Will of D atau Tekad D adalah misteri yang masih belum terpecahkan dalam cerita One Piece. Nama D sering dikaitkan dengan beberapa karakter terkuat di One Piece, seperti Monkey D. Dragon, Monkey D. Luffy, Portgas D. Ace, dan masih banyak lainnya. Mereka disebut juga sebagai orang-orang D atau people of the D. Menurut kabar yang beredar, karakter pemilik nama D akan membawa kehancuran bersama mereka. Pemilik nama D juga sering menjadi musuh bagi kaum naga langit dan pemerintah dunia. Berikut adalah hal-hal berkaitan dengan nama D yang mungkin belum kalian ketahui.

Arti Will of D

Hiro Studios

Tidak diketahui secara pasti arti dari nama D. Tetapi Oda Sensei sudah memberikan banyak petunjuk tentang arti D yang sebenarnya. Nama D sepertinya menjadi bagian dari kejadian besar yang terjadi berabad-abad lalu. Kemungkinan hal tersebut berhubungan dengan kerajaan kuno atau Ancient Kingdom dalam cerita One Piece. Tetapi Geeks, kejadian tersebut juga masih misterius sehingga tidak ada yang mengetahui secara pasti apa yang terjadi. Banyak yang berharap jika arc Wano akan mengungkapkan atau memberikan petunjuk terkait dengan nama D.

Para Pemilik Nama D

Hingga kini diketahui ada 10 karakter pemilik nama D. Sebagian besar karakter tersebut berprofesi sebagai bajak laut. Namun ada juga sebagian kecil yang merupakan angkatan laut, seperti Jaguar D. Saul, dan Monkey D. Garp. Bahkan ada juga pemilik nama D yang bukan seorang bajak laut maupun angkatan laut. Ia adalah Monkey D. Dragon yang merupakan anggota pasukan revolusi. Portgas D. Rouge, ibu Ace dan istri Roger, bahkan menjadi satu-satunya karakter pemilik nama D yang tidak memiliki hubungan apapun dalam cerita besar di One Piece. Satu-satunya hal besar yang Rogue lakukan adalah melahirkan Ace.

Lebih Banyak Pemilik Nama D

Sebenarnya masih ada lebih banyak pemilik nama D yang hidup di dunia One Piece. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Donquixote Doflamingo. Setelah ditangkap dan ditahan, Doflamingo mengatakan pemilik nama D banyak tersebar di seluruh dunia. Karena cerita One Piece terus berjalan, cepat atau lambat pemilik nama D lainnya akan segera muncul. Karakter baru yang diketahui pemilik nama D adalah Trafalgar Law. Mungkin setelah arc Wano selesai, kita kembali akan diperkenalkan dengan karakter pemilik nama D lainnya.

Mereka yang Ketahui Arti D

Meskipun sebagian besar karakter dalam cerita One Piece berusaha untuk mengetahui apa arti nama D, tetapi ada segelintir karakter yang sudah mengetahui artinya. Salah satu diantaranya adalah Silvers Rayleigh. Rayleigh adalah mantan anggota bajak laut Roger. Seperti yang kita ketahui, Roger dan krunya berhasil melintasi Grand Line dan menemukan One Piece. Mereka juga menemukan fakta tentang sejarah dunia, termasuk arti nama D. Rayleigh sebenarnya sempat akan memberi tahu makna nama D kepada anggota Topi Jerami. Tapi Luffy memilih tidak mengetahui hal tersebut.

Pertama Kali Muncul

Meskipun nama D sudah disebutkan sejak cerita One Piece dimulai, tetapi hal mengenai nama D baru dibahas pertama kali di arc Drum Island, yang terjadi setelah kru topi jerami memasuki Grand Line. Dr. Kureha menjadi karakter pertama yang menyebutkan hal tersebut. Menariknya, Kureha juga mengungkapkan nama asli Gol D. Roger. Pada saat itu orang-orang mengetahui namanya sebagai Gold Roger saja, hal itu ternyata dilakukan oleh pemerintah dunia yang mencoba menyembunyikan nama tengahnya.

Hiro Studios

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.