Banyak judul dari seri anime yang mudah dilupakan oleh para penontonnya, setelah mereka selesai tayang. Namun, lain halnya dengan seri Slam Dunk. Slam Dunk merupakan salah satu seri yang sangat langka dimana para fans masih tetap dicintai dan banyak dibicarakan bahkan setelah 25 tahun berlalu. Ini menjadi bukti nyata dari kepopuleran serinya, setelah beberapa waktu lalu muncul pengumuman proyek film terbaru untuk Slam Dunk.

Slam Dunk sendiri dimulai sebagai sebuah seri manga yang ditulis dan digambar oleh salah satu mangaka legendaris, Takehiko Inoue, sosok dibalik manga Vagabond. Seriesnya mulai muncul di Weekly Shonen Jump sejak 1993 sampai 1996. Animenya sendiri memiliki jumlah episode sebanyak 101 yang dikerjakan oleh Toei Animation.

Selain manga dan anime, kepopuleran Slam Dunk membuat serinya muncul di berbagai medium lain seperti film  dan games. Manganya sendiri terjual sebanyak 121 juta kopi pada 2014 lalu. Manga volume 21-23 mencetak rekor dengan menjadi manga paling banyak terjual dengan masing-masingnya menyentuh angka 2.5 juta kopi. Rekornya kemudian dilampaui oleh One Piece Volume 24 pada 2002.

Msn.com

Slam Dunk sendiri berfokus pada sosok Hanamichi Sakuragi, seorang anak SMP yang selalu sial dalam masalah percintaan dan merupakan pemimpin dari sebuah geng. Ketika beranjak SMA, Hanamichi kemudian bertemu gadis impiannya, Haruko Akagi. Haruko kemudian memperkenalkan Hanamichi kepada tim basket sekolah tersebut, yang mana Haruko berpikir bahwa Hanamichi akan cocok menjadi anggota tim basket – mengingat tinggi dan badannya yang atletis.

Awalnya Hanamichi tidak setuju, namun kemudian dia berhasil dibujuk untuk sekedar ikut berlatih beberapa kali. Ternyata, Hanamichi cukup memiliki bakat dalam olahraga ini. Setelah bergabung, tim Shohoku kemudian ikut turnamen yang melibatkan seluruh tim basket SMA di Jepang. salah satu hal yang banyak dipuji dari seri Slam Dunk adalah bagaimana serinya menghadirkan passion dan seni dari bola basket, tapi tidak melupakan sisi realistis.

Berbeda dengan seri Captain Tsubasa, yang memiliki banyak sekali gerakan-gerakan yang mustahil dilakukan di dunia nyata, para pemain di seri Slam Dunk selalu diperlihatkan dekat dengan realita. Setidaknya apa yang dilakukan oleh tim Shohoku masih bisa dilakukan di lapangan di dunia nyata. Detail dari permainan basketnya pun banyak menuai pujian, dimana gerakan dan positioning para pemainnya ditampilkan senyata mungkin.

CBR.com

Selain itu, yang membuat menarik adalah Hanamichi bukanlah sosok protagonis utama yang biasanya muncul dan langsung menunjukan skillnya. Meskipun Hanamichi memiliki kemampuan, dia tidak lupa untuk berlatih keras dan bekerja dengan sungguh-sungguh sebelum dia berada di posisinya sekarang. Takehiko sendiri sebenarnya adalah penggemar olahraga basket dan memainkan olahraga ini ketika dia masih muda.

Sama seperti Hanamichi, sebenarnya Takehiko bermain bola basket demi membuat seorang gadis jatuh cinta kepadanya. Namun, Takehiko sendiri kemudian justru benar-benar jatuh cinta terhadap olahraga ini. Cinta dan hasrat takehiko terhadap olahraga basket dicurahkan sepenuhnya dalam cerita Slam Dunk, dan rasanya tidak mungkin mereka yang membaca atau menonton tidak ikut terbawa suasana

Slam Dunk juga bahkan sudah mempengaruhi dunia nyata. Sejak 2006, Slam Dunk Scholarship atau beasiswa Slam Dunk sudah banyak memberikan bantuan berupa beasiswa atletik terhadap para remaja di Jepang yang memang berbakat dalam olahraga basket.  Serinya juga ikut membantu menaikan popularitas olahraga basket di Jepang.

Karena itulah Takehiko sempat mendapatkan penghargaan khusus dari Asosisasi Bola Basket Jepang, karena sudah membantu mempopulerkan olahraga tersebut. Bukti kepopuleran Slam Dunk lainnya terjadi di Taiwan. Pandemi COVID-19 membuat musim bola basket ikut ditunda. Sebuah saluran TV olahraga Taiwan, ELTA TV, memutuskan untuk mengganti tayangan pertandingan bola basket dengan seri anime Slam Dunk.

Hal ini langsung mendapatkan tanggapan positif dari banyak pihak, karena dianggap melakukan tindakan yang “tepat.” Meskipun ada banyak seri anime olahraga baru dan lainnya, juga seri anime yang serupa, namun harus diakui bahwa Slam Dunk benar-benar memberikan dampak yang besar terhadap terhadap genre ini. Kehadiran film terbaru Slam Dunk sangat dinantikan oleh para fan, namun sayangnya sampai saat ini masih belum ada informasi detail mengenai proyek tersebut.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.