Luffy adalah karakter yang cukup unik dalam serial One Piece, sebab dia telah menjadi seorang kapten bajak laut sejati di umurnya yang masih muda. Selain itu, Luffy telah menjadi karakter yang sangat kuat dan luar biasa tekun dalam meniti jalannya menjadi seorang raja bajak laut. Itu sebabnya, banyak para penggemar menganggap Luffy bisa melampaui mendiang Roger sebagai raja bajak laut suatu saat nanti, lantas apakah itu benar?

Salah satu kekuatan alami yang dimiliki Luffy, adalah bisa mengubah lawan menjadi kawan. Mihawk pernah berkata, bahwa itu adalah kekuatan alami Luffy yang sangat berbahaya, sebab, itu akan membuat Luffy memiliki banyak sekutu dan tidak memiliki musuh, sehingga banyak yang akan mendukung segala tindakan Luffy sebagai raja bajak laut suatu saat nanti.

Luffy juga tergolong sebagai orang yang bebas, dia tidak pernah ingin menjadi seperti Shirohige yang memiliki sebuah armada besar, Luffy hanya menginginkan sebuah kebebasan melakukan apapun. Sifat bebas Luffy yang menjadikannya bisa melampaui Roger, sebab Roger di masa lalu juga mengatakan, salah satu syarat menjadi seorang kapten bajak laut sejati adalah memiliki sifat yang sangat bebas.

Luffy telah memiliki beberapa kriteria yang mungkin bisa membuatnya melampaui Roger suatu saat nanti, namun terlepas dari itu semua, ada yang menganggap Luffy memang telah ditakdirkan sebagai pembawa perubahan di era sekarang. Beberapa karakter di One Piece juga meyakini, bahwa Luffy adalah pewaris Joy Boy di era sekarang, dan juga telah menjadi seorang yang terpilih untuk membebaskan beberapa bangsa dari penindasan, seperti yang saat ini dia lakukan di Negeri Wano.

Bahkan, Luffy juga menjadi orang yang berani menghajar Tenryuubito secara terang-terangan jika mereka melakukan kesalahan, sehingga Luffy tidak pernah memaafkan ketidakadilan dalam bentuk apapun. Meski Roger telah menjadi raja bajak laut di eranya, namun tidak pernah ada laporan apapun mengenai Roger yang berani menantang Pemerintah Dunia dan menghajar Tenryuubito. Oleh sebab itu, lewat keberanian dan kebebasan yang dimiliki Luffy, dia telah menjadi seorang kapten bajak laut yang bisa melampaui Roger.