Monkey D. Luffy merupakan karakter protagonis utama dalam seri One Piece. Dia adalah kapten dari kelompok bajak laut Topi Jerami dan merupakan sosok bajak laut yang bercita-cita untuk menjadi raja bajak laut. Halangan terbesar dari Monkey D. Luffy dalam mewujudkan mimpinya sebagai seorang raja bajak laut adalah dia harus bisa mengalahkan berbagai karakter kuat.

Hal ini tidak mudah, meskipun Luffy adalah sosok yang sangat kuat, karena di Grand Line yang luas tersebut kita tidak tahu akan bertemu dengan siapa. Setiap pertarungan Luffy adalah pertaruhan nyawa baginya. Berbicara mengenai kekuatan, ada sebuah fakta menarik yang muncul di seri One Piece ini. Jika Geeks perhatikan kebanyakan karakter yang memiliki kekuatan dahsyat berada di usia 40 tahun atau lebih.

Hiro Studios

Hal ini bisa kita lihat dari sosok Whitebeard yang berusia sekitar 80 tahun, namun masih sanggup menghadapi seluruh pasukan angkatan laut – meskipun pada akhirnya dia tewas. Kemudian kita melihat sosok Kaido dan Big Mom yang sudah berusia di atas 40 tahun. Mereka masih begitu kuat dengan hampir tidak ada orang yang mampu menaklukannya.

CBR.com

Contoh yang paling nyata lainnya adalah Monkey D. Garp atau Shiki yang sudah berusia senja, namun kekuatan fisiknya masih sangat dahsyat. Atau sosok Gol D. Roger yang berhasil mencapai Laugh Tale di usianya yang ke 50 tahun, sebelum kemudian dua tahun kemudian dia dieksekusi oleh angkatan laut. Melihat hal ini muncul pertanyaan menarik, seberapa kuat sosok Luffy di usia mereka nanti?

Monkey D. Luffy memulai perjalanannya sebagai bajak laut di usia kurang lebih 15 tahun. Saat ini, usia dari Luffy sendiri sudah mencapai 19-20 tahun. Namun, kita bisa melihat bagaimana kemampuan Luffy saat ini. Luffy sudah mampu menggunakan kemampuan Haki – bahkan ketiga jenis Haki dan berbagai level tertinggi Haki – juga dia sudah menguasai buah iblis Gomu Gomu miliknya ke level selanjutnya.

Di usia Luffy yang masih muda ini, dia sudah berhasil menghadapi musuh-musuh yang sangat kuat. Contohnya adalah Rob Lucci dari CP-9, Gecko Moria, Charlotte Katakuri, dan sekarang dia sedang menghadapi dua Yonko sekaligus. Jika diperhatikan perkembangan kemampuan Luffy dalam 5 tahun perjalanannya – dalam waktu One Piece – benar-benar sangatlah pesat.

Comicbook,com

Mungkin bisa dipahami bahwa kekuatan anak muda dalam melakukan sesuatu sangat luar biasa, dimana semuanya bisa berjalan dengan cepat. Namun, untuk kasus Luffy rasanya hal ini sangat luar biasa. Rekan-rekannya yang lain seperti halnya Law, Kidd, dan Zoro juga mendapatkan peningkatan kekuatan, namun tidak semasif Luffy. Apakah ini merupakan sebuah klise dalam sebuah cerita, dimana perkembangan protagonis utama selalu lebih besar? Bisa jadi.

Yang menjadi pertanyaanya kemudian, jika di usia Luffy yang masih 20an dia sudah sangat luar biasa, seberapa kuat Luffy di usianya yang ke 30 tahun? Masih belum diketahui apakah akan ada time-skip kedua dalam ceritanya, namun jika kemudian Luffy berhasil menuju Laugh Tale tanpa ada time-skip, maka Luffy akan menjadi raja bajak laut termuda di usianya yang masih 20an tahun.

Di usia Luffy yang ke 30, Luffy mungkin sudah menjadi sosok paling kuat di dunia. Dan hal ini bisa jadi bertahan selama beberapa dekade, seperti halnya sosok Whitebeard. Dan jika itu memang terjadi, maka bisa dipastikan bahwa Luffy akan menjadi sosok legenda baru. Dia akan menjadi bajak laut paling kuat di dunia. Kita nantikan saja ya Geeks, bagaimana perkembangan kekuatan Luffy dalam beberapa tahun kedepan, seberapa kuat Luffy di usia dewasanya. (Featured Image: Mohamed Hesham)

Hiro Studios