Franchise Kamen Rider akan merayakan 50 tahun kemunculan mereka di layar kaca pada tahun ini. Franchisenya sendiri pertama kali tayang di TV pada 1971, dimana tayangannya langsung mendapatkan tanggapan positif dari para penonton dengan adegan aksi yang luar biasa, petualangan, dan pertarungan melawan monster. Toei memutuskan untuk merayakan pencapaian yang luar biasa tersebut.

Melalui media sosial, Toei mengumumkan tiga proyek baru yang sedang mereka kerjakan. Ketika akun Funimation America mengunggah teaser untuk salah satu proyek, para fans sendiri awalnya tidak yakin mengenai kebenaran kabar tersebut. Para fans menduga bahwa semua itu hanyalah iseng belaka, untuk memperingati April’s Fool. Namun, sepertinya semua itu fakta dan bukan sebuah kabar palsu.

Hiro Studios

Akun resmi perayaan 50 tahun Kamen Rider kemudian mengunggah salah satu dari tiga proyek tersebut, yaitu sebuah adaptasi anime dari Fuuto Pi – sekuel manga dari Kamen Rider W. setelah pengumuman tersebut, Funimation kemudian mengumumkan bahwa mereka yang akan mengerjakan animenya dan dijadwalkan akan dirilis pada musim panas 2022 mendatang.

Kabar tersebut tentunya membuat para fan senang dan tidak sabar untuk segera menyaksikan animasi tersebut. Yang menarik adalah Fuuto Pi akan menjadi versi animasi dengan durasi paling panjang dari adaptasi serinya dan merupakan salah satu seri Kamen Rider yang dirilis di barat. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang kamen Rider W dan Fuuto Pi.

Kamen Rider W atau Kamen Rider Double pertama kali dirilis pada 2009 kemarin, dan merupakan seri ke 11 dari frachise Kamen Rider di era Heisei. Seri sebelumnya, Kamen Rider Decade, merupakan sebuah seri Kamen Rider yang dibuat sekaligus untuk menyambut 10 tahun franchise Kamen Rider di era Heisei. Dan selain Decade, W juga sebenarnya menjadi bagian dari perayaan tersebut.

Protagonis utama serinya, Double, pertama kali muncul dalam film musim panas Kamen Rider Decade: All Riders vs. Dai-Shocker. Dalam filmnya diperlihatkan bagaiman Double membantu pertarungan para Kamen Riders dari berbagai era untuk bertarung melawan Shadow Moon. Dan pada saat itulah, para fans untuk pertama kalinya melihat aksi dari Double.

Seri Kamen Rider W sendiri berkisah tentang seorang detektif bernama Shotaro Hidari. Shotaro sendiri bekerja untuk agensi detektif Narumi dan menyelesaikan berbagai kasus kriminal di kota Fuuto. Fuuto sendiri terkenal karena anginnya yang kencang dan mendapatkan suplai listrik dari turbin angin yang sangat banyak. Sayangnya, kota Fuuto bukanlah sebuah tempat yang aman.

Sebuah keluarga kriminal misterius mensuplai sebuah alat kepada para kriminal dan penjahat. Alat tersebut adalah Gaia Memories, sebuah alat kecil berbentuk USB atau flashdisk. Ketika benda tersebut dimasukan ke tubuh seseorang, maka penggunanya akan berubah menjadi sosok monster Dopant. Seiring berjalannya waktu, Gaia Memory memberikan efek mengerikan kepada penggunanya, dimana mereka menjadi ketagihan dan pikiran mereka pun rusak.

Beruntung, Shotaro dan partner misteriusnya, Phillip, memiliki akses terhadap Double Driver. Benda tersebut membuat mereka bisa mengkombinasikan Gaia Memories khusus untuk kemudian berubah menjadi Kamen Rider Double. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan peningkatan kekuatan, dan berbagai macam jurus pun bisa mereka keluarkan tergantung dari USB drive yang mereka gunakan.

Dua warna berbeda di kostumnya menggambarkan kenangan atau ingatan yang sedang digunakan. Warna hitam dan hijau merupakan form CyloneJoker yang sekaligus merupakan form dasarnya. Kemudian ada juga form LunaTrigger yang menggabungkan warna kuning dan biru. Ketika Shotaori dan Phillip berubah menjadi Kamen Rider Double, mereka berbagi satu tubuh, memaksa mereka untuk bekerja sama demi mengalahkan para Dopants dan juga mengungkap sejarah dari Gaia Memories dan orang-orang dibalik semuanya.

Seri manga Fuuto Pi sendiri dirilis pada 2017, dan melanjutkan cerita setelah seri kamen Rider W selesai. Dalam manganya, diperlihatkan Shotaro dan Phillips kembali bekerja sama untuk mengungkap gelombang kriminal Dopant lainnya. Diceritakan juga bahwa ada sosok wanita misterius – yang diduga adalah penyihir – yang diduga menjadi sumber semuanya.

Saat ini, manga Fuuto Pi sendiri sudah memiliki 10 volume. Volume terbarunya sendiri sudah dirilis pada Maret kemarin, yang mana berisi chapter 95-93. Masih belum diketahui apakah aktor dari serinya – Ren Kiriyama dan Masaki Suda – akan mengisi suara untuk proyek baru ini. Animenya mungkin bisa menggunakan Yoshimasa Hosoya dan Kouki Uchiyama dari game Kamen Rider: Memory of Heroez untuk mengisi suara Shotaro dan Phillps.

Hiro Studios