Dalam chapter terakhir di seri manga Naruto, kita melihat pertarungan yang sangat epik antara Sasuke dan Naruto. Pertarungan tersebut menjadi yang kedua kalinya dan menjadi yang paling besar dari pertarungan sebelumnya. Dalam pertarungan terakhir itu kedua patung Hashirama Senju dan Madara Uchiha berhasil dihancurkan.

Meskipun Naruto dan Sasuke berhasil mengalahkan Kaguya, nampaknya mereka – saat itu – tidak bisa mencari jalan tengah atas perbedaan filosofi mengenai perdamian dunia. Hal itu membuat kemampuan Rasengan milik Naruto dan Chidori milik Sasuke pun beradu. Dampak dari kedua serangan dahsyat tersebut saling beradu sangat luar biasa, bahkan mereka harus kehilangan lengan mereka.

CBR.com

Beruntung, setelah semua pertarungan tersebut dan mereka terluka parah, mereka berbaring di tanah bersama-sama, dan akhirnya Sasuke mau mengakui bahwa Naruto adalah rekan/saudaranya. Chapter terbaru dari seri Boruto: Naruto next Generation sepertinya mencoba menghadirkan kembali nostalgia dari pertarungan tersebut, hanya saja mereka yang bertarung adalah Kawaki dan Boruto.

Setelah kematian Isshiki, Momoshiki kemudian muncul dan mengambil alih tubuh Boruto. Momoshiki pun berhasil menusuk mata kiri dari Sasuke. Kawaki dan Sasuke sendiri berusaha keras untuk menghadapi Momoshiki, namun mereka tidak sanggup. Akhirnya Kawaki muncul dengan ide untuk tidak menyerap api yang dikeluarkan Momoshiki.

Hal itu membuat Momoshiki akhirnya menggunakan kekuatannya untuk menyerap jutsu tersebut, yang mana memberikan kesempatan bagi Boruto untuk kembali sadar. Dan akhirnya, setelah level chakranya meningkat Boruto kembali bisa mengambil alih tubuhnya. Kelelahan akibat pertarungan tersebut, Kawaki dan Boruto kemudian tersungkur ke tanah.

Twitter.com

Boruto kemudian mengatakan pada Kawaki bahwa dia meminta maaf atas semua masalah yang sudah dia buat. Mereka saling menatap dan saling tertawa. Kawaki kemudian juga mengatakan bahwa dia meminta maaf atas semua masalah yang dia buat, dan kemudian memanggil Boruto dengan sebutan “saudara yang konyol.”

Ini menjadi bukti nyata pada akhirnya mereka saling menerima bahwa mereka adalah saudara. Secara simbolis, momen ini menjadi “tiruan” dari apa yang terjadi pada Naruto dan Sasuke dulu. Kawaki tidak lagi menjadi sosok yang dingin dan sedih. Dia juga harus kehilangan lengan kanan buatannya, yang diberikan oleh Naruto dulu.

Ironisnya, Naruto memberikan lengan tersebut kepada Kawaki setelah dia kabur dari Isshiki dan Kara, yang mana hal itu sempat membuat Boruto kesal. Namun, pada akhirnya Kawaki melakukan hal yang sama yang dilakukan oleh Naruto dulu kepada Sasuke. Meskipun mereka selamat, namun kini mereka harus mencari cara untuk bisa pulang.

Kawaki dan Boruto juga beruntung bahwa mereka tidak mengalami luka parah seperti Sasuke dan Naruto. Melihat momen singkat tersebut, pastinya akan membuat para fans Naruto sedikit bernostalgia atas apa yang terjadi dulu.

Featured image: pinterest.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.