Serial Naruto telah menjadi salah satu legenda yang saat ini masih hangat untuk diperbincangkan. Meski telah tamat, ada beberapa topik yang terkadang luput dari perhatian para penggemar. Salah satunya adalah mengenai ditunjuknya Kakashi sebagai guru dari Tim 7 yang terdiri dari Naruto, Sakura dan Sasuke.

Ketika seorang shinobi telah lulus dari akademi ninja, mereka akan dibuat menjadi beberapa tim. Satu tim terdiri dari tiga orang dan ditambah satu Jounin yang bertugas untuk bertanggung jawab atas tingkah laku ketiga anak didiknya. Saat Kakashi pertama kali mendapat kabar bahwa dia akan menjadi guru bagi tim 7, itu atas perintah dari Sandaime.

Alasan kenapa Sandaime menugaskan Kakashi di tim 7 adalah untuk mengawasi Naruto dan Sasuke sekaligus. Itulah kenapa pada akhirnya Naruto dan Sasuke menjadi satu tim, alasannya karena saat itu Sasuke masih dalam masa rentan karena telah mengetahui fakta bahwa semua anggota klannya dibunuh oleh Itachi (kakaknya sendiri), termasuk kedua orang tuanya.

Sandaime khawatir, Sasuke terjerumus ke arah Kegelapan dan hanya agar ingin membalaskan dendamnya kepada Itachi. Sedangkan Naruto juga harus mendapat pengawasan karena Kyubi yang ada di dalam tubuhnya. Saat itu Naruto memang masih bocah, namun dia akan menghadapi banyak masalah jika sewaktu-waktu Kyubi mengamuk menggunakan tubuh Naruto yang saat itu masih rentan, karena masih bocah. Selain itu, beberapa desa tetangga telah menaruh curiga pada Konoha yang masih menyimpan Kyubi di dalam tubuh seorang Jinchuriki. Oleh sebab itu keselamatan Naruto memang menjadi salah satu prioritas saat itu.

Oleh sebab itu, Sandaime mempercayakan dua tugas sekaligus pada Kakashi agar lebih efisien. Dan dengan kedok menjadi guru dari Sasuke dan Naruto di tim 7, Kakashi bisa menjalankan perannya dengan baik tanpa perlu membuat curiga siapapun. Kakashi memang ahli dalam menyamar dan membuat sebuah rencana, terlepas dari banyaknya kesalahan yang telah diperbuat oleh Kakashi, dia adalah mantan Anbu dan juga Jounin terbaik di angkatannya.