Dalam arc Drum Island, kita bertemu dengan sosok dokter yang sangat eksekntrik namun memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dalam bidang medis. Dia adalah Dr. Kureha. Dr. Kureha adalah sosok yang sangat ditakuti oleh penduduk di pulau tersebut, namun dia juga sangat dibutuhkan karena kemampuan medisnya yang sangat luar biasa.

Bahkan, seperti yang kita ketahui. Dr. Kureha adalah guru atau mentor dari Chopper. Yang unik adalah Dr. Kureha adalah salah satu orang yang memiliki usia panjang di wilayah pulau Drum. Dr. Kureha juga merupakan sosok yang mendukung Chopper untuk menjadi dokter dan dia juga merupakan orang yang membujuk Chopper untuk bergabung bersama Luffy.

Karena penampilan dan usianya yang panjang, penduduk di pulau tersebut menganggap Kureha adalah penyihir. Usia Dr. Kureha sendiri diperkirakan adalah 141 tahun. Namun, selain dari penampilan dan juga bagaimana Kureha bisa awet muda, ada hal menarik lainnya dari sosok dokter tersebut. Dia mengetahui tentang tekad atau semangat D. Bagaimana dia bisa mengetahui hal tersebut?

Mungkin banyak anggapan bahwa orang tua dalam cerita One Piece pasti sudah mengetahui tentang tekad D. Namun, Dr. Kureha sedikitnya tahu lebih banyak dari orang-orang kebanyakan. Dia tidak lebih pintar dari Dr. Clover atau dari para ilmuwan Ohara. Lalu, darimana Kureha mengetahui atau mendapatkan informasi mengenai hal tersebut? Ada sebuah teori menarik mengenai hal tersebut.

Otakuart.com

Setiap kelompok bajak laut pasti membutuhkan seorang dokter dalam kru mereka. Contohnya kelompok bajak laut Roger yang memiliki Dr. Crocus, kelompok Whitebeard yang memiliki Marco, dan juga kelompok Topi Jerami yang memiliki Chopper. Lalu, apa kaitannya dengan Dr. Kureha? Dalam teorinya, disebutkan bahwa ada kemungkinan bahwa Dr. Kureha pernah menjadi bagian dari kelompok Rocks.

Melihat usianya yang sudah 141 tahun, rasanya bukan hal yang mustahil jika Kureha memang pernah menjadi dokter di kelompok Rocks. Itulah mungkin alasan dia tahu banyak hal, termasuk mengenai tekad atau semangat D. Mungkin setelah peristiwa God Valley, Kureha memutuskan untuk kembali ke pulau Drum dan menetap disana. Melihat dari penampilan dan sikapnya, mungkin Kureha memang pernah menjadi bagian dari kelompok Rocks.

Tapi, bukankah Kureha sangat membenci bajak laut? Bukankah dia pernah mengasari Luffy dan Topi Jerami? Mungkin ada sesuatu dibalik hal itu. Seperti yang pernah disebutkan oleh Sengoku, bahwa kelompok Rocks cenderung untuk saling serang, meskipun itu adalah rekan satu kru mereka. Pengkhianatan adalah hal lumrah dari kelompok tersebut, dan Kureha mungkin muak dengan semua itu.

https://anime.stackexchange.com/

Kita bisa melihat, meskipun pada awalnya Kureha seakan memusuhi Luffy dan kelompok Topi Jerami namun pada akhirnya dia menjadi sosok yang mendukung Chopper bergabung.  Dia tahu bahwa Luffy bukanlah sosok bajak laut seperti kebanyakan.  Dia tahu bahwa Luffy adalah sosok yang baik, karena itu dia setuju dan mendukung Chopper untuk ikut berpetualang bersama Luffy.

Tapi, mengapa Dr. Kureha tidak “jahat” seperti Big Mom atau Kaido atau yang lain? Kita bisa melihat bagaimana Kaido, Big Mom, dan Whitebeard. Kaido dan Big Mom berubah menjadi sosok yang haus kekuasaan dan sangat kejam serta mengerikan. Namun, Whitebeard tidak sama dengan mereka, dan lebih puas dengan apa yang dia miliki. Mungkin, Kureha memiliki kemiripan dengan sosok Whitebeard, dan menjadi dua dari sedikit kru yang “baik” disana.

Mungkin Oda Sensei akan memberikan informasi lebih mengenai Dr. Kureha dan yang paling penting adalah pada akhirnya kita akan mengetahui apa sebenarnya rahasia dari awet muda Dr. Kureha. Apakah obat? Buah iblis? Atau ada hal lain? kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.