DC Comics tidak pernah kekurangan tim superhero. Mulai dari Justice Society of America yang merupakan cikal bakal dari berbagai tim superhero yang ada di DC Comics, the Legion of Superheroes, Justice League, atau Teen Titans. Ada banyak sekali tim superhero yang siap menjaga bumi dari serangan alien, supervillain, dan lain-lain.

Namun, yang perlu dipahami adalah tidak semua tim superhero sama. Tidak semua pahlawan bisa memiliki jumlah anggota yang banyak seperti Legion of Superheroes, atau memiliki kekuatan seperti halnya Justice League. Beberapa kelompok memang tidak diciptakan untuk skala yang masif. Beberapa tim pahlawan sengaja dibentuk untuk kelas villainnya sendiri. Lalu, siapa saja mereka?

Gotham Knights

Gotham Knights merupakan tim pahlawan yang dibentuk oleh Batman dan hanya beroperasi di kota Gotham saja. Mereka adalah Batman, Batwoman, Red Robin, Spoiler, Orphan, Batwing, Azrael, dan Clayface. Ide dari dibentuknya tim pahlawan ini adalah karena Gotham butuh tim yang lebih teorganisir dengan baik, karena Gotham tidak terkoneksi dengan superhero lainnya.

Tim ini sengaja dibentuk untuk menghadapi berbagai kriminal kelas jalanan dan juga supervillain yang memang beroperasi di Gotham. Meskipun mereka bisa menghadapi monster kaiju yang dilepaskan oleh Hugo Strange, namun mereka tidak diciptakan dan memiliki cukup kekuatan untuk bisa menghadapi ancaman yang dihadapi oleh para Justice League.

Freedom Fighters

Freedom Fighters merupakan tim patriotik yang berasal dari Earth X. Di Earth tersebut diceritakan bahwa Nazi menang dalam perang dunia kedua, dan Freedom Fighters adalah pelindung terakhir dari bumi untuk menghadapi Nazi. Tim tersebut dibentuk sebagai bagian dari New Earth setelah apa yang terjadi di cerita Crisis on Infinite Earth dan sudah berinteraksi dengan Justice League atau Teen Titans. Sayangnya mereka semua harus diganti.

Tim ini memiliki kekuatan yang cukup kuat berkat Ray dan Uncle Sam. Namun, kekuatan dari Uncle Sam sendiri tergantung dari seberapa patriotisnya America pada saat itu. Tim ini juga memiliki karakter lain bernama Human Bomb, yang seperti namanya, kekuatannya bisa memberikan dampak yang buruk juga terhadap rekan-rekannya.

S.H.A.D.E.

S.H.A.D.E. atau Super-Human Advanced Defence Executive, merupakan sebuah tim pahlawan super bentukan pemerintah yang terkoneksi dengan Freedom Fighters. Yang berbeda, mereka semua ada di timeline utama DC. Tim ini terdiri dari Major Force, the Ray, bahkan juga the Atom merupakan bagian dari timnya. Namun, dalam versi terbaru S.H.A.D.E. juga kedatangan sosok Frankensetin dan Crature Commandos.

The Outlaws

Dalam New 52, Red Hood mengumpulkan superhero lainnya seperti Starfire dan the Arsenal untuk memudian membentuk sebuah tim yang dikenal sebagai the Outlaws. Dibandingkan dengan anggota lainnya, Starfire bisa dibilang lebih mencolok dalam segi kekuatan. Kemudian Red Hood menghadirkan sosok Bizarro dan Artemis untuk membuat the Outlaws semakin menjadi kuat. Sayangnya, kondisi fisik Bizarro dan juga terbatasnya anggota tim ini, membuat the Outlaws jarang terlibat dalam pertempuran besar.

The Metal Men

Metal Men adalah kumpulan karakter klasik DC yang kurang mendapatkan popularitas di era modern ini. Metal Men merupakan tim yang berisi para robot bernama Gold, Metal, Platinum, Lead, Iron, Mercury, Tin, dan Copper. The Metal Men dipimpin oleh karakter bernama Doc Magnus. Meskipun terdapat beberapa kemampuan unik dari para anggota Metal Men ini yang menyesuaikan nama mereka, namun sebagian besar mereka memiliki kemampuan dan kekuatan yang sama. Itu artinya mereka juga memiliki kelemahan yang sama.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2