Geeks tentunya sudah tahu tentang Cipher Pol. Organisasi rahasia milik pemerintah Dunia  ini dimunculkan di awal cerita, khususnya saat Luffy mencoba untuk menyelamatkan Robin dalam arc Enies Lobby. Cipher Pol merupakan sebuah organisasi rahasia yang dimiliki oleh Pemerintah Dunia. Tugas dari Cipher Pol adalah melakukan berbagai spionase, mencari berbagai informasi atau investigasi, dan menghabisi target sesuai arahan dari Pemerintah Dunia.

Cipher Pol sendiri memiliki delapan “pos” yang terdiri dari CP1 sampai CP8. Sedangkan dua kelompok Cipher Pol lainnya, CP0 dan CP9, merupakan unit yang tidak resmi. CP0 merupakan unit yang paling kuat diantara semuanya, bahkan unit ini memiliki kemampuan yang melebihi dari unit yang biasa bertugas untuk melaksanakan pembunuhan yaitu CP9. Menurut Robin, tidak ada kelompok atau orang yang bisa lolos dari kelompok ini. Mereka sendiri bekerja langsung dibawah arahan dari kaum naga langit.
Kemudian kita juga mengenal SWORD, sebuah organisasi rahasia yang dibentuk oleh markas pusat angkatan laut dan dipimpin oleh seorang mantan Admiral, yang juga salah satu anggota worst generation X Drake. SWORD beroperasi secara diam-diam, melakukan penyamaran untuk mengawasi aktivitas dan pergerakan dari Yonko.
Reddit.com

Dalam chapter sebelumnya diperlihatkan kalau  ternyata Koby dan X Drake saling menghubungi untuk memberi informasi penting, mengenai perkembangan yang terjadi di Wano. Yang menarik dari SWORD adalah besar kemungkinan jika organisasi rahasia milik angkatan laut ini bergerak tanpa sepengetahuan dari Pemerintah Dunia. Tidak banyak juga orang yang tahu tentang aktivitas mereka, bahkan mereka pun berada di luar radar dari Gorosei dan pihak angkatan laut sendiri, karena hanya beberapa orang saja yang bergabung dengan kelompoknya.

Karena mereka beroperasi secara rahasia, mereka biasanya menggunakan kode-kode tertentu dalam berkomunikasi dan menggunakan saluran denden mushi yang aman untuk bertukar informasi. Bukti nyata dari “senyapnya” organisasi ini adalah ketika Kizaru menghajar Drake, saat mereka datang ke wilayah Sabaody. Kizaru masih menganggap bahwa Drake memang sudah berubah statusnya.
Masih belum diketahui, siapa saja yang memang menjadi bagian dari kelompok SWORD. Tapi, para fans sendiri sudah berspekulasi kalau angkatan laut seperti Sengoku, Garp, dan Kuzan mungkin juga terlibat dan menjadi bagian dari organisasi SWORD. Mereka sebenarnya tidak setuju dengan seluruh sistem dan seluruh birokrasi yang berjalan.
Twunroll.com

Mereka pun tidak pernah benar-benar menganut paham keadilan absolut, melainkan keadilan moral. Berbicara tentang nama, masih belum diketahui apa kepanjangan atau arti dari SWORD. Sedangkan untu Cipher Pol, mereka sebenarnya memiliki nama lengkap Cipher Pol Aigis Zero. Kata ‘Aigis’ sendiri berasal dari kata Aegis, yang dalam mitologi Yunani kuno berarti sebuah tameng atau pelindung.

Dengan adanya dua agensi rahasia milik Pemerintah Dunia dan angkatan laut, hal ini kemudian memunculkan pertanyaan besar: apakah kedua organisasi ini akan juga terlibat dalam pertempuran besar di Wano? Siapa yang menang dari keduanya? Meskipun Cipher Pol adalah bagian dari Pemerintah, tidak berarti mereka lebih kuat.
Mungkin memang Cipher Pol banyak melakukan misi rahasia, dan mungkin juga Cipher Pol lebih dahulu dibentuk dibandingkan SWORD, sehingga pengalaman Cipher Pol jauh lebih banyak dibandingkan SWORD. Mereka juga sepertinya tidak pernah menyembunyikan identitas mereka, mengingat banyak orang yang justru mengenal mereka.
Di sisi lain, SWORD berhasil dibentuk tanpa diketahui oleh siapapun, bahkan pihak angkatan laut sendiri. Hal ini tentunya merupakan hal yang sangat luar biasa. Artinya kepercayaan menjadi sebuah nilai yang penting di kelompok tersebut. Mungkin di akhir cerita One Piece, dalam perang puncak, kita akhirnya akan melihat pertarungan fisik diantara mereka. Untuk saat ini kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!
Featured image: besthdwallpaper.com
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.