Pasukan Revolusi adalah orgasasi misterius dalam cerita One Piece yang memiliki pengaruh besar terhadap situasi di dunia. Pasukan Revolusi adalah salah satu ancaman besar yang harus dihadapi oleh Pemerintah Dunia. Pemimpin mereka, Monkey D. Dragon, adalah manusia paling dicari di seluruh dunia. Tidak ada yang tidak takut ketika namanya disebutkan.

Pasukan Revolusi selama ini bergerak dibawah bayang-bayang, alias mereka bergerak secara diam-diam. Satu persatu wilayah yang ada di Grand Line, mereka bantu untuk mendapatkan kemerdekaannya dari pihak Pemerintah Dunia. Karena itulah tidak jarang, para anggota dari Pasukan Revolusi bertarung melawan angkatan laut atau pasukan Pemerintah Dunia. Dari sekian banyak karakter di One Piece, ada beberapa sosok yang dianggap pas bila bergabung dengan Pasukan Revolusi. Siapa saja?

Jewelry Bonney

Bonney merupakan salah satu karakter misterius di One Piece. Bahkan sampai saat ini masih belum banyak informasi tentang salah satu bajak laut Worst Generations ini yang bisa digali. Dari apa yang dia lakukan dengan pergi ke Marry Geoise untuk bertemu dan dengan Kuma dan menyelamatkannya, sepertinya Bonney memiliki hubungan khusus dengan pasukan revolusi atau bisa jadi Bonney dendam terhadap pemerintah.

Pinterest.com

Pemerintah dunia pastinya memiliki alasan mengapa Bonney menjadi salah satu incaran mereka. Bisa jadi karena ada hubungannya dengan buah iblis dari Bonney atau yang terkait dengan masa lalunya. Bonney menjadi salah satu pelarian dari pemerintah sampai saat ini. Dia bisa bergabung dengan pasukan pemerintah untuk mendapatkan keamanan yang dia butuhkan.

Nefertari Vivi

Vivi adalah putri dari kerajaan Alabasta. Dia tidak pernah ragu untuk maju dan menolong negara yang dia pimpin ketika situasi membutuhkannya. Contohnya adalah ketika Crocodile berusaha untuk menguasai Alabasta, Vivi kemudian bergabung dengan Topi Jerami untuk mengalahkannya dan melindungi Alabasta dari serbuan Baroque Works.

Quora.com

Vivi merupakan perwakilan dari kerajaan Alabasta yang artinya dia merupakan bagian dari Pemerintah Dunia, dan memiliki pengaruh terhadap berbagai keputusan. Tapi, hal tersebut tidak membuatnya senang akan Pemerintah Dunia. Justru Vivi merasa tertekan menjadi bagian dari Pemerintah Dunia dan ada kemungkinan dia akan mundur atau rehat sementara dari bagian pemerintah. Vivi kemudan membutuhkan bantuan dari Dragon untuk membuat Alabasta tetap aman.

Vegapunk

Menurut berbagai macam teori yang dilontarkan para fans, Dr. Vegapunk, yang merupakan salah satu orang paling cerdas di One Piece, sebenarnya adalah salah satu anggota dari pasukan revolusi. Kecerdasan, kejeniusan, dan talentanya sudah mendapatkan perhatian pemerintah sejak dia masih kecil. Vegapunk terus menghasilkan berbagai benda-benda dan teknologi yang berguna bagi angkatan laut, untuk bisa memerangi bajak laut.

Aminoapps.com

Dalam salah satu teorinya, ada sebuah petunjuk besar yang mengarah kepada Vegapunk adalah bagian dari pasukan revolusi dan hal tersebut ada kaitannya dengan Kuma. Sebelum Kuma benar-benar dirubah menjadi sebuah pacifista, keinginan terakhirnya adalah melindungi kapal Thousand Sunny yang ditinggalkan di Sabaody. Kapal tersebut bisa saja hancur bila tidak dilindungi oleh Kuma. Vegapunk pun mewujudkan keinginan terakhir Kuma tersebut.

Crocodile

Crocodile sudah lama tidak muncul dalam cerita, sejak terakhir kali muncul dalam pertarungan besar di Marineford. Dia mungkin masih berada di sebuah tempat di New World. Lokasi pasti keberadaan Crocodile masih belum diketahui, namun bisa jadi di kemudian hari akan terungkap. Crocodile memiliki sejarah panjang dengan Ivankov, yang merupakan bagian dari Pasukan Revolusi.

tumblr.com

Crocodile tidak memiliki afiliasi dengan organisasi apapun saat ini, apalagi setelah dia dicopot jabatannya sebagai Shichibukai dan Shichibukai pun dibubarkan. Selain itu, Crocodile memiliki kebencian yang sama dengan Pasukan Revolusi terhadap Pemerintah Dunia dan angkatan laut. Ini pula yang kemudian membuat Crocodile mau bergabung untuk menyelamatkan Ace (meskipun tujuan aslinya adalah membunuh Whitebeard).

Kuzan/Aokiji

Berbeda dengan sebagian besar angkatan laut pada umumnya, Kuzan memiliki pemahaman bahwa angkatan laut tidak perlu menerapkan pemahaman kekuatan hukum yang absolut. Hal itu pula yang membuat Kuzan membenci Sakazuki, karena dia merupakan salah satu perwira tinggi yang menganut paham tersebut. Hal itu pula yang menjadi alasan Sakazuki benar-benar menghabisi seluruh penduduk Ohara di masa lalu.

Gamek.vn

Kuzan sendiri saat ini sudah menjadi bagian dari bajak laut Blackbeard yang membuat banyak orang terkejut. Kuzan memutuskan bergabung dengan mereka karena dia tidak mau berada di bawah kepemimpinan dari Sakazuki. Bergabungnya Kuzan ke bajak laut Blackbeard bukan berarti dia adalah karakter yang jahat, hanya saja rasa sense of justice Kuzan lebih baik dibanding Sakazuki.

Koby

Koby dulunya adalah budak di kapal Alvida, sebelum kemudian dia diselamatkan oleh Luffy. Sekarang dia adalah sosok angkatan laut yang sangat kuat serta rival dari Luffy. Koby sekarang menjabat sebagai kapten dan juga agen dari SWORD. Peningkatan kekuatan Koby ini berkat latihan keras dibawah pengawasan Monkey D. Garp. Salah satu hasilnya adalah dia mampu menggunakan Observation Haki secara baik.

Comicbook.com

Sebagai sosok yang dilatih oleh Garp, Koby merupakan salah satu angkatan laut yang memang dilatih untuk bisa memiliki jiwa angkatan laut sejati. Koby juga sangat mengagumi Luffy sebagai sosok yang menginspirasinya. Meskipun Koby bisa dibilang berada di jalur yang sama dengan Pasukan Revolusi – bergabung dengan SWORD – namun, bukan hal mustahil Koby bergabung dengan Dragon.

Smoker

Bisa dibilang Smoker adalah petinggi angkatan laut yang pertama kali dihadapi Luffy dalam cerita ini. Luffy sendiri berseteru dengan Smoker ketika arc Alabasta di awal kemunculan One Piece. Meskipun Smoker seorang angkatan laut, dia secara tidak langsung menaruh hormat kepada Luffy. Dia juga sadar bahwa yang mengalahkan Crocodile adalah Luffy dan bukan dirinya.

Aminoapps.com

Smoker juga merupakan karakter yang berbeda dengan angkatan laut pada umumnya. Dia hanya ingin dunia ini bebas dari ancaman angkatan laut jahat, dan setelah bertemu dengan Luffy pikirannya pun berubah. Smoker juga gemar dengan tantangan, dan dengan adanya SWORD dia bisa membersihkan lautan dari para bajak laut jahat. Dengan sikapnya tersebut, Smoker dirasa pantas jika harus bergabung dengan Pasukan Revolusi.

Tashigi

Pinterest.com

Tashigi adalah bawahan sekaligus rekan dari Smoker. Dia merupakan rekan kerja yang juga dekat dengan sosok Smoker, sama seperti Coby dan Helmeppo juga Garp dan Bogard di angkatan laut. Tashigi merupakan perwira angkatan laut yang mahir dalam menggunakan pedangnya. Tashigi dan Smoker sudah “satu paket” yang artinya jika Smoker bergabung bersama Pasukan Revolusi, maka Tashigi pun akan menjadi bagian dari kelompok tersebut.

Admiral Fujitora (Issho)

Fujitora adalah seorang admiral angkatan laut yang menggantikan posisi Kuzan. Meskipun dia sudah tua, tapi dari segi kekuatan dia tidak kalah dengan mereka yang muda. Fujitora sendiri dianggap sebagai salah satu karakter terkuat dalam struktur Pemerintah Dunia. Dia mengkonsumsi buah iblis Zushi Zushi yang membuatnya mampu untuk memanipulasi gravitasi di lokasi yang dia inginkan.

Twitter.com

Seperti halnya Garp, Issho memiliki prinsipnya sendiri terhadap dunia ini. Yang menarik adalah prinsipnya sangat bertentangan dengan apa yang dipercayai oleh Pemerintah Dunia dan angkatan laut itu sendiri. Issho percaya bahwa keadilan tidak perlu menerapkan absolute justice. Dia juga tidak pernah setuju dengan apa yang dilakukan Pemerintah Dunia selama ini.

 

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.