Eida merupakan karakter baru yang diperkenalkan dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Seperti yang diungkapkan di ceritanya, Eida adalah salah satu cyborg yang dibuat oleh Amado untuk kepentingan Jigen dan Kara. Namun, di sisi lain, Eida juga adalah salah satu cyborg yang diperintahkan oleh Jigen untuk dihancurkan karena dianggap bisa mengancam keberadaanya.

Sejauh ini memang belum banyak hal yang bisa digali dari sosok Eida, selain dia memiliki kemampuan untuk melihat ke masa lalu dan masa depan. Dalam chapter 57 kemarin, Bug sempat mengatakan pada Code bahwa Eida memiliki kemampuan Doujutsu Senrigan. Doujutsu tersebut membuat penggunanya bisa melihat ke berbagai kejadian, yang membuatnya seperti menjadi seorang cenayang.

Boruto 57 - Read Boruto Chapter 57 OnlineYang menarik adalah sosok Eida sendiri sangat membenci Amado, dan karena itulah dia mau bekerja sama dengan Code. Alasan Eida membenci Amado adalah karena dia sudah menghancurkan harapannya dan mengambil apa yang dianggap berharga baginya yaitu kemampuannya untuk bisa mencintai seseorang dengan tulus. Terlepas dari kekuatannya, para fans sendiri masih menyimpan penasaran besar terhadap Eida.

Salah satu pertanyaannya adalah apakah dia mengetahui tentang masa lalunya. Untuk bisa menjawab pertanyaan tersebut, perlu ditegaskan kembali bahwa kemampuan Senrigan Eida memiliki kelemahan. Seperti dijelaskan sendiri oleh Eida, dia memang bisa melihat ke masa depan atau beberapa peristiwa di masa lalu. Namun, dia tidak pernah tahu apa yang terjadi sebelum dia lahir.

Post | Greenscene | FIlm | Komik | Series | Anime | Game | Halaman 3Itu artinya jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Eida tidak tahu mengenai masa lalunya. Kita sendiri masih belum tahu berapa usia dari Eida, dan berapa lama dia tersimpan di dalam fasilitas milik Boro. Apakah dia memang berusia belasan tahun? atau sudah berumur? Melihat bagaimana dia menyiapkan minuman untuk Code dan juga minuman yang mereka minum – yang merupakan minuman beralkohol – bisa ditarik kesimpulan sementara bahwa usianya mungkin sudah cukup dewasa.

Pertanyaan mengenai asal usul Eida ini terkait juga dengan teori yang cukup populer di kalangan paa fans, yaitu Eida adalah anak dari Amado. Dalam chapter 57 diperlihatkan Naruto pergi menemui Amado untuk berdiskusi mengenai situasi Boruto. Naruto menyadari bahwa pengaruh Momoshiki dalam tubuh Boruto terus berkembang. Dan dia tahu bahwa anaknya bisa dikuasai sepenuhnya oleh Momoshiki suatu hari nanti.

Eida's passive love hax vs Current Luffy's advanced conquerors haki - Battles - Comic VineHal inilah yang kemudian membuat Naruto mengatakan bahwa dia akan membunuh anaknya sendiri jika memang situasi berada di luar kendali. Amado seolah bisa membaca situasi atau bisa memahami apa yang dirasakan oleh Naruto. Dan kemudian fakta mengejutkan muncul dimana Amado menjelaskan bahwa dulu dia memiliki seorang anak perempuan. Namun, dia sudah meninggal 12 tahun yang lalu.

Rasanya sulit untuk tidak memunculkan spekulasi bahwa ada kemungkinan bahwa Amado dan Eida memiliki koneksi mendalam. Dalam hal ini, bisa jadi Eida dan Amado sebenarnya adalah ayah dan anak. Eida adalah anak yang dianggap Amado sudah meninggal. Hal tersebut dilihat dari waktu diperkenalkannya Eida bersamaan dengan pernyataan dari Amado tentang anak perempuannya yang sudah meninggal.

Ada juga spekuasi lain, bahwa Eida mungkin adalah keturunan dari Toneri Otsutsuki. Hal ini dilihat dari senrigan milik Eida, yang mana pada motif di matanya mirip seperti lambang dari keluarga Toneri. Dengan Eida yang baru muncul di satu chapter, rasanya kita perlu menunggu bagi Kishimoto untuk menjelaskan lebih detail lagi mengenai Eida. Kita nantikan saja ya Geeks apakah di chapter 58 nanti sosok Eida akan lebih jauh dijelaskan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.