Saat ini semua kekuatan yang ada di dunia Attack on Titan, baik Warrior Unit, pasukan militer Marley, atau bahkan Survey Corps bahu-membahu untuk menghentikan peristiwa “kiamat” bagi umat manusia yaitu Rumbling. Mereka melupakan perbedaan mereka dan bersatu – setidaknya antara pasukan Survey corps dan Warrior – untuk menghadapi musuh yang sama yaitu Eren Jaeger.

Dengan menggunakan kekuatan dari Founding Titan milik Ymir Fritz, Eren menginisiasi peristiwa Rumbling, yang menghancurkan hampir seluruh wilayah diluar Paradis. Rumbling sendiri adalah peristiwa dimana Founding Titan mengaktifkan mode berserknya dan memerintahkan puluhan juta Titan untuk bergerak dan menghancurkan semua manusia, tanpa ampun.

Dan terbukti, pasukan aliansi kewalahan menghadapi serbuan jutaan Titan ini. Nyawa mereka benar-benar dipertaruhkan untuk menghentikan peristiwa mengerikan tersebut. Namun, pertanyaannya kemudian dimana posisi Eren sekarang? Apakah sosok raksasa yang memanjang dan muncul hanya dalam bentuk tulang tersebut adalah Eren? Terdapat sebuah teori yang menarik yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan Eren sudah tewas.

Quora.com

Seorang pengguna Reddit dengan nama MrJcarter, menjelaskan opininya mengenai kemungkinan bahwa Eren sudah tewas. Menurut teorinya Eren sudah tewas atau setidaknya dia terjebak diantara dunia Titan (Path) dan dunia nyata. Menurutnya, ketika Gabi menembak kepala Eren, sampai-sampai bagian tulang belakang yang mirip kelabang keluar dari tubuhnya, sebenarnya Eren sudah tewas.

Jikapun mungkin Eren selamat tapi, bagian kepala atau otaknya sudah hampir tidak berfungsi sampai momen terakhir dimana dia berhasil menjalin kontak dengan Zeke, menggunakan kekuatan Founding Titan, dan berhasil menginisiasi peristiwa Rumbling. Lalu, mengapa kemudian Eren diasumsikan sudah tewas? Hal ini bisa dilihat dari bentuk raksasa atau bentuk dari Founding Titan Eren.

CBR.com

Geeks tentunya melihat bahwa Founding Titan Eren tidak memiliki daging, hanya berupa tulang, dengan ukuran tubuh panjang. Hanya pada bagian kepalanya saja kita bisa melihat bentuknya utuh. Hal ini bisa dibandingkan dengan sosok Founding Titan milik Ymir Fritz yang penuh dengan daging, otot, mirip seperti Titan pada umumnya dan bukan tulang belulang seperti Founding Titan Eren.

Biasanya, mereka yang memiliki kekuatan Titan atau Titan Shifter akan memiliki kemampuan untuk menyembuhkan diri. Namun, kita bisa melihat apa yang terjadi pada Founding Titan Eren. Bagaimana hal itu bisa terjadi? Hal itu kemungkinan karena kesadaran Eren masih belum sempurna. Dia terjebak diantara dua alam/dunia, baru ketika Ymir Fritz tewas maka Eren akan benar-benar tewas.

Reddit.com

Juga ketika kita melihat bagaimana peristiwa Rumbling ini terjadi, Eren tidak berada di posisi depan, memimpin para Titan tersebut. Dia hanya maju bersama tembok Titan lainnya seperti zombie yang pikiran atau otaknya sudah mati. Hanya tubuhnya saja yang bergerak, namun otaknya sudah tidak bisa lagi berfungsi secara normal. Kita bisa melihat bagaimana Zeke terjebak di dunia Path, dan Eren sendiri tidak terlihat di dunia nyata.

Jika Eren masih hidup, mengapa dia tidak muncul dalam situasi yang memang sangat mengerikan ini? Bukankah Eren sangat peduli terhadap teman-temannya? Seperti disebutkan di atas, kesadaran Eren sedang tidak berada di tempatnya karena kesadarannya terjebak diantara dua dunia. Saat ini, Pieck dan Jean sedang berusaha meledakan bom di bagian leher belakang Eren. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi setelah mereka berhasil meledakan bom tersebut. Apakah Eren selamat atau pada akhirnya Eren akan benar-benar tewas.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.