Tidak diragukan lagi, Ultra Instinct adalah salah satu teknik yang paling kuat yang ada di universe Dragon Ball. Teknik tersebut biasanya hanya digunakan oleh para ras tertinggi, seperti para Angel. Kemampuan Ultra Instinct membuat pengguna yang mengaksesnya, akan langsung mendapatkan peningkatan kekuatan yang luar biasa dahsyat. Hal ini dirasakan sendiri oleh Goku saat pertarungan melawan Moro.

Goku, sosok yang biasanya dengan mudah menguasai teknik baru, tidak mampu menguasai Ultra Instinct secara penuh pada awalnya. Perlu ada “dorongan” dari Meerus, bagi Goku untuk menyempurnakan teknik tersebut. Namun, sepertinya Goku masih belum akan berhenti sampai disitu, karena di chapter 68 manga Dragon Ball Super diperlihatkan bahwa ada banyak hal lain yang perlu dipelajari oleh Goku.

Hiro Studios

Setelah pertarungannya dengan Moro, Goku kembali berlatih bersama Beerus, Whis, dan Vegeta di planet sang dewa penghancur. Di chapter tersebut pada awalnya Goku diperlhatkan berhasil menangkap Oracle Fish, yang menjadi tanda bahwa akan muncul seorang petarung hebat lainnya selain Goku. Setelah itu, Goku kemudian berlatih tanding dengan Whis.

CBR.com

Namun, dalam pertarungan tersebut sang Angel tersebut bisa dengan mudah menghindari serangan Goku dan membalikan keadaan. Goku pada akhirnya kalah oleh Whis, bahkan dengan sangat mudah. Whis kemudian mengatakan bahwa dalam penggunaan Ultra Instinct, seseorang tidak boleh menirukan gaya yang sama. Whis mengatakan kepada Goku bahwa dia harus mengembangkan gaya atau tekniknya sendiri.

Menurut Whis, ada banyak level kekuatan Ultra Instinct yang bisa dipelajari dan dikuasai. Apa yang diketahui oleh Goku saat ini mengenai Ultra Instinct, dianggap Whis, barulah pada tingkat pemula jika dibandingkan dengan Grand Priest. Apa yang diungkapkan oleh Whis membuat Goku senang dan bersemangat, dimana dia sekarang memiliki level kekuatan lain yang harus dikuasai.

Sedari awal kemunculannya di seri Dragon Ball, Goku memang sudah menjadi salah satu karakter terkuat. Semuanya berkat kemampuan fisik dan juga kemampuan warisan seorang Saiyan dalam dirinya. Namun, dengan adanya kemampuan dari Ultra Instinct membuat Goku memiliki kesempatan untuk menguji dirinya, sampai sejauh mana level kekuatannya.

Goku bukan lagi setara dengan makhluk biasa, tapi dia akan setara dengan para dewa. Goku tentunya akan semakin menjadi lebih kuat mulai dari titik ini. Kita masih belum tahu latihan apa yang akan dijalani oleh Goku dan seperti apa lawan yang akan dihadapi Goku. Yang pastinya kita akan melihat pertarungan yang tidak kalah epik dari arc sebelumnya.

Featured image: zerochan.net

Hiro Studios