Buah iblis merupakan salah satu hal yang banyak diincar oleh orang-orang di dunia One Piece, karena mampu memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya. Buah iblis menjadi kekuatan bagi banyak karakter dalam ceritanya. Dan memang terbukti, dengan kemampuan buah iblis mereka menjadi sosok yang tidak mudah dikalahkan dalam sebuah pertarungan.

Meskipun ada efek sampingnya, yaitu tidak bisa berenang di laut, banyak orang tetap mencari buah iblis demi kekuatan. Namun, pada kenyataannya ada beberapa buah iblis yang memiliki kekuatan dahsyat tapi kurang mendapatkan sorotan. Entah karena kekuatannya atau ada hal lain, ada beberapa buah iblis yang bisa dibilang underrated. Apa saja?

Yomi Yomi no Mi

Jauh sebelum Luffy dan Roger muncul menjadi seorang bajak laut, Brook sudah mulai berlayar duluan bersama dengan kru bajak laut Rumbar. Namun, hal buruk menimpa Brook dan seluruh kru bajak lautnya ketika mereka harus terjebak di wilayah dekat Thriller Bark. Semua kru bajak laut Brook harus tewas karena terjebak di bawah gelapnya awan untuk waktu yang lama.

Pinterest.com

Brook sendiri selamat karena buah iblis Yomi Yomi yang dia makan, yang mana buahnya membuat jiwa si pengguna akan kembali ke tubuh asalnya setelah dia tewas. Buah iblisnya membuat Brook mampu mempengaruhi jiwa-jiwa yang lemah seperti para Homies. Energi jiwa dari buah iblis ini pun mampu menghadirkan dingin yang sangat luar biasa. Itulah mengapa Brook mampu mengubah sekitarnya menjadi es.

Bara Bara no Mi

Buggy, seperti yang kita tahu, merupakan salah satu karakter yang paling populer dan merupakan salah satu karakter yang muncul di awal cerita. Dia adalah rekan dari Shanks si rambut merah. Buggy sendiri mengkonsumsi buah iblis Bara Bara no Mi atau Chop-Chop Fruit, dimana semua anggota tubuhnya bisa berpisah dalam jangkauan tertentu.

Duniagames.co.id

Sayangnya, meskipun kekuatannya ini terdengar luar biasa Buggy justru digambarkan sebagai karakter yang lucu dan penuh dengan unsur komedi. Buggy juga diperlihatkan tidak mampu untuk menggunakan kekuatan buah iblis tersebut secara maksimal. Padahal, buah iblis ini terbukti tidak berpengaruh apapun terhadap serangan Mihawk yang terkenal dahsyat. Buah iblis ini juga sudah melindungi Buggy dari musuh berbahaya lainnya.

Hito Hito no Mi

Perlu diingat bahwa sebelum menjadi seperti sekarang, dulunya chopper merupakan seekor rusa biasa. Namun setelah Chopper memakan buah iblis, ia bukan hanya menjadi manusia hibrida dan memiliki kecerdasan manusia, bahkan ia melampauinya.

nosirix.blogspot.com

Human-Human Fruit atau Hito Hito no Mi yang Chopper konsumsi adalah buah iblis bertipe Zoan yang artinya selain dia bisa berubah menjadi manusia dan memiliki kecerdasannya, Chopper juga bisa berubah wujud menjadi sosok monster raksasa. Chopper pernah beberapa kali mempraktikan kemampuannya ini, dimana ketika dia berubah menjadi raksasa dia tidak akan terkendali.

Hito Hito no Mi, Model: Daibutsu

Sengoku the Buddha atau Sengoku sang Buddha merupakan pemimpin pasukan angkatan laut sebelum timeskip terjadi. Sengoku merupakan penerus Kong dan kemudian setelah timeskip jabatannya diberikan kepada Sakazuki. Sengoku mengkonsumsi buah iblis Hito Hito no Mi atau Human-Human Fruit, sama seperti Chopper. Bedanya adalah Sengoku memakan buah iblis dengan model yang berbeda dan langka yaitu Daibutsu.

Aminoapps.com

Buah iblis tersebut memberikan kekuatan bagi Sengoku untuk berubah wujud menjadi patung emas Buddha raksasa dan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Ada hal menarik dari buah iblis ini. Jika pada karakter lainnya berubah menjadi binatang buas atau mitologi, Sengoku justru berubah menjadi wujud raksasa. Perdebatan di kalangan fans sempat muncul ketika mereka mempertanyakan apa yang terjadi jika manusia biasa memakan Hito Hito no Mi. Apakah efeknya akan sama dengan Sengoku atau tidak.

Horu Horu no Mi

Ivankov berada di satu level dibawah pimpinan pasukan revolusi yaitu Monkey D. Dragon. Ivankov merupakan bagian dari Okama. Tapi meskipun begitu, kekuatan Ivankov tidaklah sembarangan. Dari segi bela diri, Ivankov memiliki lmu bela diri Newkama Kenpo. Mirip seperti jurus yang dimiliki oleh Mr.2 hanya saja Ivankov lebih mahir menggunakan jurus tersebut.

Neverwatchedonepiece.tumblr.com

Selain kemampuan bela dirinya, yang membuat Ivankov menjadi sangat luar biasa adalah karena dia merupakan pemakan buah iblis Horu Horu no Mi. Buah iblis tersebut mampu mengubah berbagai hormon atau memanipulasi hormon seseorang. Contohnya, dia bisa mengubah pria menjadi wanita atau sebaliknya. Berkat kekuatan Ivankov ini, Luffy berhasil selamat dari racun Magellan. Karena kekuatan inilah Ivankov dijuluki “manusia penuh keajaiban.”

Suna Suna no Mi

Salah satu mantan Shichibukai, Crocodile, ditangkap dan dilempar ke Impel Down setelah peristiwa mengerikan di Alabasta, dimana dia mencoba merebut kekuasaan keluarga Nefertari. Menjadi bajak laut yang sangat berbahaya, Crocodile dikurung di penjara level 6. Dengan kekuatan Suna Suna no Mi, Crocodile merupakan ancaman besar bagi hampir semua orang yang ada levelnya.

Aminoapps

Buktinya Luffy pernah sampai dua kali dikalahkan oleh Crocodile, ketika di arc Alabasta. Crocodile juga bisa saja menghabisi musuhnya dengan mudah. Air adalah satu-satunya kelemahan dari buah iblis Crocodile ini. Jika tubuhnya terkena air, maka kemampuan pasirnya akan berkurang, seperti halnya pasir di dunia nyata yang mana akan menggumpal jika basah ataupun terkena air.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.