Sebagian besar orang-orang mungkin mengenal sosok Goku atau Vegeta sebagai Saiyan yang mempopulerkan form Super Saiyan. Dan dalam ceritanya, Goku adalah sosok yang diperlihatkan pertama kali menggunakan form tersebut di cerita Dragon Ball. Namun, sebenarnya orang pertama yang pertama kali menggunakan form Super Saiyan bukanlah Goku melainkan sosok lainnya bernama Yamoshi.

Goku pertama kali diperlihatkan mengakses kekuatan Super Saiyan ketika dia marah besar di Frieza Saga, karena kematian Krillin. Dan kematian tersebut yang menyebabkan Goku kemudian bisa mengakses Super Saiyan. Perubahan tersebut benar-benar mengejutkan banyak orang. Bagi para Saiyan, mampu mengakses Super Saiyan adalah sebuah pencapaian yang sangat luar biasa.

Pada saat ini, sudah ada banyak Saiyan yang bisa mengakses bukan hanya form Super Saiyan saja, namun juga yang jauh lebih kuat, seperti Super Saiyan 3 atau bahkan Super Saiyan God. Dalam cerita di franchise Dragon Ball, ada karakter lain yang sudah terlebih dahulu mengakses form tersebut berabad-abad sebelumnya. Sosok tersbeut sempat disebutkan oleh Frieza dan Vegeta di seri Dragon Ball Z.

Hal tersebut menjadi indikasi awal bahwa bukan Goku yang pertama kali melakukannya. Akira Toriyama, selaku kreator serinya, mengkonfirmasi bahwa sosok yang pertama kali mengakses form Super Saiyan adalah Yamoshi. Menurutnya, Yamoshi adalah seorang pejuang yang heroik yang bertarung bersama lima orang Saiyan. Dalam petualangannya, Yamoshi kemudian mampu mengakses kekuatan Super Saiyan.

Sayangnya, pada saat itu, kekuatan yang dia dapatkan tidaklah cukup. Yamoshi harus kehilangan nyawanya, dan jiwanya pun terlepas. Sejak saat itu, jiwa dari Yamoshi terus mencari sosok enam orang Saiyan yang dirasa pantas untuk menggunakan kekuatannya. Cerita masa lalu Yamoshi terkoneksi dengan Battle of God Saga dalam seri Dragon Ball Super.

Sepertinya sosok Yamoshi adalah form Super Saiyan God. Jiwanyalah yang kemudian menciptakan hal tersebut. Sosoknya sempat muncul sekilas saat ritual yang dilakukan oleh Goku untuk mengumpulkan lima jiwa Saiyan untuk membantunya menjadi Super Saiyan God demi mengalahkan Beerus. Siluet dari Yamoshi (karakter yang terinspirasi dari sosok Vegeta secara desain) bisa terlihat saat momen ritual tersebut.

Super Saiyan God - Ultimate Guide [Yamoshi, Goku, Vegeta, etc]Kemudian saat Goku kalah dari Beerus, Goku mengungkapkan bahwa dia sudah berbicara kepada “sang kekuatan Super Saiyan God,” yang memintanya untuk tidak menyerah. Berdasarkan hal tersebut, sepertinya Yamoshi sendiri yang sudah berkomunikasi langsung dengan Goku. Sedangkan film Dragon Ball Z: Battle of Gods memberikan pandangan yang sedikit berbeda tentang asal-usul Yamoshi.

Dengan Yamoshi hanya muncul sekilas namun, tidak pernah dibahas secara penuh di anime atau juga di manganya, sepertinya sosoknya masih akan terus menjadi misteri di franchise Dragon Ball. Mudah-mudahan saja sosok Yamoshi akan dijelaskan pada masa yang akan datang.