Dengan semua teknologi dan kecerdasan yang dimiliki, Tony Stark mungkin bisa dibilang adalah karakter yang memiliki armor paling populer di seluruh Marvel Universe. Namun, meskipun Iron Man akan menang dalam kontes popularitas, armor yang dimiliki oleh Doctor Doom akan menang jika dibandingkan dengan armor Iron Man dalam masalah ketahanan atau daya tahan.

Seperti yang kita ketahui, Victor von Doom atau Doctor Doom merupakan musuh bebuyutan dari Fantastic Four, dan dia dikenal memiliki penampilan yang mencolok. Tubuh dan wajahnya ditutupi oleh armor atau baju pelindung, serta jubah berwarna hijau. Dengan desain baju pelindungnya mirip baju pelindung di era abad pertengahan, membuat penampilan Doom terasa begitu sangar dan mengerikan.

Meskipun secara desain armor Doctor Doom terlihat kuno, teknologi di balik semua itu tidaklah sekuno penampilannya. Ada perpaduan ilmu pengetahuan dan sihir yang membuat armornya menjadi yang paling kuat di seluruh universe Marvel. Armor dari Doctor Doom digerakan oleh tenaga nuklir, dan terbuat dari bahan tutanium dan ditempa kekuatan sihir di sebuah biara di Tibet.

Doom sudah sejak kecil diajarkan kekuatan sihir oleh sang ibu. Kecerdasan Doom setara dengan Reed Richards, Bruce Banner, dan Tony Stark, namun Doom memiliki kelebihan dalam hal kekuatan sihir yang membuatnya bisa menciptakan sebuah armor yang sangat kuat. Secara garis besar, armor dari Doctor Doom bisa melakukan apa yang biasa dilakukan oleh armor Iron Man, di mana terdapat sistem untuk terbang dan bertahan.

Armor miliknya ini juga sangat berguna untuk melakukan perjalanan waktu. Dari segi persenjataan, armor Doctor Doom memiliki keunikannya sendiri seperti ledakan elektrik dan pelumpuh (concussive). Jika Iron Man bisa menembakan laser atau meriam dari telapak tangannya, maka Doom bisa melakukannya dari jari-jarinya. Dan karena inilah armor Doctor Doom jauh lebih mengerikan dan berbahaya dibandingkan armor Iron Man.

Perbedaan sifat dan karakter penggunanya memengaruhi desain dari armor tersebut. Ada banyak tambahan dan perubahan yang diperlihatkan oleh Marvel selama kemunculannya di Marvel Comics. Namun, bukan senjata yang membuatnya berbahaya melainkan kemampuan Doom dalam meningkatkan dan menguasai persenjataan di armor tersebut. Dengan kekuatan dan daya tahan yang sangat luar biasa, sering kali armor ini berhasil melindungi nyawa dari Doctor Doom, dalam berbagai situasi apa pun.

Karena hal inilah Doom memiliki kemampuan luar biasa sebagai seorang penyihir dan psionic. Selain bisa menembakan berbagai persenjataan dan meningkatkan serangan sihirnya, armor tersebut juga bisa mempercepat penyembuhan dari Doctor Doom. Doctor Doom adalah salah satu karakter yang paling kompleksdi Marvel Universe. Tetapi, dengan armor miliknya, dia menjadi salah satu karakter terkuat di universe tersebut.