Momoshiki akhirnya berhasil mengambil alih tubuh dari Boruto, seperti diperlihatkan di akhir chapter 53 manga Boruto: Naruto Next Generation. Boruto sebelumnya ikut bertarung melawan Isshiki, namun seperti yang sudah diduga dia tidak bisa berbuat banyak menghadapi Isshiki. Level kekuatannya sangat jauh berbeda. Boruto bahkan sampai harus terluka parah dengan bagian pergelangan tangannya patah.

Akibat dari Momoshiki yang berhasil mengambil alih tubuh Boruto, dia pun melukai mata kiri Sasuke dengan menusuknya. Hal itu menyebabkan Rinnegan milik Sasuke rusak. Kemampuan Momoshiki juga nyatanya terlalu kuat bagi Sasuke dan Kawaki, dimana mereka justru yang menjadi bulan-bulanan dari Momoshiki. Banyak dari para fans mungkin bertanya, bagaimana kemudian Momoshiki mengambil alih tubuh Boruto.

Hiro Studios

Chapter 54 kemarin memberikan kita jawaban atas pertanyaan tersebut, berkat analisis cerdas dari seorang Uchiha Sasuke. Menurut Sasuke, Boruto kehilangan kesadarannya dan kemudian bisa diambil alih tubuhnya oleh Momoshiki adalah karena Boruto terlalu banyak mengeluarkan chakranya. Itulah yang kemudian menjadi pemicu utama mengapa Momoshiki bisa mengendalikan tubuh Boruto.

Twitter.com

Lalu, apa buktinya? Momoshiki tidak menahan serangan Sasuke dengan menggunakan Karmanya untuk menyerap Jutsu tersebut. Hal tersebut dikarenakan jika momoshiki menggunakan Karma untuk menyerap jutsu, maka akan ada resiko chakra Boruto bisa kembali dan pada akhirnya kesadaran Boruto pun kembali. Tapi, ada cara untuk menghentikan hal tersebut.

Sasuke kembali menjelaskan bahwa satu-satunya cara untuk bisa mengembalikan kesadaran Boruto adalah dengan mengisi ulang chakra dari Boruto. Namun, ada yang perlu dipahami mengenai penjelasan dari Sasuke tersebut. Kita belum tahu apakah penjelasan tersebut hanya berlaku kepada Boruto saja, atau juga berlaku kepada semua yang menjadi wadah bagi Otsutsuki.

Kita lihat dari contoh kasus Jigen dan Isshiki. Pertanyaanya adalah apakah metode Isshiki mengambil alih Jigen sama dengan apa yang terjadi dengan BoruShiki sekarang? Jigen dulunya adalah seorang biksu yang tidak sengaja lewat dan bertemu dengan Isshiki. Apakah Jigen sengaja menghilangkan kesadarannya atau sengaja menguras chakranya agar Isshiki bisa mengambil alih tubuhnya?

Mungkin itulah yang perlu dijelaskan lebih lanjut oleh Masashi Kishimoto.  Yang pasti, saat ini kita akhirnya bisa mendapatkan penjelasan yang masuk akal mengapa kemudian Momoshiki bisa mengambil alih tubuh Boruto, sesuatu yang sudah lama menjadi pertanyaan para fans. Bagaimana menurut kalian Geeks mengenai fakta mengenai Otsutsuki ini?

Featured image: comicvine.gamespot.com

Hiro Studios