Para Eternal sudah bersiap untuk mengambil alih MCU Phase 4 setelah para Avengers menyelesaikan tugas mereka di Infinity Saga. Pilihan Eternals sebagai “proyek selanjutnya” menandakan bagaimana Marvel Studios memiliki akses yang luas dan bebas terhadap komiknya. Ada banyak hal yang mungkin belum diketahui tentang para Eternals ini. Satu hal yang penting adalah mereka merupakan ciptaan dari Celestials.

MCU sendiri sudah memperlihatkan sekilas para Celestials melalui film Guardians of the Galaxy. Knowhere sendiri merupakan sebuah wilayah yang sebenarnya ada di dalam kepala salah satu Celestials yang sudah tewas. Filmnya juga memperlihatkan salah satu Celestials sedang menggunakan Power Stone. Film Eternals sepertinya akan menjadi jalan bagi Marvel untuk bisa memperkenalkan para Celestials lebih dalam.

Sampai saat ini, peran dari para Celestials di film Eternals sendiri masih belum diketahui. Namun, ada spekulasi yang menyebutkan bahwa mereka akan berperan sebagai antagonis, terutama mereka dikenal sebagai The Fourth Host. Apa itu Fourth Host? Untuk memahaminya, kita perlu melihat bagaimana para Celestials beroperasi di universe Marvel ini.

https://static2.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2017/05/celestials.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Para Celestials sendiri kali dikenal sebagai “gardeners” atau tukang kebun dan juga ‘champions of evolution’ dari seluruh planet-planet yang ada di dalam raya Marvel. Mereka sering menanami planet-planet yang ada dengan kehidupan, membentuk evolusi yang ada, dan mereka juga akan memutuskan planet mana yang dianggap layak untuk bertahan. Planet yang dianggap gagal akan langsung dihancurkan.

Dengan kekuatan dahsyat tersebut, para Celestials juga sering kali dianggap sebagai sosok yang jahat, meskipun mereka sebenarnya adalah kelompok yang netral di alam raya Marvel. Seperti halnya Galactus, penghancuran yang mereka lakukan memiliki tujuan bagi alam raya tersebut, yang tidak lain adalah keseimbangan. Di komiknya sendiri, para Celestials diceritakan pernah mengunjungi bumi selama beberapa kali.

Proses mengunjungi bumi ini disebut Hosts, dengan First Hosts atau kunjungan pertama terjadi ketika Avengers dari zaman baru berhasil mengalahkan seorang Celestials jahat bernama Zgreb. First Host diceritakan berhasil mengalahkan para Avengers dan kemudian melakukan eksperimen terhadap manusia, yang kemudian melahirkan dua ras baru: Deviants dan Eternals.

https://static1.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2017/07/Marvel-Celestials.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Mereka kemudian pergi, dan kembali lagi sekitar 16000 sebelum masehi untuk mengecek hasil eksperimen mereka. Namun, mereka justru menemukan bahwa ras Deviants menghadirkan konflik dengan manusia lainnya, termasuk Atlanteans dan Eternals. Konlik tersebut berujung pada tenggelamnya Atlantis, yang terus bertahan sampai sekarang.

Third Hosts kemudian memperlihatkan para Celestials kembali ke bumi untuk kembali melihat bagaimana perkembangan genetik dan evolusi hasil eksperimen mereka di bumi. Namun, yang mereka lakukan ternyata membuat para dewa yang dikenal sebagai Sky Fathers marah. Sky Fathers merupakan kelompok dewa yang berusaha melindungi bumi. Mereka terdiri dari Odin, Zeus, dan Vishnu.

Mereka berusaha ikut campur dalam eksperimen yang dilakukan oleh Celestials ini, namun pada kenyataannya kekuatan para dewa tersebut tidak sebanding dengan kekuatan kosmik dari para Celestials. Untuk melindungi bumi (dan mereka), akhirnya ketiga dewa tersebut sepakat untuk tidak menganggu desain Celestials yang ada di bumi selama 1000 tahun. Meskipun begitu, hal ini memunculkan kebencian dan rasa tidak percaya yang besar dari Odin terhadap Celestials.

https://static1.cbrimages.com/wordpress/wp-content/uploads/2020/07/The-Eternals-Volume-3.jpg?q=50&fit=crop&w=740&h=370&dpr=1.5Fourth Host, dan kelompok yang kemungkinan akan muncul di film Eternals nanti, akan kembali datang ke bumi untuk melihat hasil eksperimen mereka. Mereka mengurung diri mereka di sebuah kubah besar yang tidak tertembus apapun, yang ada di wilayah selatan Amerika, terpatnya di dataran tinggi Inca. Di dalamnya, para Celestials mengumpulkan berbagai makhluk hasil ciptaan mereka.

Odin kembali tidak setuju dan bertarung melawan Celestials, kali ini dia mendapatkan bantuan dari anaknya, Thor, dan juga para Eternals. Namun, kembali, kekuatan aliansi ini tidak cukup mampu menghadapi kekuatan Celestials – sampai kemudian Elder God of Earth, Gaea, muncul. Celestials kemudian diberikan “buah tangan” oleh para dewa di bumi berupa 12 spesimen dari masing-masing dewa bumi.

Para Celestials pun kemudian pergi dari bumi, dan peristiwa tersebut kemudian dihapus dari ingatan dan sejarah manusia. Dengan Odin yang sekarang sudah tidak ada lagi di MCU, ada kemungkinan besar bahwa cerita Fourth Host ini tidak akan sesuai seperti yang terjadi di komiknya. Ada kemungkinan juga bahwa peristiwa Celestials menghapus ingatan seluruh manusia menjadi alasan mengapa para Eternals tidak pernah muncul dalam berbagai peristiwa besar yang terjadi. Jadi, merekalah alasan Ikarus dan para Eternals lainnya tidak sadar dan tidak mau membantu para Avengers.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.