Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul sendiri, bisa juga dibangkitkan melalui latihan yang sangat keras dan lama. Haki juga merupakan salah satu kekuatan lain dalam ceritanya selain buah iblis.

Meskipun Haki sebenarnya sudah diperlihatkan di awal cerita One Piece – misalnya ketika Luffy bertarung melawan God Enel yang menggunakan Observation Haki di Skypiea – nama “Haki” sendiri baru dengan jelas diperkenalkan saat arc kepulauan Sabaody dimana para kru topi jerami berhasil dikalahkan. Dalam arc ini, kita melihat bagaimana para suku Kuja menggunakan Armament Haki di panah mereka.

Hiro Studios

Kemudian ketika di Impel Down pun kekuatan Haki sempat diperlihatkan. Dan yang paling luar biasa tentunya apa yang dilakukan oleh Rayleigh di pelelangan manusia ikan. Berbicara mengenai Haki, selain sudah memperkenalkan konsep Haki sejak lama, Oda Sensei juga sebenarnya sudah memperkenalkan ketiga jenis Haki sebelumnya tanpa kita sadari.

Oda's Foreshadow You've Probably Never Noticed Before! - One PieceSeperti yang kita tahu, bahwa Eiichiro Oda adalah salah satu mangaka jenius yang sering memberikan petunjuk tentang detail cerita tanpa kita sadari. Dan petunjuk mengenai detail dari ketiga jenis Haki sendiri sebenarnya sudah diungkapkan sejak arc Drum Island. Hal ini terlihat dalam interaksi yang dilakukan antara Chopper dan Dr. Hiluluk.

Chopper sendiri bertanya kepada Hiluluk “Apa itu bajak laut?” Kemudian, Hiluluk pun dengan tegas menyatakan bahwa “Bajak Laut? Bajak laut adalah orang-orang hebat di lautan. Mereka memiliki tubuh yang sekeras batu, mata elang, dan juga suara yang mambu membelah langit.” Sepintas, memang tidak ada yang salah tentang penjelasan dari Hiluluk tersebut.

Namun, jika diperhatikan kembali, dalam beberapa kalimat Hiluluk seolah memberikan petunjuk mengenai ketiga jenis Haki. Pertama adalah kalimat “tubuh yang sekeras batu.” Kalimat tersebut seoalah menggambarkan tentang Armament Haki. Seperti yang kita ketahui, setelah kita mampu mengakses kekuatan Armament Haki, tubuh akan berubah menjadi luar biasa kuat.

Oda's Foreshadow You've Probably Never Noticed Before! - One PieceIni adalah Haki yang lazim digunakan oleh para bajak laut untuk menghadapi musuh kuat. Kemudian yang kedua, “mata elang.” Kalimat ini seolah mengarah pada Observation Haki. Dengan mengakses Observation Haki, seseorang akan mampu mengetahui lokasi musuh dimanapun mereka berada. Mereka juga bisa membaca emosi, menghitung jumlah orang, dan masih banyak lainnya.

Yang terakhir adalah “suara yang mampu membelah langit.” Ada beberapa momen yang memperlihatkan bagaimana kedahsyatan dari Conqueror Haki, sampai-sampai langit pun terbelah. Pertama, ketika Whitebeard bertarung melawan Shanks. Kemudian saat Whitebeard bertarung melawan Roger, dan terakhir adalah pertarungan antara Big Mom dan Kaido.

Mereka semua adalah bajak laut hebat yang memiliki kemampuan Conqueror Haki dahsyat. Berbeda dengan Armament dan Observation Haki, Conqueror Haki tidak bisa dimiliki semua orang. Penggunanya mampu mengintimidasi lawan, membuat pingsan lawan, dan masih ada banyak rahasia lainnya yang belum terungkap dari Conqueror Haki ini.

Hiro Studios