Meski telah berjalan selama 2 dekade lebih, One Piece masih menyimpan banyak misteri yang belum terungkap. Contohnya adalah kita masih belum tahu masa lalu dari Zoro, atau kita juga masih belum tahu siapa sebenarnya Monkey D. Dragon, ayah dari Monkey D. Luffy, sang protagonis utama series ini.

Dragon memang muncul di awal seriesnya, namun setelah itu dia tidak lagi muncul. Baru dalam arc selanjutnya dia muncul, seperti dalam arc Water Seven dimana untuk pertama kalinya kita tahu bahwa Dragon adalah ayah dari Luffy (dan juga kakeknya adalah seorang angkatan laut). Sejauh ini, baru sedikit informasi mengenai sosok Dragon, selain dia adalah pemimpin pasukan revolusi.

Hiro Studios

Memang selalu menarik jika membahas mengenai Dragon, dengan kepopuleran karakter ini ditengah-tengah banyaknya misteri yang bermunculan. Salah satunya adalah mengenai arti tato di wajahnya. Saat pertama kali muncul di Loguetown, diketahui bahwa Dragon tidak memiliki tato di wajahnya. Dia terlihat seperti halnya karakter lain.

Tapi, baru pada “penampilan” Dragon di cerita lain kita melihat bahwa Dragon memiliki tato di wajahnya. Desain gambarnya sendiri sebenarnya sederhana, hanya berupa garis-garis biasa yang saling silang. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah apakah ada arti dibalik tato tersebut? Apakah itu hanya sekedar riasan belaka atau justru menjadi simbol akan sesuatu?

Jika diperhatikan secara seksama, desain gambar tato Dragon ini mirip dengan gambar tato yang sering digunakan oleh suku-suku asli di suatu wilayah, dalam kasus ini adalah suku Indian, suku asli dari Amerika. Bentuk tato Dragon sendiri dikenal sebagai widow’s peak dan desain tato tersebut sangat umum bagi penduduk asli Amerika tersebut.

Bila dilihat dari sejarah yang ada, para penduduk asli Amerika ini bertarung melawan para penduduk dari Amerika utara selama berabad-abad, demi mendapatkan kemerdekaan mereka dan juga mendapatkan kembali hak atas tanah mereka. Hal ini seoalh sama dengan apa yang dilakukan oleh Dragon dengan dia membentuk Pasukan Revolusi, dimana dia mencoba untuk “membebaskan” dunia dari genggaman pemerintah Dunia yang sudah berkuasa selama berabad-abad.

Apakah Dragon juga memiliki kekuatan buah iblis? Suku asli Amerika juga percaya dengan adanya naga. Mereka menyebutnya the Piasa atau juga burung Piasa. Menurut kepercayaan mereka, naga memiliki sayap yang besar. Jika memang kemudian Dragon memiliki kemampuan buah iblis, bisa jadi itu adalah buah iblis tipe Mythical Zoan, meskipun ada juga teori yang menyebutkan bahwa Dragon mampu mengendalikan cuaca.

Lalu, darimana Dragon mendapatkan tato tersebut? Apakah dia membuatnya sendiri? Seperti yang disebutkan di atas, Pasukan Revolusi sudah membantu banyak wilayah untuk terbebas dari cengkraman Pemerintah Dunia. Dragon ini semuanya bisa bebas dari aturan-aturan yang membuat mereka menderita, dan hal ini yang menjadi tujuan utama dari Dragon dan semua Pasukan Revolusi.

Dengan banyaknya wilayah yang sudah mereka “selamatkan” kemungkinan tato tersebut didapatkan sebagai wujud terima kasih dari sebuah wilayah kepada Dragon, karena telah membantu mereka terbebas dari kekangan Pemerintah Dunia. Bisa diibaratkan, tato tersebut adalah penghargaan setinggi-tingginya kepada Dragon atas apa yang dia lakukan.

Opsi lainnya adalah tidak ada arti apapun dari tato tersebut. Bisa jadi itu hanyalah sebuah tambahan untuk desain karakter Dragon. Jika Geeks perhatikan, ada perbedaan mencolok antara desain karakter Dragon sebelum dan sesudah mendapatkan tato di wajahnya. Dragon terlihat lebih sangar, menakutkan, tegas, dan sesuai dengan titelnya sebagai manusia paling dicari. Untuk saat ini, kita masih hanya bisa menerka-nerka tentang apa arti sebenarnya dari tato tersebut. Mudah-mudahan saja Oda memberikan penjelasan mengenai hal tersebut sebelum ceritanya selesai.

Hiro Studios