Sosok Kozuki Oden dulu sempat menyampaikan pesan kepada para pengikutnya, Red Scabbards, sebelum dia tewas dieksekusi yaitu untuk membuka perbatasan Wano. Menurut Oden, dengan dibukanya perbatasan Wano maka dunia akan berubah. Apa maksud dari perkataan Oden tersebut? Mengapa kemudian dengan dibukanya perbatasan Wano, maka dunia akan berubah? Apakah Wano merupakan sebuah tempat yang penting?

Sampai saat ini memang masih menjadi misteri, mengapa Wano harus ditutup di zaman dahulu. Dan kita juga masih belum mengetahui pasti mengapa Oden ingin membuka perbatasan Wano. Dengan ditutupnya wilayah ini, maka semua informasi mengenai wilayahnya tidak banyak diketahui. Itulah alasan mengapa pihak angkatan laut tidak berani atau ragu untuk kemudian pergi ke wilayah tersebut.

Seperti diungkapkan oleh Sakazuki, mereka tidak tahu seberapa besar kekuatan para samurai tersebut. Mereka juga tidak tahu ada apa saja disana, seberapa besar jumlah pasukan di Wano, dan sebagainya. Namun, yang menarik perhatian adalah perkataan dari Oden yang menyebutkan bahwa dengan dibukanya perbatasan Wano, maka dunia akan berubah. Apa maksudnya?

One Piece Oden Kozuki Death Flashback Anime by Amanomoon on DeviantArtTerdapat sebuah teori menarik yang mencoba menjawab tentang hal ini. Dengan misteriusnya wilayah Wano, dan sulitnya untuk mencapai Wano, membuat banyak anggapan bahwa Wano adalah tempat yang spesial. Dan dalam teori ini disebutkan bahwa Wano kemungkinan adalah gerbang menuju pulau terakhir, yaitu Laugh Tale. Inilah kemudian alasan mengapa tidak semua bajak laut bisa menuju Laugh Tale.

Medannya yang sulit membuat banyak kapal harus karam. Dan dengan banyaknya kapal yang karam, serta banyaknya korban jiwa, membuat Laugh Tale sulit ditemukan karena mereka sulit untuk menembus wilayah Wano. Namun, yang menjadi catatan penting disini adalah menjadi pintu gerbang bagi Laugh Tale bukan berarti posisi Laugh Tale berada di dekat Wano atau Laugh Tale berada tepat setelah Wano.

Wano diibaratkan hanya sebagai kunci sebelum kemudian para bajak laut yang ingin menuju Laugh Tale harus melanjutkan perjalanan dan petualangan mereka. Selain karena sulitnya medan, selama Wano masih menjadi sebuah negara atau wilayah yang tertutup, maka otomatis tidak akan ada banyak bajak laut yang mampu menuju Laugh Tale karena Wano adalah kuncinya.

Map of Wano Kuni!! - Dawn of One Piece | Carte, HérosDengan dibukanya wilayah Wano, maka akses menuju Laugh Tale pun akan menjadi semakin mudah. Dan dengan kemudahan tersebut, siapapun akan bisa pergi menuju Laugh Tale dan mencari tahu tentang rahasia dunia dan berbagai kebusukan dari Pemerintah Dunia. Bila semua rahasia gelap Pemerintah Dunia dan hal-hal rahasia lainnya sudah diketahui semua kerajaan, maka mereka mungkin akan bersatu untuk melawan Pemerintah Dunia.

Berbagai kerajaan tersebut mungkin nanti akan bergabung bersama Luffy dan yang lain, untuk menghancurkan pihak Pemerintah Dunia dalam sebuah perang yang sangat epik dan kolosal di akhir ceritanya. Jadi, ada kemungkinan maksud dari Oden adalah dengan membuka perbatasan Wano maka semua orang akan bisa pergi menuju Laugh Tale. Dan dengan begitu, maka rahasia dunia bisa pada akhirnya terungkap. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.