Observation Haki adalah salah satu dari tiga jenis Haki di One Piece. Observation Haki memungkinkan sang pengguna untuk merasakan niat, emosi, dan dapat mengukur kekuatan musuhnya. Observation Haki juga dapat membuat sang pengguna untuk dapat membaca serangan musuh. Dalam beberapa kasus, Observation Haki seseorang bisa menjadi begitu kuat sehingga sang pengguna dapat melihat beberapa detik ke masa depan. Sejauh ini, hanya Luffy dan Katakuri yang terlihat menggunakan kemampuan tersebut dengan gamblang. Tetapi sebenarnya, ada beberapa karakter yang juga dapat melihat masa depan berkat Observation Haki. Siapa saja? Simak di bawah ini Geeks

Kuzan

Kuzan adalah mantan admiral di angkatan laut dan sekarang ia adalah sekutu Blackbeard. Meskipun Kuzan bukan lagi seorang admiral, tetapi Kuzan masih memiliki kekuatan yang luar biasa, dan menjadikannya sebagai salah satu karakter terkuat di One Piece. Selama perang di Marineford, Kuzan pernah menunjukkan kemampuannya untuk melihat ke masa depan. Saat itu, dia menghindari serangan Haki Whitebeard, dengan membuat lubang di tubuhnya, mirip dengan apa yang dilakukan Katakuri untuk menjaga dirinya dari bahaya. Karena hal tersebut, Kuzan mampu menghindari serangan Whitebeard yang cukup mematikan.

Kizaru

Kizaru alias Borsalino adalah seorang Admiral di angkatan laut. Sama seperti Kuzan, Kizaru adalah salah satu karakter terkuat di One Piece, di mana ia sangat ahli dalam pengendalian dua tipe Haki. Juga, Kizaru sangat mahir memanfaatkan kekuatan buah iblisnya. Ketika berbicara tentang Observation Haki, Kizaru adalah sosok yang luar biasa dalam menggunakan Observation Haki. Terbukti saat ia mampu menghindari beberapa serangan Whitebeard dan anak buahnya, Rakuyo. Seperti Kuzan, Kizaru adalah pengguna Observation Haki yang dapat melihat ke masa depan. Oleh sebab itulah Kizaru berada satu langkah di depan musuh-musuhnya.

Sakazuki

Sakazuki adalah Fleet Admiral, yang berarti ia memiliki jabatan tertinggi di angkatan laut. Sakazuki adalah salah satu antagonis utama dalam seri One Piece. Dia adalah karakter yang sangat kuat, apalagi dengan kemampuan buah iblis Magu Magu. Sakazuki juga adalah pengguna dua jenis tipe Haki. Spesialisasinya adalah dalam Observation Haki, di mana Sakazuki mampu menghindari serangan Haki Marco dan Vista, dengan cara yang mirip dengan yang Katakuri lakukan. Itu berarti Sakazuki mampu melihat masa depan, dan dapat menghindari serangan-serangan musuhnya.

Silver Rayleigh

Silver Rayleigh adalah mantan tangan kanan raja bajak laut, Gol D. Roger. Dia diperkenalkan lebih dalam dalam arc Sabaody Archipelago, di mana terungkap bahwa Rayleigh adalah pengguna dari ketiga jenis Haki. Rayleigh memiliki cukup banyak pengetahuan tentang Observation Haki dan ia juga bisa melihat ke masa depan. Rayleigh bahkan pernah melatih Luffy untuk melatih kemampuan Hakinya. Rayleigh juga memiliki pemahaman tentang Kenbunshoku Haki, dan juga dapat ia gunakan untuk mengantisipasi serangan musuh. Itu berarti Rayleigh sebenarnya tidak dapat dibunuh, karena ia mampu melihat masa depan dan mampu mengantisipasi serangan musuh.

Mihawk

Dracule Mihawk adalah seorang ahli pedang terbaik di One Piece, dan ia juga dikenal dengan sebutan Hawk-Eyes. Mihawk adalah pengguna Observation dan Armament Haki. Dengan julukan Hawk-Eyes dan Observation Haki miliknya, itu menunjukkan bahwa dia dapat melacak apapun dengan matanya, dan itu dibuktikan saat Mihawk bertarung melawan Luffy di Marineford. Mihawk juga menjadi orang pertama yang dihadapi Luffy saat ia menggunakan kemampuan pengelihatan masa depannya pertama kali tanpa sadar. Mihawk sendiri adalah sosok yang mampu dengan mudah menggunakan Observation Haki yang membuatnya mampu melihat dengan jeli, bahkan melihat masa depan.

Shanks

Shanks adalah salah satu dari empat Yonko yang hidup di One Piece. Shanks adalah salah satu bajak laut terkuat, walau tanpa memiliki buah iblis. Itu berarti Shanks murni menjadi kuat berkat kemampuan Hakinya. Bahkan Shanks dapat menguasai tiga jenis Haki sekaligus. Mengingat Shanks telah bertarung beberapa kali dengan Mihawk, tentunya Shanks juga memiliki pengendalian Observation Haki yang handal untuk mengimbangi Mihawk. Shanks juga dipercaya mampu melihat masa depan menggunakan Observation Haki.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/