Seri Avatar: The Last Airbender merupakan salah satu seri animasi paling populer dengan menghadirkan berbagai karakter yang sangat luar biasa. Serinya sendiri menghadirkan sebuah cerita dimana manusia memiliki kemampuan untuk mengendalikan berbagai elemen yang ada di alam, seperti api, air, tanah, dan angin. Namun, bukan hanya itu saja. Pengendalian darah, lahar, dan besi pun ternyata ada di serinya.

Ada banyak momen di serinya yang mampu membuat para fans tercengang, dengan kekuatan yang ditampilkan. Tidak peduli apakah protagonis atau antagonis, para karakter ini sering kali memperlihatkan kemampuan dahsyat mereka dalam masalah pengendalian elemen. Lalu, siapa saja karakter yang dianggap paling kuat di serinya, selain sosok Aang? Berikut ulasannya.

Hiro Studios

Avatar Kyoshi

Avatar Kyoshi merupakan salah satu Avatar terkuat yang diperlihatkan di sepanjang serinya. Meskipun tidak banyak muncul dalam cerita dan juga tidak banyak informasi yang bisa digali mengenai Avatar Kyoshi, para  fans bisa melihat bagaimana kekuatan dari Avatar Kyoshi ketika dia bertarung melawan sosok Chin the Conqueror.

Buzzfeed.com

Chin, yang berusaha untuk mengambil alih kerajaan bumi/tanah, datang ke kampung halamannya untuk menghancurkan semuanya. Namun, ternyata Kyoshi memiliki bakat terpendam khususnya dalam pengendalian elemen. Dengan menggunakan kemampuan pengendalian tanahnya, Avatar Kyoshi bisa memindahkan kampung halamannya dari wilayah kekuasaan Chin.

Avatar Roku

Avatar Roku merupakan Avatar sebelum Aang. Dia adalah seorang Avatar yang berasal dari negara api, dan merupakan sosok “teman” bagi Aang. Jika Aang mengalami kebingungan atau kesusahan, Roku selalu menjadi tempat bertanya. Untuk masalah pengendalian api, rasanya sosok Avatar Roku sudah tidak perlu lagi ditanya. Bahkan, dia memiliki kemampuan lain selain mengendalikan api.

Reddit.com

Avatar Roku bahkan diketahui mampu mengendalikan lahar panas. Kekuatan dari Avatar Roku sempat diperlihatkan dalam episode “Winter Solstice Part 2: Avatar Roku,” dimana dia mampu mengalahkan kru dari Admiral Zhao dengan mudah dan juga menghancurkan Fire Sages. Bahkan, dengan pengendalian lahar tersebut, Roku mampu menghancurkan seluruh kuil negara api dalam sekejap.

Zuko

Meskipun Zuko tidak memiliki bakat yang besar seperti sang adik, Azula, ketika dia masih kecil, setelah latihan keras dan disiplin yang dia lakukan selama bertahun-tahun serta arahan dari sang paman yang bijak, Iroh, membuatnya saat ini menjadi pengendali api terkuat di serinya. Yang menarik adalah meskipun Zuko sekarang adalah teman/sekutu dari Aang, dulu dia adalah musuhnya.

Looper.com

Kemampuan Zuko sempat diperlihatkan dalam episode ‘The Firebending Masters’ dimana dia harus mempelajari berbagai teknik dasar pengendalian api dari awal. Selain itu, dia juga harus belajar dari pengendali api yang asli: yaitu para naga. Iroh juga sempat mengajari Zuko bagaimana mengendalikan petir, yang kemudian dipraktikan saat dia mampu menangkis serangan sang ayah.

Azula

Adik dari Zuko yang sangat hebat. Sedari kecil, Azula sudah memiliki bakat yang sangat hebat. Dia adalah seseorang yang mampu beradaptasi dan belajar dengan cepat. Azula adalah sosok anak cerdas dimana dia sudah mampu menguasai teknik pengendalian api dan petir di usianya yang ke 14 tahun. Itulah mengapa sang raja api, Ozai, yang juga ayah dari Zuko dan Azula lebih senang dengan Azula.

Decider.com

Salah satu kemampuannya diperlihatkan dalam episode ‘The Chase’ dimana dalam ceritanya Azula mampu menahan serangan Toph, Katara, Zuko, dan Aang secara bersamaan dan kemudian kabur tanpa luka sekalipun. Satu hal yang unik dari Azula adalah dia memiliki api yang berwarna biru. Masih belum diketahui apakah warna api yang berbeda tersebut ada kaitannya dengan kekuatannya.

Katara

Katara dulu hanyalah seorang pengendali air biasa, sampai kemudian dia bertemu dengan Aang dan mempelajari banyak hal. Dia kemudian belajar untuk mengendalikan sub-elemen dari pengendalian air seperti es, darah, dan teknik penyembuhan. Yang juga luar biasa dari sosok Katara adalah dia sebelumnya tidak mendapatkan pelatihan atau ritual apapun untuk bisa mengendalikan air.

Comicbook.com

Dengan kemampuan yang dia miliki, Katara berhasil mengalahkan Azula dalam pertarungan terakhir di serinya. Hal ini menjadi luar biasa karena Katara mampu menang disaat kekuatan Azula meningkat karena adanya komet Sozin. Dan Katara sendiri tidak menggunakan pengendalian darah untuk membantunya menang dalam pertarungan tersebut.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

Hiro Studios