Pada hakikatnya, seseorang dijuluki superhero karena ia menjadi pelindung dengan kekuatan supernya. Namun bagaimana jadinya jika para superhero justru membelot dan menjadi supervillain? Apalagi jika para superhero tersebut adalah sosok ikonik dengan kemampuan super yang sulit ditaklukan. Tentu menyeramkan bukan? Dibawah ini adalah beberapa momen saat para superhero ikonik berubah menjadi supervillain. Langsung aja simak ya Geeks!

1Superman : Injustice

Injustice adalah hasil kolaborasi dari DC dan NetherRealm Studios yang duduk satu meja dan mengajukan beberapa pertanyaan. Salah satunya adalah “bagaimana kita bisa membenarkan Superman melawan Batman?” Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah membuat Superman jahat, yang harus mereka lakukan dengan cara tertentu yang tidak membuat hal itu tidak terdengar bodoh.

Akhirnya, cerita dibuat dengan Joker yang mengendalikan Superman. Dalam kebingungannya, Superman mengira istrinya, Lois Lane yang tengah hamil adalah Doomsday dan secara tidak sengaja membunuhnya. Seakan itu tidak cukup, sebuah nuklir telah dibajak dan menghancurkan Metropolis, kota dimana Superman tumbuh dewasa. Kehancuran itu sangat berarti bagi kehidupan Superman dan membuat dia tersentak, dan membuatnya menjadi hakim, juri, dan algojo jalanan.

2Scarlet Witch: House Of M

Setelah mengalami gangguan mental, kekuatan Wanda Maximoff menjadi begitu kuat, bahkan Profesor X dan Doctor Strange tidak dapat menahannya. Karena takut dengan apa yang bisa dilakukannya, para Avengers dan X-Men berdebat untuk membunuhnya atau tidak, karena pada dasarnya itulah satu-satunya cara untuk menghentikannya agar tidak menjadi nuklir penghancur’.

Setelah mendengar ini, saudaranya, Quiksilver, mengatakan pada Scarlet Witch untuk “membuat kenyataan di mana semua orang bahagia”, ia lalu melakukannya dan semua berjalan lancar pada awalnya. Peter Parker menikah dengan cinta pertamanya Gwen Stacey dan Cap America yang baik menikmati hidup sebagai veteran pensiunan. Namun tidak dengan Wolverine yang menyadari bahwa hal tersebut tidaklah nyata.

Superhero lain pun akhirnya tersadar, dan terlibat dalam pertarungan besar yang mendorong Scarlet Witch untuk mengucapkan “Tidak ada mutan lagi”. Ucapannya lalu membuat 90% kemampuan mutan hilang, tidak hanya di Bumi, namun seluruh multiverse.

3Captain America: Secret Empire

Secret Empire pada dasarnya berkisah tentang Captain America yang mengungkapkan bahwa dirinya adalah agen Hydra. Kisah ini dimulai, dengan Chitauri yang mencoba menyerang Bumi karena perisai bumi yang dibuat oleh SHIELD terlepas dan menyebabkan ancaman bisa masuk.

Para pemimpin dunia panik dan Captain America diberi kontrol penuh terhadap militer Amerika. Moment tersebut menjadi kesempatannya untuk menunjukan ‘warna’ sebenarnya. Ia lalu mengembalikan perisai pelindung dan membuat para superhero terjebak diluar angkasa. Ia juga mengambil alih kepemimpinan planet ini atas nama Hydra dan memerintah dengan otoriter. Ternyata apa yang terjadi adalah Red Skull mengubah ingatan Steve Roger menggunakan Cosmic Cube, tapi Captain America ‘original’ kembali dan mengunci Captain Hydra di penjara dengan keamanan maksimum.

4Cyclops: Avengers Vs X-Men

Kisah ini sangat fenomenal, Avengers vs X-Men terjadi ketika entitas kosmik bernama Phoenix Force mendekati Bumi, Hope Summers diasumsikan sebagai tuan rumah berikutnya. X-Men dan the Avengers terpecah tentang bagaimana menangani situasi ini. X-Men percaya bahwa Phoenix Force akan memberi tahu kelahiran kembali Spesies Mutan, sementara Avengers percaya bahwa ini akan mengakhiri semua kehidupan di Bumi. Hal ini menyebabkan perang antara dua kelompok superhero terbesar di Marvel Universe.

Disatu sisi, setelah Iron Man memecah Phoenix Force, membuat Cyclops bersama Emma Frost, Colossus, Magik dan Namor membentuk fraksi yang disebut dengan Phoenix Five. Mereka menekankan untuk menghentikan perang dan membangun sebuah benteng untuk mutan dan mendistribusikan makanan keseluruh dunia. Namun Avengers tidak mempercayai Phoenix Five dan menunggu sampai mereka kehilangan kontrol dan menjadi destruktif. Cyclops menyadari jika mereka harus memenjarakan beberapa anggota Avengers. Pertempuran terjadi dan satu persatu anggota dari Phoenix Five jatuh.  Cycplos yang kehilangan kontrol lalu membunuh Profesor Xavier saat Xavier hanya mencoba untuk berbicara kepadanya dan menjadi Dark Phoenix.

5Green Lantern: Emerald Twilight

Setelah Coast City dihancurkan oleh Mongul dan Cyborg Superman, Hal Jordan mencoba untuk menciptakannya kembali. Bahkan jika itu berarti menghancurkan semua yang dia percaya dan membunuh temannya sendiri.

Dimulai dengan Hal yang berada di tengah-tengah tempat apa yang dulu adalah Coast City, ditengah kesedihannya, Hal menggunakan cincinnya untuk menciptakan kembali kota tersebut, dengan detail sampai ke orang-orang yang sebelumnya meninggal, termasuk ayahnya. Ketika energi cincinnya habis, salah satu Penjaga Alam Semesta menghubunginya melalui proyeksi holografik untuk mengatakan kepadanya bahwa dia telah melanggar peraturan prinsip Green Lantern Corps, yang melarang Lanterns menggunakan cincin mereka untuk keuntungan pribadi. Marah mendengar hal tersebut, ia lalu menyedot energi dari proyeksi tersebut dan memulai perjalanannya ke planet Oa, dengan maksud menggunakan energi dari Central Power Battery of Oa untuk menciptakan Coast City secara permanen.

Ketika Jordan tiba di Oa, dia dipaksa untuk melawan supervillain, Sinestro, yang telah dibebaskan dari Central Power Battery oleh Guardian. Jordan membunuh Sinestro, begitu juga rekannya sesama Green Lantern, Kilowog. Hal lalu mengambil semua energi di Central Power Battery, dan ketika dia kembali dengan kekuatan yang lebih dahsyat, dia memiliki kostum baru dan mengambil nama sebagai Parallax.

Nah, itu dia beberapa momen ketika para superhero membelot menjadi supervillain. Sebenarnya, masih banyak karakter superhero lain yang berbalik arah menjadi supervillain. Namun, dari sekian banyak, karakter-karakter diataslah yang akan memberi dampak paling mengerikan setelah menjadi supervillain. By the way Geeks, stay tune di Greenscene.co.id untuk konten features lainnya seputar pop culture entertainment.