Baru-baru ini waralaba Dragon Ball mengungkapkan kekejaman yang dilakukan oleh Vegeta di masa lalu. Sebelumnya fakta ini terabaikan karena ada beberapa kejadian yang lebih penting untuk dibahas, dan lagi Vegeta saat ini sudah tidak lagi menjadi jahat. Namun kejahatannya pada bangsa Namek di masa lalu tidak bisa dilupakan dengan mudah. Sebelumnya Vegeta memang bukan karakter yang murni baik. Vegeta merupakan salah satu dari bekas pasukan Frieza yang dengan senang hati menginvasi planet lain.

Salah satu kekejaman Vegeta di masa lalu adalah membunuh Nappa karena gagal membunuh Goku, dia juga dengan sangat senang mengunjungi planet Namek untuk membantai cukup banyak Namekian hanya demi mencari bola naga yang mereka miliki. Vegeta di masa lalu adalah orang yang sangat serakah dengan kekuatan dan juga merupakan musuh yang sangat berbahaya. Vegeta juga tidak segan-segan untuk membunuh bocah kecil jika memang itu yang harus dia lakukan untuk mencapai tujuannya.

Fakta mengenai kekejaman Vegeta saat menjadi sekutu Frieza memang tidak terungkap secara mendetail. Namun melihat apa yang telah Vegeta lakukan di planet Namek, nampaknya membuktikan bahwa dia memang sangat jahat dan juga kejam. Bahkan Vegeta sangat menikmati sensasinya membunuh banyak makhluk hidup di masa lalu. Tapi sekarang Vegeta telah berubah sangat jauh dengan masa lalunya yang sangat buruk.

Vegeta sekarang telah menjadi salah satu dari Z-Warrior, suami yang sangat mencintai istrinya yaitu Bulma, ayah yang baik dan tegas bagi Trunks, dan sekutu yang sangat membantu Goku dalam susah maupun senang. Meski terkadang Vegeta masih sering berkompetisi dengan Goku untuk menjadi yang terkuat, namun hal itu dia lakukan tidak lebih hanya agar melatih kemampuannya bertarung.

Awalnya pembahasan mengenai masa lalu Vegeta berasal dari arc Galactic Patrol Prisoner untuk manga Dragon Ball Super. Saat itu adalah momen Vegeta mengakui kesalahan yang telah dia lakukan di masa lalu dan juga bersamaan dengan datangnya penjahat baru di serial DBS yaitu Moro. Saat itu Moro datang untuk menyerang warga Namek, dan Vegeta ikut turun untuk menolong mereka dari serangan Moro. Saat itu Vegeta mengakui kesalahannya di masa lalu kepada bangsa Namek dan berniat untuk menebus semua kesalahannya dengan melindungi warga Namek dari serangan musuh.

Sebelum Arc Moro, waralaba Dragon Ball menampilkan Tien dan Piccolo yang masih meragukan Vegeta sebagai sekutu mereka saat di Arc Android. Namun pada saat itu, pembahasan mengenai masa lalu Vegeta masih belum muncul. Untungnya seiring berjalannya waktu keraguan dari anggota Z-Warriors yang lain pada Vegeta secara perlahan berkurang. Sehingga Vegeta juga memanfaatkan hal ini untuk mengalahkan Frieza dan menebus apa yang telah dia lakukan di masa lalu.

Momen perjalananan hidup Vegeta mengajarkan kepada para penggemar mengenai seorang karakter yang sangat jahat, namun secara berkala berubah menjadi baik. Proses yang Vegeta alami tidaklah mudah, dia harus meyakinkan orang-orang yang dulu adalah musuhnya, untuk menerimanya sebagai kawan. Selain itu Vegeta juga harus menerima prasangka buruk di awal-awal transisi tersebut sebagai bentuk konsekuensi yang telah dia lakukan di masa lalu. Sebab apa yang telah Vegeta lakukan di masa lalu memang sangat kejam dan susah untuk mendapatkan maaf pada awalnya.

Posisi yang telah dia dapatkan sekarang di samping Goku dan teman-temannya merupakan bentuk usaha dan kerja keras dari Vegeta untuk menjadi lebih baik. Lahirnya Trunks juga merupakan perwujudan dari niatnya yang ingin menjadi seorang laki-laki dan ayah yang lebih baik bagi anak dan keluarga kecilnya bersama Bulma.