama adalah versi yang diperlihatkan ketika Nami menghadapi Miss Doublefinger di arc Alabasta. Kemudian versi kedua adalah Perfect Clima Tact, yang digunakan oleh Nami saat menghadapi Kalifa, kemudian Sorcery Clima Tact, dan yang terakhir adalah peningkatan dari Sorcery Clima Tact, yang masih digunakan sampai saat ini.

Versi Pertama Mirip Seperti Mainan

Clima Tact pertama dibuat oleh di awal petualangan Topi Jerami. Setelah petualangan di Little Garden, Alabasta, Nami memutuskan bahwa dia membutuhkan sesuatu yang bisa membantunya bertarung jika situasinya mulai bertambah bahaya. Usopp kemudian membantu Nami mewujudkan hal tersebut. Namun, Usopp salah memahami maksud dari Nami. Usopp justru membuat senjata yang penuh dengan trik-trik yang biasa mncul saat pesta. Satu hal yang luar biasa, Nami masih bisa menang melawan Miss Doublefinger dengan senjata tersebut.

Tetap Mempertahankan Desain Dari Senjata Pertama Nami

Ketika Luffy dan Zoro pertama kali bertemu Nami, dia sudah sering melakukan trik yang membuatnya bisa mencuri uang dari berbagai bajak laut lainnya. Walaupun biasanya semua berjalan dengan lancar, namun ketika situasi mulai berbahaya, Nami biasanya menggunakan tongkat yang bisa dibagi menjadi tiga untuk menghadapi mereka.

Masih belum diketahui asal-usul senjata tersebut, namun mungkin Nami menemukannya di sebuah tempat dalam petualangannya. Usopp melihat Nami nyaman dengan model tersebut, sehingga Usopp menciptakan Clima Tact dengan desain yang sama dengan tongkat tersebut.

“Tempo” Berarti “Cuaca” Dalam Bahasa Italia

Setiap karakter memiliki jurus andalan mereka masing-masing. Sama halnya dengan para pengguna buah iblis yang menamai jurus mereka sesuai dengan buah iblis yang mereka makan. Nami sendiri memberi nama jurusnya sesuai dengan yang dia kuasai yaitu cuaca. Setiap gerakan atau jurus yang dipraktikan Nami, dia selalu menambahkan kata “Tempo” di awal.

Pemilihan kata ini sebenarnya merupakan pilihan kata yang cerdas. Dalam bahasa Inggris atau pun indonesia, “Tempo” berarti ketukan musik atau alur. Namun, dalam bahasa Italia kata tersebut berarti “Cuaca,” yang mana semakin jelas dengan konteksnya.

Tanpa Clima Tact Nami Tidak Berdaya

Nami hanyalah orang biasa yang harus berjuang bertahan hidup sebagai salah satu kru Arlong pad awalnya. Hal inilah yang membuatnya harus jauh lebih kuat dibandingkan yang lain, baik secara fisik atau mental. Meskipun begitu, Nami tidaklah sekuat kebanyakan bajak laut di New World. Lain halnya ketika dia memiliki Clima Tact, di mana dia mampu memenangkan berbagai pertarungan. Nami bahkan bisa mengalahkan salah satu kru Yonko. Tanpa adanya Clima Tact, Nami tidak bisa berbuat banyak.

Memiliki Tempat Penyimpanan Yang Luas

Terbuat dari apa sebenarnya Clima Tact? Inilah yang menjadi pertanyaan besar saat ini. Clima Tact terlihat sangat ringan bagi Nami untuk bisa digunakan secara nyaman. Namun, di dalamnya terdapat berbagai hal yang bisa membantu Nami dalam pertarungan. Yang paling baru, Zeus, yang dulunya menjadi Homies milik Big Mom, mengatakan bahwa Clima Tact adalah tempat yang nyaman. Apakah artinya di dalam Clima Tact terdapat ruang yang luas dan besar? Yang pasti, Clima Tact dibuat dengan perhitungan yang sangat baik dan memiliki hal yang luar biasa.

Tidak Lagi Dibagi-bagi

Sorcery Clima Tact yang digunakan oleh Nami saat ini adalah versi terakhir dan “sempurna” dari senjata ini – setidaknya untuk sekarang. Sorcery Clima Tact pertama kali muncul pasca time-skip, namun baru diberi nama setelah Usopp dan Franky mencobanya. Usopp sepertinya memiliki cara untuk semakin membuat Clima Tact praktis. Tidak lagi dibagi menjadi tiga bagian, namun Clima Tact bisa mengecil atau memendek sesuai keinginan Nami.

Memiliki Teknologi Greenstone

Pasca time-skip, Usopp membawa banyak sekali Pop Green dari Greenstone. Pop Green menjadi senjata andalan dari Usopp. Usopp juga ternyata mengaplikasikan Pop Green ke dalam Sorcery Clima Tact Nami. Mungkin inilah alasan mengapa Sorcery Clima Tact memiliki kemampuan yang jauh lebih hebat dan menarik, seperti halnya Kuro Kabuto milik Usopp. Itu artinya, Clima Tact milik Nami memiliki teknologi yang sangat canggih, yang mungkin bisa menipu orang-orang dengan menganggapnya sebagai tongka

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.