Apakah Boruto akan berubah menjadi seorang shinobi jahat? Apakah Boruto akan benar-benar berubah menjadi seorang villain? Mungkin itulah pertanyaan yang banyak dipikirkan oleh para fans pasca apa yang terjadi di chapter 53 kemarin. Tidak pernah ada yang menyangka bahwa Boruto akan melakukan tindakan yang sangat gila, seperti menusuk mata kiri dari Sasuke.

Melihat hal tersebut banyak para fans kemudian bertanya  siapa sebenarnya penjahat dalam seri Boruto: Naruto Next Generation? Apakah Kawaki adalah sosok penjahatnya, seperti yang selama ini diperlihatkan?  Kita masih belum mengetahui memang apa yang akan terjadi kedepannya, namun untuk pertanyaan apakah kemudian Boruto akan menjadi villain di masa depan jawabannya adalah adalah ya.

Tapi, ada yang perlu digaris bawahi dalam hal ini bahwa meskipun Boruto berpotensi menjadi seorang villain di masa depan, itu bukanlah keinginannya sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa semua hal negatif yang dilakukan oleh Boruto dikendalikan oleh Momoshiki Otsutsuki dari dalam tubuh Naruto, yang menjadi wadahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa fakta ini memang ada dan nyata.

Comicbook.com

Sebenarnya, sedari awal saat Boruto mendapatkan segel Karma milik Momoshiki Otsutsuki para fans sendiri sudah skeptis mengenai masa depan Boruto. Karena, mereka yang sudah menjadi wadah dari Otsutsuki bisa dipastikan akan kehilangan kendali atas tubuhnya, dan bergerak sesuai keinginan sang Otsutsuki tersebut. Dan akhirnya hal ini terbukti di chapter 53 kemarin.

Apakah Boruto kemudian akan kabur dari Konoha – seperti halnya Sasuke dan Itachi – dan menjadi ninja jahat? Meskipun kemungkinannya kecil namun hal itu mungkin saja terjadi. Bisa jadi, Boruto akan merasa bersalah atas apa yang sudah dia lakukan sebelumnya dan kemudian dia memutuskan untuk memilih pergi dari Konoha, seperti yang dulu pernah dialami oleh Itachi.

Mungkin juga ketika Boruto pergi dari Konoha, dia akan bergabung dengan Kara, seperti halnya Itachi yang memutuskan bergabung dengan Akatsuki. Jika memang hal itu terjadi, Boruto mungkin bisa menggali banyak informasi penting mengenai Kara, dan kemudian suatu saat menginformasikannya kepada Konoha. Dengan semua perubahan dalam diri Boruto, lalu bagaimana dengan peristiwa di masa depan yang ditunjukan di awal serinya?

Quora.com

Dalam adegannya kita melihat bahwa Kawaki dan Boruto sama-sama memiliki segel Karma, yang mana masih menjadi pertanyaan darimana Kawaki mendapatkan segel Karma tersebut mengingat dia sekarang sudah tidak lagi memiliki segel Karma. Apakah Kawaki akan mendapatkan kekuatan dari Otsutsuki lain? apakah Momoshiki akan memberikan sebagian Karmanya kepada Kawaki?

Namun, berdasarkan dialog yang diperlihatkan – serta adegannya – sepertinya justru Kawaki sudah “kembali” menjadi jahat, dengan mengirimkan Naruto ke sebuah tempat lain (dibunuh). Dan Boruto pun kemudian mengatakan bahwa dia tidak pernah menyangka bahwa Kawaki akan melakukan hal sampai sejauh itu. Hal tersebut kemudian memunculkan sebuah pertanyaan besar.

Apa yang akan kemudian terjadi kepada segel Karma Boruto? Apakah Boruto akan mampu mengendalikannya? Bisa jadi, saat Boruto memutuskan untuk pergi dari desa Konoha dia juga belajar bagaimana mengendalikan kekuatan Karma pada dirinya. Sehingga Boruto bisa menggunakannya sesuai kebutuhannnya. Seperti halnya Naruto saat belajar mengendalikan chakra Kurama.

Pada awalnya, Naruto tidak mampu mengendalikan Kurama. Kekuatan dahsyat tersebut muncul karena emosi Naruto yang meledak-ledak. Namun, seiring berjalannya waktu dan kemampuan Naruto yang semakin terasah, akhirnya Naruto bisa mengendalikan chakra Kurama sesuai kebutuhannya. Bahkan Naruto berteman baik dengan monster dalam tubuhnya.

Sebagian fans juga berpendapat bahwa mungkin Boruto akan bernasib sama seperti Eren Yeager dalam cerita Attack on Titan, dimana pada akhirnya dia berubah dari protagonis menjadi sosok villain utamanya. Tapi, jika melihat rekam jejak Masashi Kishimoto dari seri orisinal Naruto tentunya hal itu sangat kecil kemungkinan akan terjadi, meskipun akan menjadi sesuatu yang luar biasa jika memang benar terjadi.

Featured image: omnigeekempire.com

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.