Conqueror Haki kembali menjadi bahan perbincangan para fans One Piece setelah munculnya momen epik dimana Luffy menghajar Kaido dengan kekuatan Haki tersebut. Luffy diperlihatkan akhirnya paham bahwa bukan Armament Haki yang membuat Kaido menjadi kuat, melainkan Conqueror Haki. Seperti yang terjadi di momen-momen sebelumnya, Lufy – entah dilakukan dalam keadaan sadar atau tidak – kemudian menggunakan teknik Advanced Conqueror Haki.

Kemampuan Haki merupakan kemampuan yang spesial, karena tidak semua orang bisa menggunakannya. Apalagi, memanfaatkan Haki tersebut sebagai sesuatu yang luar biasa dahsyat, seperti menggunakannya untuk menjadi pelindung atau melapisi senjatanya. Namun, ada sebuah teori menarik dari fans mengenai bagaimana bentuk pengaplikasian Conqueror Haki kedepannya. Apa saja?

Memunculkan/Memanipulasi Listrik

Kemampuan ini berasal dari game populer One Piece: Pirate Warrior 4. Meskipun game ini dianggap bukan bagian dari canon One Piece, yang menarik adalah gamenya bisa “meramalkan” apa yang terjadi di cerita utama, seperti ketika memperlihatkan Kozuki Oden menggunakan pedang yang berlapis Conqueror Haki jauh sebelum chapter 1010 dan juga memprediksi berbagai kemampuan Kaido.

Ataliebe (@Bilataa) | TwitterBahkan, dalam gambar sampulnya sendiri kita bisa melihat bagaimana Luffy hendak melakukan pukulan yang sudah dilapisi oleh Conqueror Haki. Dalam gamenya, gerakan dari Shanks biasanya memperlihatkan dia menggunakan Conqueror Haki yang bisa memunculkan petir atau kilat. Shanks diperlihatkan menggunakan teknik listrik tersebut untuk menjangkau berbagai area yang ada di medan pertarungan, serta mampu melapisi pedangnya dengan Conqueror Haki.

Memang, kecil kemungkinan Luffy melakukannya karena Luffy tidak menggunakan pedang. Namun, yang mungkin dirasa pas untuk Luffy adalah mengkonsentrasikannya dalam satu serangan pukulan sehingga menghasilkan sebuah pukulan yang sangat dahsyat. Mungkin juga Luffy bisa mengaplikasikan hal ini ketika dia menggunakan teknik Elephant Gun. Petir yang muncul juga jauh lebih kuat dibandingkan dengan petir biasa. Level kekuatannya akan menyesuaikan dengan tekad atau semangat si pengguna.

Attack Nullification

Teknik Conqueror Haki di game One Piece: Burning Blood memperlihatkan kemampuan yang luar biasa, dimana semua serangan, termasuk serangan buah iblis, mampu dimentahkan atau dinegatifkan. Hal ini seperti yang pernah dipraktikan oleh Big Mom setelah foto dari Mother Carmel hancur. Dengan Conqueror Haki yang sangat kuat, semua serangan dari kelompok Capone Bege bisa dimentahkan secara sendirinya.

Inilah yang memunculkan spekulasi, bahwa bisa jadi teknik ini juga berlaku menghadapi serangan lain, bukan hanya serangan biasa seperti yang dilakukan Bege. Kita tahu bahwa asura adalah sebuah perwujudan dari semangat atau tekad dari Zoro. Haki dan semangat atau tekad merupakan dua hal yang sangat dekat, atau hampir terkait, sehingga tidak salah untuk berasumsi bahwa Asura merupakan perwujudan dari semangat menaklukan (conquering) dari Zoro.

The Future Applications of Advanced Conqueror's Haki! - Pagina 2 di 2 - One PieceHal ini bahkan didukung dengan fakta bahwa Kaido tidak menyadari Zoro memiliki Conqueror Haki, sampai kemudian dia menggunakan teknik Asura, yang mana diakui bahwa serangan tersebut bisa meninggalkan bekas luka di tubuhnya. Tidak terlihat petir hitam muncul saat Zoro menggunakan teknik Asura kemarin, sehingga ada kemungkinan bahwa Zoro tidak menggunakan Conqueror Haki untuk melapisi pedangnya

Kemampuan Conqueror Haki untuk bisa menetralkan buah iblis memang akan sedikit membuat rancu atau bingung dengan kekuatan yang dimiliki oleh Blackbeard. Namun, hal ini akan sesuai dengan apa yang dikatakan Law bahwa Haki dari Big Mom dan Kaido terlalu kuat untuk teknik Shambles.

Jika kemudian hal ini benar terjadi, maka pertarungan antara Blackbeard dan Luffy yang banyak dispekulasikan akan menjadi sangat menarik. Karena, keduanya akan saling berusaha untuk menetralkan kemampuan buah iblis mereka satu sama lain (meskipun Blackbeard akan sering melakukannya karena keunggulan buah iblis), serta pertarungan antara Luffy melawan sakazuki.

Pertarungan melawan Sakazuki akan menjadi hal yang merepotkan bagi Luffy, seperti yang terjadi di arc Marinefrod. Luffy akan kesulitan menyerang akibat magma yang panas. Karena itulah, Luffy perlu untuk menetralkan kemampuan dari Sakazuki. Dan dengan begitu pertarungan akan menjadi semakin menarik dan seru. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.