Roronoa Zoro benar-benar memperlihatkan kemampuan terbaiknya di chapter 1002 kemarin. Seperti yang kita ketahui, di chapter tersebut para Worst Generation mengerahkan semua kemampuan mereka, menggunakan teknik baru, untuk mengalahkan Kaido. Zoro diperlihatkan menggunakan teknik Hiryu Kaen atau Fire Dragon atau Fire Blaze. Meskipun serangannya meleset, namun efek tebasannya sangat mengerikan.

Namun, ada hal yang menarik yang muncul dari momen tersebut. Terdapat “sesuatu” yang berkumpul di pedang Enma ketika Zoro melakukan tekniknya. Masih belum diketahui aura apa atau hal apa yang ada menyelimuti pedan Enma yang dipegang Zoro. Inilah yang kemudian membuat banyak fans penasaran mengenai hal itu. Apakah itu api? Ataukah Ryuo? Atau Haki?

Teknik Fire Dragon ini rasanya bukan hanya sekedar api saja. Pasalnya, jika memang serangan tersebut hanya mengandalkan api, warna dari “aura” tersebut rasanya terlalu gelap. Geeks bisa melihat bagaimana Oda sensei menggambar api yang ada di pedang. Warnanya jauh lebih terang dibandingkan teknik Fire Dragon, yang cenderung sangat gelap.

Worstgen.alwaysdata.net

Berdasarkan hal tersebut, kita bisa menarik kesimpulan bahwa sepertinya apa yang ada di pedang Enma milik Zoro tersebut bukanlah api. Lalu, apakah itu Haki? Bisa jadi. Ada beberapa petunjuk dalam panel tersebut yang merujuk pada penggunaan Haki oleh Zoro saat menggunakan pedang Enma. Karena, seperti yang dijelaskan sebelumnya, Enma adalah pedang yang “liar” dimana pedangnya mampu memaksa penggunanya untuk mengeluarkan banyak Haki atau Ryuo.

Dan melihat dari panelnya, memang ada kemungkinan Zoro sudah melapisi Enma dengan Haki dan pedangnya sudah mengeras (hardened). Kita juga bisa melihat dari efek tebasan yang dihasilkan. Berdasarkan ceritanya, dengan jumlah Haki yang digunakan sangat banyak Enma mampu menciptakan tebasan atau sayatan yang sangat besar. Contohnya ketika Zoro tidak sengaja memotong ujung tebing.

Worstgen.alwaysdata.net

Sedangkan Fire Dragon memiliki tebasan yang tidak terlalu besar. Biasanya, serangan Fire Dragon tersebut jaraknya sangat pendek atau jarak dekat dan bukan serangan dahsyat yang diperlihatkan di chapter 1002 kemarin. Artinya, peningkatan jarak serangan tersebut kemungkinan diakibatkan oleh penggunaan Ryuo atau Haki. Seperti yang kita ketahui, Haki adalah salah satu sumber kekuatan di One Piece, sehingga besar kemungkinan bahwa aura asing tersebut adalah Haki.

Tapi, apakah memang hanya Haki saja? Kemungkinan ada kekuatan lainnya yang juga menyatu dengan Haki tersebut. Pasalnya, jika itu memang sepenuhnya Haki, gambarnya berbeda dari apa yang sebelumnya sudah pernah diperlihatkan. Ketika Haki digunakan sepenuhnya oleh Zoro dan keluar dari pedang Zoro, maka warnanya akan terlihat hitam pekat. Misalnya ketika Zoro menahan serangan Bird Cage Doflamingo.

Twitter.com

Ketika Zoro menggunakan teknik Rengoku Onigiri saat menghadapi Kamazou, warna Hakinya terlihat sangat hitam. Ketika Zoro menggunakan Enma untuk pertama kali, Haki yang melimpah dari pedang tersebut berwarna hitam pekat. Ketika Roger dan Whitebeard bertarung, kita juga bisa melihat ada bagian hitam pekat di sekitar senjata mereka yang menandakan bahwa Haki yang sangat besar sedang digunakan.

Kesimpulannya, apa yang diperlihatkan di chapter 1002 kemarin saat dia menggunakan teknik Fire Dragon untuk menyerang Kaido, besar kemungkinan adalah api yang kemudian dilapisi lagi dengan Haki. Karena itulah warna auranya sedikit gelap, dibandingkan api biasa. Jika diperhatikan secara detail, bentuk apinya mirip seperti Foxfire Style milik Kinemon.

Semua ini rasanya bukan hanya sekedar kebetulan belaka, dan kita tahu bahwa Zoro menggunakan Haki saat dia mempersiapkan serangannya. Haki milik Zoro digabungkan dengan teknik Foxfire milik Kinemon yang mana menghasilkan sebuah hal yang baru dan menghasilkan kekuatan yang sangat dahsyat.

Featured image: comicvine.gamespot.com