Serial Jujutsu Kaisen memang telah terkenal dengan ceritanya yang menarik. Hal ini karena cerita dari Yuji dan kawan-kawan, telah memberi warna baru dengan unsur mistisnya yang juga sangat khas dengan negara Jepang, katakanlah seperti kutukan, roh, arwah dan lain-lain. 

Dalam kisah Jujutsu Kaisen juga ada hal menarik mengenai jenis-jenis makhluk “horor”, namun kali ini kita akan berfokus pada pembahasan mengenai perbedaan dari Makhluk Kutukan dan Makhluk Pendendam. Lantas mengapa hal ini menjadi penting? Dalam serial satu ini kalian tentu akan melihat cukup banyak makhluk mistis yang datang silih berganti. Sehingga para penggemar cukup sering memukul rata semua makhluk tersebut dengan sebutan Makhluk kutukan. Padahal bisa jadi tebakannya kurang tepat. Berikut penjelasannya!

Roh/Makhluk Kutukan (Jurei)

Roh atau Makhluk Kutukan merupakan sebuah intensitas yang terbuat dari energi negatif umat manusia yang bukan tergolong penyihir jujutsu. Mereka yang tergolong dalam makhluk jenis seperti ini biasanya tercipta karena emosi negatif yang tidak stabil, sehingga terkadang mereka terbuat dari rasa benci, marah, sedih dan beberapa perasaan negatif lainnya.

Oleh sebab itu terciptanya makhluk jenis satu ini cukup sering kita jumpai, terutama jika banyak keadaan umat manusia yang mengalami depresi, marah, benci dan lain-lain. Karena jumlahnya yang cukup banyak, dan kekuatan dari makhluk ini beraneka ragam. Maka mereka terbagi menjadi 5 tingkatan yang berbeda sesuai kekuatannya. Bahkan semakin tinggi tingkatan seekor makhluk kutukan maka mereka bisa bicara dan ada yang beberapa memiliki akal sehat seperti manusia.

Roh/Makhluk Pendendam (Ka Ju-Onryo)

Roh atau Makhluk Pendendam merupakan arwah dari umat manusia yang telah mati dan dikutuk oleh seseorang. Kebanyakan mereka yang terlahir kembali menjadi makhluk pendendam adalah para penyihir jujutsu yang biasanya mendapatkan kematian yang tidak wajar, atau karena menyimpan dendam yang tidak terbalaskan di dunia. Sehingga hal ini membuat rohnya sangat susah untuk menyebrang ke alam baka.

Hal ini mungkin memiliki bisa kita bahasakan menjadi arwah penasaran. Sehingga si Arwah masih memiliki dendam yang harus terbayarkan sebelum akhirnya meninggalkan dunia. Biasanya makhluk pendendam akan terus menempel pada orang yang mengutuknya dan tidak akan bisa lepas kecuali dengan sebuah cara yang cukup khusus dan rumit. Dan sama seperti makhluk kutukan, makhluk pendendam memiliki 5 tingkatan dengan jenis kekuatan yang berbeda.

Kesimpulan Sederhana

Setelah melihat perbedaan mengenai dua makhluk mistis dari serial Jujutsu Kaisen. Bisa kalian simpulkan secara sederhana bahwa meski terlihat mirip, namun sebenarnya kedua makhluk tersebut berbeda. Seperti contohnya adalah Mahito dan Rika, kedua karakter tersebut memang sama-sama makhluk mistis yang sama-sama kuat dan luar biasa. Namun hal itu tidak lantas membuat keduanya menjadi satu jenis makhluk.

Untuk Mahito jelas merupakan seekor Makhluk Kutukan. Hal ini karena dia memang berasal dari energi negatif manusia terutama mengenai rasa iri, dengki dan meremehkan orang lain. Hal ini bisa kalian amati dari cara Mahito meremehkan setiap lawan-lawannya ketika dia pertama kali bertemu dan bertarung dengan Yuji dan Nanami. Mahito terkesan seperti bocah sombong yang dengan pongahnya merasa bisa mengalahkan siapapun. Namun di awal pertemuan ketiganya, Mahito sadar bahwa pada saat itu dia bisa saja mati jika tidak serius bertarung.

Makhluk Pendendam Yang Cukup Terkenal

Rika memang tergolong salah satu dari makhluk pendendam yang cukup populer untuk menjadi pembahasan. Hal ini karena dia menjadi makhluk kutukan karena ia merasa memiliki janji dengan Yuta yang belum terlunasi namun lebih dulu meninggal. Selain itu dia juga terkenal sebagai ratunya makhluk pendendam karena memiliki kekuatan yang sangat luar biasa dan membuat takut setiap lawan-lawannya.

Namun ternyata ada satu kelompok makhluk pendendam yang juga tergolong sebagai  makhluk yang cukup populer. Kelompok dari makhluk bernama Big Three Vengeful Spirits. Mereka adalah tiga makhluk mistis terkuat yang berasal dari legenda Jepang. Dan menurut kabar yang beredar, saat ini hanya ada satu makhluk yang telah terungkap dari kelompok satu ini, yaitu Sugawara no Michizane, dan menurut kabar yang beredar, makhluk ini adalah salah satu pendiri klan Gojo yang juga terkenal sebagai klan kuat dari dunia penyihir jujutsu. 

 

seorang manusia yang kebetulan tinggal di Malang dan lulusan salah satu kampus di sana pula. Lahir di Lumajang dan anak pertama dari dua bersaudara. Meski menyukai banyak hal, terkadang ada juga yang tidak disukainya juga sebab itu adalah sifat alami manusianya. Salam kenal untuk para Pembaca dan selamat menikmati sajian tulisannya.