Beberapa waktu belakangan banyak fans yang mengatakan bahwa Usopp atau Nami akan mengalahkan Page One dan juga Ulti. Meskipun mereka tidak memiliki Haki atau kekuatan yang cukup, hal itu dianggap masih mungkin terjadi semata-mata karena plot yang sudah disiapkan oleh Eiichiro Oda alias dengan kata lain adalah adanya plot armor.

Kemudian, para fans juga sempat mengatakan bahwa Luffy akan mampu mengalahkan Kaido sendirian, setelah dia berhasil bangkit dari kekalahannya yang sebelumnya yang mana Luffy mampu dikalahkan dengan mudah, hanya satu serangan. Di sisi lain, cerita One Piece sudah mencapai lebih dari dari 1000 chapter dan Luffy akan segera menjadi karakter dengan level Yonko.

Alasan yang paling banyak digunakan untuk memunculkan dua opini tersebut adalah Oda Sensei lebih peduli terhadap alur plot atau alur cerita kedepannya, dibandingkan dengan powerscalling atau mengukur kekuatan para karakter. Arc Water 7 atau Enies Lobby sering kali dijadikan contoh untuk hal ini. Namun, tentu ada perbedaan besar yang diperlihatkan dari arc tersebut dan arc Wano yang sedang berjalan.

Colored version of the last page from Chapter 1013 : OnePieceSalah satu yang mencolok adalah lawan yang dihadapi Luffy dan kelompok Topi Jerami. CP-9 mungkin adalah kelompok yang berisikan karakter kuat. Namun, kekuatan mereka tidaklah lebih hebat dari para Yonko yang dihadapi Luffy sekarang. Dengan kata lain, Luffy dan kelompok Topi Jerami memang bisa dengan mudah tumbuh dan mengembangkan kemampuannya diantara orang-orang yang memang levelnya bukan yang terkuat di universe One Piece.

Momen Big Mom yang mengalahkan Page One dan Ulti (yang mana hal itu untuk mempermudah Nami dan Usopp untuk menghadapi mereka nanti) dan Luffy yang kembali kalah dari Kaido (sampai dia mendapatkan bantuan) seolah memberikan bukti bahwa Oda masih peduli terhadap nilai dari kekuatan seseorang alias powerscaling. Oda mungkin sadar bahwa dia tidak bisa menghadirkan kemenangan yang dipaksakan.

Jika hal itu terjadi, para fans tentu akan menyadarinya dan bukan tidak mungkin mereka akan kecewa. Para fans bisa merasakan bahwa kemenangan tersebut dipaksakan, dan terkesan terburu-buru. Bukan tidak mungkin bila hal ini terjadi, maka cerita kedepannya akan sangat kacau. Seperti dibahas di artikel sebelumnya, kemenangan Luffy mungkin bis amenjadi pertanda yang baik.

Chapter 1013 proves Oda does care about Power Scaling - One PieceDi chapter sebelumnya, Luffy sempat percaya diri bahwa dia bisa mengatasi Kaido sendirian. Luffy tidak sadar bahwa yang dia hadapi adalah bukan bajak laut sembarangan. Kaido adalah Yonko yang dikenal sebagai sosok yang abadi, sulit untuk tewas. Logikanya, angkatan laut pun kesulitan untuk membunuh Kaido, apalagi Luffy sendirian. Kekalahan Luffy untuk kedua kalinya bisa menjadi pengingat bagi Luffy bahwa dia tidak bisa melakukan semuanya sendiri.

Luffy perlu menyadari bahwa dia masih belum kuat. Tidak ada salahnya Luffy mengakui bahwa dia tidak bisa menghadapi Kaido sendirian, dan dia butuh bantuan. Tinggal yang menjadi pertanyaan adalah siapa yang akan membantu Luffy mengalahkan Kaido. Apakah kelompok Topi Jerami? Seperti yang terjadi di arc Thriller Bark dulu. Apakah para Worst generation lainnya? Atau justru ada pihak lain yang akan muncul? Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.