Hama

Hama adalah sosok nenek tua yang memiliki masa lalu yang sangat menyedihkan. Dia menjadi salah satu penduduk suku air yang ditahan oleh negara api. Hama harus melakukan segala cara untuk bisa bertahan hidup di dalam penjara, dan juga kabur dari sana. Hama adalah salah satu ahli dalam pengendalian air.

Fanpop.com

Hama mampu membuat air dari udara yang sangat tipis dan juga mampu mengambil air yang tersimpan dari dalam tanaman. Hama juga adalah sosok yang diketahui merupakan penemu teknik pengendalian darah. Katara belajar banyak dari Hama mengenai pengendalian air dan juga tentunya pengendalian darah.

Jeong Jeong

Jeong Jeong memiliki peran penting dalam perkembangan karakter Aang. Setelah dia memutuskan untuk “berkhianat” terhadap raja api Ozai, Jeong Jeong memutuskan untuk menjadi penyendiri dan hidup berpindah-pindah. Meskipun begitu, Jeong Jeong tetap lebih memilih menjalani hidupnya yang sekarang. Jeong Jeong kemudian bergabung dengan para master lainnya di kelompok Order of the White Lotus.

Screenrant.com

Kekuatan terbesar dari sosok Jeong Jeong adalah disiplinnya yang tinggi dan juga pengendalian diri. Dia sadar dan paham bahaya yang diwariskan dari negaranya. Jeong Jeong sadar bahwa selama ini mereka semua sudah salah memanfaatkan kekuatan api. Jeong Jeong adalah orang yang menasihati Aang untuk lebih bijak dalam mengendalikan pengendalian elemen.

Toph Bei Fong

Toph adalah salah satu karakter yang menarik dalam seri The Last Airbender. Dia merupakan salah satu-satunya karakter di seri tersebut, yang diperlihatkan memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa melihat. Namun, Toph adalah seorang yang sangat kuat. Meskipun dia tidak bisa melihat, namun dia menemukan cara untuk bisa “melihat” sekitarnya.

Looper.com

Orang tuanya bahkan menganggap Toph sebagai sosok yang rapuh, tapi dia membuktikan kemampuannya. Kemampuan pengendalian tanah dari Toph hampir sama dengan salah satu pengendali tanah terhebat yang juga adalah teman dari Aang, yaitu Bumi. Selain pengendalian tanah, Toph juga sangat ahli dalam pengendalian besi dan pasir.

Paman Iroh

Ada alasan kuat mengapa Paman Iroh memiliki julukan Great Dragon of the West atau naga hebat dari barat. Meskipun dia sudah kehilangan motivasi untuk bertarung dan merubah pola pikir dan juga cara hidupnya ketika anaknya tewas akibat peperangan, Paman Iroh bukanlah sosok yang bisa diremehkan begitu saja. Dia memiliki banyak pengalaman dan juga kemampuan yang dahsyat.

Looper.com

Sebagai bukti dari kedahsyatan Paman Iroh, dia adalah satu-satunya orang selain Aang yang mampu mengalahkan Ozai. Iroh bukan hanya mempelajari tentang teknik pengendalian api, tapi juga dia belajar dari berbagai teknik pengendalian lainnya yang kemudian digabungkan dengan gaya bertarungnya.

Raja Api Ozai

Raja Api Ozai adalah pemimpin dari negara api yang bercita-cita menguasai dunia. Meskipun para fans tidak melihat bagaimana kemampuan pengendalian api dari raja api Ozai, sampai pertarungan puncak antara dirinya dang Aang, Ozai membuktikan kekuatannya dengan memberikan Aang kesulitan saat menghadapinya. Di awal pertarungan, Aang sempat tidak bisa berbuat apa-apa.

How could Aang win against Firelord Ozai almost effortlessly? - QuoraOzai tidak diragukan lagi adalah salah satu ahli pengendalian api dan juga petir. Yang unik adalah dia mampu membuat pengendalian api miliknya untuk bisa membuatnya terbang atau bergerak seperti halnya sebuah jetpack. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh para pengendali api lainnya.

Featured image:

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.